DAFTAR ISI

Dalam mengelola sebuah tim dengan efektif dan efisien tentunya banyak metode seperti Agile, Kanban, Lean, Waterfall dan masih banyak metode dalam project management. Nah, artikel kali ini akan membahas dan mengenal apa itu Kanban

Apa itu kanban?

Kanban adalah sistem manajemen produksi yang memfokuskan pada pengendalian dan pemantauan arus material dan informasi dengan menggunakan kartu visual. Kanban merupakan salah satu cara untuk menerapkan prinsip-prinsip Lean Manufacturing, yaitu sistem produksi yang menekankan pada efisiensi dan efektivitas dengan mengurangi siklus produksi, mengurangi jumlah pekerjaan yang tidak terpakai (waste), serta meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Dalam sistem kanban, kartu visual digunakan untuk menandai jumlah dan jenis produk yang harus diproduksi pada setiap tahap dalam proses produksi. Kartu ini juga menunjukkan jumlah produk yang diperlukan di setiap tahap, sehingga proses produksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Kanban dapat digunakan dalam berbagai macam industri, mulai dari industri manufaktur hingga layanan, seperti perawatan kesehatan, perusahaan jasa, dan lain-lain. Sistem kanban dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dengan cara mengurangi siklus produksi, mengurangi waste, serta meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Fungsi metode kanban

Metode kanban memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

1. Membantu mengendalikan arus material dan informasi dalam proses produksi.

Salah satu fungsi utama kanban adalah membantu mengendalikan arus material dan informasi dalam proses produksi. Dengan menggunakan kartu visual, proses produksi dapat diatur dan dikendalikan secara efektif, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya kelebihan atau kekurangan produk.

Baca Juga:  Cara F5 Networks Cetak Tenaga Ahli IT Masa Depan

Dalam sistem kanban, kartu visual menunjukkan jumlah produk yang diperlukan di setiap tahap, sehingga proses produksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Jika jumlah produk di suatu tahap habis, maka kartu kanban akan dikirim ke tahap sebelumnya sebagai tanda untuk memproduksi produk tersebut. Dengan demikian, arus material dan informasi dapat dikendalikan dengan efektif dan teratur.

2. Membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi.

Manfaa selanjutnya dari penerapan kanban adalah membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi. Dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time, proses produksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga meminimalkan kelebihan atau kekurangan produk.

Selain itu, kanban juga membantu mengurangi siklus produksi dan waste, yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi. Dengan demikian, penerapan kanban dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi secara keseluruhan.

3. Membantu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time, proses produksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tepat waktu.

Selain itu, kanban juga membantu mengurangi siklus produksi dan waste, yang dapat meningkatkan kualitas produk dan meminimalkan kegagalan produk. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih puas dengan produk yang diproduksi, sehingga meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

4. Membantu meningkatkan kualitas produk.

Dengan mengendalikan arus material dan informasi secara efektif, perusahaan dapat memastikan bahwa produk yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Cara menangani please insert a disk into new volume di windows 10

Selain itu, kanban juga membantu mengurangi siklus produksi dan waste, yang dapat meningkatkan kualitas produk dan meminimalkan kegagalan produk. Dengan demikian, penerapan kanban dapat membantu perusahaan meningkatkan kualitas produk secara keseluruhan.

5. Membantu mengurangi biaya produksi.

Dengan mengurangi siklus produksi dan waste, kanban dapat membantu perusahaan mengurangi biaya produksi secara keseluruhan.

Selain itu, kanban juga membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi, yang dapat mengurangi biaya produksi dengan cara mengurangi waktu produksi dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Dengan demikian, penerapan kanban dapat membantu perusahaan mengurangi biaya produksi secara keseluruhan.

Jenis-jenis metode kanban

Ada beberapa jenis kanban yang dapat diterapkan dalam sistem produksi, yaitu:

  1. Kanban produksi: digunakan untuk mengendalikan proses produksi dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time.
  2. Kanban pembelian: digunakan untuk mengendalikan proses pembelian bahan baku dengan mengikuti kebutuhan produksi secara real-time.
  3. Kanban transportasi: digunakan untuk mengendalikan proses transportasi material antara tahap-tahap produksi atau antara perusahaan dan pemasok.
  4. Kanban gudang: digunakan untuk mengendalikan proses penyimpanan material di gudang atau tempat penyimpanan lainnya.
  5. Kanban perawatan: digunakan untuk mengendalikan proses perawatan mesin dan peralatan produksi.
  6. Kanban pelanggan: digunakan untuk mengendalikan proses penyediaan produk kepada pelanggan.
  7. Kanban proyek: digunakan untuk mengendalikan proses pengelolaan proyek dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time.

Manfaat Kanban dalam project management

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan kanban dalam project management, yaitu:

  1. Meningkatkan visibilitas proyek. Dengan menggunakan kartu visual, proses proyek dapat dilihat dengan jelas, sehingga memudahkan pengendalian dan pemantauan proyek.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proyek. Dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time, proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas proyek.
  3. Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Dengan mengikuti kebutuhan pelanggan secara real-time, proyek dapat diselesaikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sehingga meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.
  4. Memudahkan perencanaan dan pengendalian proyek. Dengan menggunakan kartu visual, proses proyek dapat dipantau secara terus-menerus, sehingga memudahkan perencanaan dan pengendalian proyek.
  5. Membantu mengurangi biaya proyek. Dengan mengurangi siklus proyek dan waste, kanban dapat membantu mengurangi biaya proyek secara keseluruhan.
  6. Membantu meningkatkan kualitas proyek. Dengan mengendalikan arus material dan informasi secara efektif, proyek dapat diselesaikan dengan kualitas yang baik, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.
Baca Juga:  Sekarang Google Assistant Bisa Berbicara Bahasa Indonesia

Kesimpunan

Dari penjelasan terkait apa itu kanban, fungsi kanban, jenis kanban, hingga manfaat kanban dapat disimpulkan bahwa metode kanban merupakan salah satu cara untuk menerapkan prinsip-prinsip Lean Manufacturing, yaitu sistem produksi yang menekankan pada efisiensi dan efektivitas dengan mengurangi siklus produksi, mengurangi jumlah pekerjaan yang tidak terpakai (waste), serta meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Ade Irsyad
Ade Irsyad
System Analyst dan Quality Assurance dalam pengembangan aplikasi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat