40 Tools Digital Marketing Terbaik Untuk Meningkatkan Bisnis

Tools digital marketing
DAFTAR ISI

Pada era digital seperti sekarang, pemasaran digital menjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis.

Dengan begitu banyaknya alat digital yang tersedia saat ini, memilih yang terbaik dapat menjadi tugas yang sangat menantang.

Oleh karena itu, kami telah merangkum 40 tools digital marketing terbaik untuk membantu Anda meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Tools digital marketing apa saja? Berikut kami bagi sesuai kategori penggunaannya.

Tools Digital marketing
Sumber : Pixabay

Tools Digital Marketing untuk SEO

1. SEMrush

SEMrush adalah alat pemasaran digital all-in-one yang memungkinkan Anda melakukan analisis SEO, penelitian kata kunci, analisis pesaing, dan banyak lagi.

Anda dapat menggunakan SEMrush untuk mengetahui kata kunci apa yang digunakan pesaing, menemukan kesalahan teknis di situs web Anda, dan memantau kinerja kampanye iklan Anda.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah alat analisis SEO dan backlink yang memungkinkan Anda mengetahui bagaimana pesaing Anda menempatkan situs web mereka di peringkat tinggi di halaman hasil pencarian Google.

Anda dapat menggunakan Ahrefs untuk mengetahui kata kunci apa yang digunakan pesaing Anda, menemukan kesalahan teknis di situs web Anda, dan memantau kinerja kampanye iklan Anda.

3. SEO Powersuite

SEO PowerSuite adalah sebuah software SEO all-in-one yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam mengoptimalkan website mereka agar muncul di peringkat teratas pada mesin pencari seperti Google.

Software ini terdiri dari empat alat SEO yang berbeda, yaitu Rank Tracker, SEO SpyGlass, WebSite Auditor, dan LinkAssistant yang dimana memiliki fungsi yang berbeda maisng-masing

4. Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu Anda memantau kinerja situs web Anda di halaman hasil pencarian Google.

Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk mengetahui kata kunci apa yang digunakan pengguna untuk menemukan situs web Anda, melacak tautan yang mengarah ke situs web Anda, dan memantau kinerja situs web Anda di perangkat seluler.

5. BuzzStream

BuzzStream adalah platform manajemen kampanye link building dan outreach yang memungkinkan Anda untuk membangun koneksi dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi untuk website Anda.

BuzzStream juga bisa membantu para profesional pemasaran dalam melakukan kampanye promosi dan pengembangan brand, khususnya melalui kegiatan “outreach” atau kontak dengan media dan influencer.

6. Moz

Moz adalah platform analisis SEO yang memungkinkan Anda menganalisis kata kunci, backlink, dan performa SEO.

Moz Pro menyediakan fitur analisis pesaing dan audit website untuk membantu Anda meningkatkan peringkat SEO.

7. CanIRank

CanIRank adalah platform riset kata kunci dan analisis SEO yang memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang relevan dan menganalisis performa SEO website Anda.

CanIRank menyediakan fitur analisis pesaing dan rekomendasi SEO untuk membantu Anda meningkatkan peringkat SEO.

8. Ubersuggest

Ubersuggest adalah platform riset kata kunci dan analisis SEO yang memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang relevan dan menganalisis performa SEO website Anda.

Ubersuggest menyediakan fitur analisis pesaing dan rekomendasi SEO untuk membantu Anda meningkatkan peringkat SEO.

Tools Digital Marketing untuk Analisa Kinerja

9. Google Analytics

Google Analytics adalah alat analitik web gratis yang memungkinkan Anda melacak lalu lintas situs web Anda. Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang datang ke situs web Anda, berapa lama mereka tinggal di situs web Anda, dan dari mana mereka berasal.

Baca Juga:  Mengenal 3 Komponen Inbound Marketing Dan Dampaknya Untuk Bisnis

Data ini dapat membantu Anda memahami perilaku pengguna dan membuat keputusan yang lebih baik dalam strategi pemasaran Anda.

10. Hotjar

Hotjar adalah platform analisis perilaku pengguna pada website melalui heatmap dan rekaman pengguna.

Dengan Hotjar, Anda dapat melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan website Anda, serta menemukan cara untuk meningkatkan konversi.

11. Crazy Egg

Crazy Egg adalah platform analisis perilaku pengguna pada website melalui heatmap dan rekaman pengguna.

