Visualisasi dan 8 Jenis Data yang wajib diketahui dalam pengambilan keputusan

Jenis data- Fungsi visualisasi data- pengertan visualisasi data
DAFTAR ISI

Halo Digital Enthusiast, Dalam bisnis, visualisasi data menjadi semakin penting karena semakin banyak perusahaan mengandalkan data untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan strategi yang lebih efektif.

Terlebih lagi, usaha menengah yang berkembang pesat membutuhkan visualisasi data dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan daya saingnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas visualisasi dan jenis data yang wajib dipertimbangan dalam pengambilan keputusan Tetapi, sebelum membahas lebih, ada baiknya jika kita mengetahui lebih dulu terkait pengertian visualisasi data dan fungsinya.

Pengertian Visualisasi data

Visualisasi data adalah proses menyajikan informasi dan data dalam bentuk grafis atau visual. Pengertian Visualisasi data ini dapat berupa grafik, tabel, diagram, peta, atau bentuk visual lainnya.

Sebagai contoh, dalam bisnis, visualisasi data dapat digunakan untuk menggambarkan perkembangan penjualan, tren konsumen, dan perilaku pembeli.

Dalam ilmu sosial, visualisasi data dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan antara variabel seperti tingkat pendidikan dan pendapatan, atau hubungan antara tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan di suatu wilayah.

Fungsi Visualisasi data

Sumber: Pixabay.com

Visualisasi data memiliki berbagai fungsi yang sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengelola dan memahami data. Berikut adalah beberapa fungsi dari visualisasi data:

1. Menyajikan informasi secara efektif

Visualisasi data membantu menyajikan informasi secara efektif dan efisien. Dalam bisnis, informasi adalah aset penting dan visualisasi data memudahkan untuk memperlihatkan informasi tersebut secara jelas dan mudah dimengerti.

2. Memudahkan analisis

Dalam bisnis, analisis data sangat penting dalam membuat keputusan yang tepat. Visualisasi data memudahkan analisis data dengan menyajikan data secara visual, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan pola dan tren dalam data.

Baca Juga:  10 Teknik Cara Menjual Suatu Brand Di Konten Yang Efektif Meningkatkan Penjualanmu

3. Memperlihatkan hubungan antara data

Visualisasi data membantu memperlihatkan hubungan antara data dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan korelasi antara data yang mungkin tidak dapat dilihat dengan cara lain.

4. Menjelaskan konsep kompleks

Visualisasi data dapat membantu menjelaskan konsep yang kompleks dengan lebih mudah dan efektif. Visualisasi data memungkinkan untuk menunjukkan data dalam bentuk grafik atau diagram, sehingga memudahkan pemahaman konsep yang mungkin sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.

5. Meningkatkan keefektifan komunikasi

Visualisasi data memudahkan komunikasi dan pemahaman antara tim atau individu yang terlibat dalam proses bisnis. Visualisasi data memperlihatkan informasi yang sama dalam bentuk yang sama, sehingga memudahkan untuk membandingkan data dan membuat keputusan yang lebih baik.

6. Meningkatkan efisiensi operasional

Visualisasi data dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional. Visualisasi data memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengidentifikasi area yang perlu dioptimalkan dalam proses bisnis dan memperlihatkan bagaimana data dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

7. Meningkatkan performa bisnis

Visualisasi data memungkinkan perusahaan untuk memahami secara mendalam performa bisnis mereka. Dengan memahami data dengan lebih baik, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Jenis data yang wajib diketahui dalam pengambilan keputusan

Berikut ini adalah jenis data yang wajib di pertimbangkan olen semua pelaku usaha dalam pengamilkan keputusan.

Sumber: Pixabay.com

1. Data Penjualan

Penjualan adalah data yang paling penting untuk divisualisasikan bagi setiap pelaku usaha. Dengan menyajikan data penjualan, pemilik usaha dapat melihat seberapa efektif strategi penjualan mereka, melacak penjualan berdasarkan waktu, dan melihat tren penjualan yang membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

Baca Juga:  9 Kendala Digital Marketing dan Cara Mengatasinya

2. Data Persediaan

Data persediaan memberikan wawasan tentang ketersediaan barang, stok minimum dan maksimum, dan pengelolaan persediaan yang efektif. penyajian data persediaan membantu dalam mengoptimalkan tingkat persediaan, meminimalkan kekurangan stok, dan mengurangi biaya persediaan.

3. Data Pemasaran

Data pemasaran mencakup statistik kampanye pemasaran, konversi pelanggan, dan aktivitas pemasaran lainnya. Dengan menyajikan data pemasaran, pemilik usaha dapat melihat efektivitas kampanye pemasaran dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pemasaran.

4. Data Keuangan

Data keuangan mencakup laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Dengan penyajian data keuangan, pemilik usaha dapat melihat perkembangan keuangan perusahaan, memantau arus kas, dan mengidentifikasi area di mana perusahaan perlu memperbaiki efisiensi keuangan.

5. Data Sumber Daya Manusia

Data sumber daya manusia mencakup karyawan, gaji, dan kinerja karyawan. Dengan menyajikan data sumber daya manusia, pemilik usaha dapat memantau kinerja karyawan, meningkatkan efektivitas pengelolaan karyawan, dan mengidentifikasi karyawan yang memerlukan pelatihan atau perbaikan.

6. Data Pengiriman

Data pengiriman mencakup jumlah pengiriman, waktu pengiriman, dan biaya pengiriman. Dengan adanya data pengiriman, pemilik usaha dapat memperkirakan biaya pengiriman, meningkatkan waktu pengiriman, dan mengidentifikasi area di mana pengiriman dapat dioptimalkan.

7. Data Layanan Pelanggan

Data layanan pelanggan mencakup pertanyaan, keluhan, dan umpan balik pelanggan. Dengan menyajikan data layanan pelanggan, pemilik usaha dapat melihat kebutuhan dan keinginan pelanggan, memperbaiki layanan pelanggan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca Juga:  Mengenal Domain Authority serta cara Menigkatkannya Untuk Website 2022

8. Data Social Media

Data media sosial mencakup jumlah pengikut, interaksi dengan pengikut, dan jenis konten yang paling efektif. Dengan adanya data media sosial, pemilik usaha dapat memperbaiki strategi media sosial mereka

Kesimpulan

Data sangat penting bagi setiap bisnis dalam mengambil keputusan yang tepat. Dalam menghadapi era digital dan data yang semakin kompleks, visualisasi data memudahkan dalam menyajikan informasi dan membuat data lebih mudah dimengerti oleh audiens.

Ada beberapa jenis data yang perlu di visualisasikan oleh setiap bisnis, seperti data penjualan, data pemasaran, data keuangan, data operasional, dan data sumber daya manusia.

visualisasi/penyajian data dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dengan memvisualisasikan data, perusahaan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang performa bisnis, membuat strategi bisnis yang lebih tepat, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional.

Oleh karena itu, setiap usaha perlu memperhatikan visualisasi data sebagai alat penting dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Ade Irsyad
Ade Irsyad
System Analyst dan Quality Assurance dalam pengembangan aplikasi
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] pengambilan keputusan untuk penetapan strategi kerja hybrid atau kerja jarak jauh, data merupakan informasi yang sangat […]

WhatsApp chat