Dengan Crazy Egg, Anda dapat melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan website Anda, serta menemukan cara untuk meningkatkan konversi.

12. Google Tag Manager

Google Tag Manager merupakan platform untuk mengelola tag atau kode pelacakan di website tanpa harus memasangnya secara manual.

Dengan Google Tag Manager, Anda dapat mengelola berbagai tag seperti Google Analytics, Facebook Pixel, dan lainnya, serta melacak performa kampanye digital Anda.

13. Kissmetrics

Kissmetrics adalah platform analisis perilaku pengguna di website yang memungkinkan Anda melacak interaksi pengguna dengan website Anda dan menganalisis performa konversi.

Kissmetrics menyediakan fitur analisis perilaku, segmentasi, dan pelaporan untuk membantu Anda meningkatkan konversi.

Tools Digital Marketing untuk Email Marketing

14. Mailchimp

Mailchimp adalah alat email marketing yang memungkinkan Anda membuat, mengirim, dan melacak email kampanye Anda.

Anda dapat menggunakan Mailchimp untuk membuat email dengan desain yang menarik, mengatur daftar email Anda, dan melacak tingkat pembukaan dan klik.

Alat ini juga menyediakan fitur otomatisasi email yang dapat membantu Anda mengirim email berdasarkan perilaku pengguna.

15. Aweber

Aweber adalah platform email marketing yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirim email kampanye kepada pelanggan atau prospek Anda.

Aweber menyediakan fitur automasi email dan analisis performa untuk membantu meningkatkan konversi.

16. Sendinblue

Sendinblue adalah platform email marketing yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirim email kampanye kepada pelanggan atau prospek Anda.

Sendinblue menyediakan fitur automasi email dan analisis performa untuk membantu meningkatkan konversi

Tool Digital Marketing untuk Iklan

17. Google Ads

Google Ads adalah platform periklanan online yang memungkinkan Anda menempatkan iklan Anda di halaman hasil pencarian Google.

Anda dapat menargetkan kata kunci tertentu dan menentukan anggaran harian untuk iklan Anda. Google Ads juga menyediakan analisis yang dapat membantu Anda memahami kinerja kampanye iklan Anda.

18. Facebook Ads

Facebook Ads adalah platform iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek Anda kepada target audiens di platform media sosial mereka antara lain Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Facebook Ads menyediakan berbagai jenis iklan seperti iklan gambar, video, karusel, iklan dinamis, dan iklan lead generation yang dapat Anda sesuaikan dengan tujuan kampanye Anda.

19. Tiktok Ads

TikTok Ads adalah platform iklan mandiri yang memungkinkan pengiklan untuk mempromosikan bisnis atau merek mereka melalui aplikasi TikTok.

TikTok adalah platform media sosial yang populer, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video singkat yang kreatif dan menarik.

20. MGID

MGID adalah jaringan iklan native advertising yang memungkinkan pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui iklan kontekstual yang disajikan secara organik dalam bentuk artikel, video, atau gambar di situs web penerbit mitra.

Baca Juga:  6 Keuntungan Whatsapp Business Bagi Usaha Anda

Iklan native advertising yang disajikan oleh MGID mencoba untuk menyesuaikan diri dengan konten asli situs web penerbit sehingga lebih relevan dengan audiens yang ditargetkan.

21. Taboola

Taboola adalah sebuah platform periklanan online yang menyediakan iklan native advertising. T

aboola memungkinkan pengiklan untuk mempromosikan konten mereka pada situs web mitra yang memiliki lalu lintas tinggi dan cocok dengan audiens yang diinginkan.

Iklan native advertising Taboola biasanya muncul dalam bentuk artikel, video, atau gambar, yang disajikan secara organik di antara konten situs web penerbit.

22. AdRoll

AdRoll adalah platform iklan display dan retargeting yang memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna yang sudah mengunjungi website Anda sebelumnya.

AdRoll menyediakan fitur segmentasi, optimasi, dan pelaporan untuk membantu Anda meningkatkan konversi.

Tools Digital Marketing untuk Social Media

23. Hootsuite

Hootsuite adalah alat manajemen media sosial yang memungkinkan Anda mempublikasikan konten di berbagai platform media sosial dalam satu tempat.

Anda dapat mengatur jadwal posting, memantau respons pengguna, dan mengukur kinerja kampanye Anda.

Hootsuite juga menyediakan analisis yang dapat membantu Anda memahami pengguna dan konten yang paling efektif.

24. Buzzsumo

Buzzsumo adalah alat penelitian konten yang memungkinkan Anda menemukan konten yang paling populer di media sosial.

Anda dapat menggunakan Buzzsumo untuk menemukan ide konten baru, memantau merek Anda, dan menemukan pengaruh yang dapat membantu Anda mempromosikan konten Anda.

25. Buffer

Buffer adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting di media sosial dan menganalisis performa.

Buffer mendukung berbagai platform media sosial termasuk Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya.

26. Mention

Mention adalah platform monitoring merek yang memungkinkan Anda memantau merek dan kata kunci di media sosial dan web.

Mention menyediakan fitur analisis sentimen dan notifikasi real-time untuk membantu Anda mengelola reputasi merek Anda.

27. HubSpot

HubSpot adalah platform all-in-one untuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan yang memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh siklus pelanggan dalam satu tempat.

HubSpot menyediakan fitur otomatisasi, analisis, dan integrasi dengan berbagai platform lainnya.

28. Sprinklr

Sprinklr adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun media sosial, menjadwalkan posting, dan menganalisis performa.

Sprinklr mendukung berbagai platform media sosial termasuk Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya.

29. Sprout Social

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun media sosial, membuat laporan dan menganalisis performa.

Sprout Social menyediakan fitur manajemen tim dan integrasi dengan berbagai platform lainnya.

30. CoSchedule

CoSchedule adalah platform manajemen konten dan jadwal yang memungkinkan Anda untuk mengatur konten dan jadwal posting di berbagai platform media sosial dan blog.

CoSchedule menyediakan fitur integrasi dengan berbagai platform lainnya dan analisis performa untuk membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran konten Anda

31. SocialBee

SocialBee adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting di berbagai platform media sosial.

SocialBee menyediakan fitur analisis performa dan kolaborasi tim untuk membantu Anda mengoptimalkan posting media sosial Anda

32. Brand24

Brand24 adalah platform pemantau merek dan kata kunci di media sosial yang telah mendukung banyak jenis sosial media.

Baca Juga:  5 Tips Website Toko Online Meningkatkan Keuntungan Penjualan

Brand24 memungkinkan Anda untuk memantau dan menganalisis percakapan di media sosial dan web yang berkaitan dengan merek atau kata kunci tertentu.

Tools Digital Marketing untuk Pembuatan Konten

33. Canva

Canva adalah alat desain grafis online yang memungkinkan Anda membuat desain untuk media sosial, situs web, dan promosi lainnya.

Anda tidak perlu memiliki pengalaman desain untuk menggunakan Canva. Alat ini menyediakan template dan elemen desain yang dapat disesuaikan dengan mudah.

34. Grammarly

Grammarly adalah platform pemeriksaan tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan pada konten digital. Grammarly dapat membantu Anda memperbaiki konten dan meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Aplikasi ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk melakukan koreksi otomatis pada tulisan, sehingga pengguna dapat menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang umum terjadi dalam penulisan bahasa Inggris.

35. Photopea

Photopea adalah sebuah aplikasi pengolah gambar online yang berbasis di web browser.

Aplikasi ini mirip dengan Adobe Photoshop dalam hal fitur dan tampilan, namun dapat diakses secara gratis melalui web browser, tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan.

Tools Digital Marketing untuk Landing Page

36. Unbounce

Unbounce adalah platform pembuatan landing page yang memungkinkan Anda membuat landing page yang dioptimalkan untuk konversi.

Unbounce menyediakan template landing page yang mudah disesuaikan dan fitur A/B testing untuk memaksimalkan konversi

37. ClickFunnels

ClickFunnels adalah platform pembuatan sales funnel yang memungkinkan Anda membuat sales funnel yang dioptimalkan untuk konversi.

ClickFunnels menyediakan template funnel yang mudah disesuaikan dan fitur A/B testing untuk memaksimalkan konversi.

38. Leadpages

Leadpages adalah sebuah platform yang dirancang untuk membantu pengguna dalam membuat halaman arahan (landing pages) yang dikhususkan untuk meningkatkan konversi dengan fitur pengujian A/B untuk memungkinkan pengguna menguji dan membandingkan beberapa versi halaman arahan untuk mengetahui mana yang paling efektif.

Leadpages menyediakan berbagai template halaman arahan yang dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat membuat halaman arahan yang menarik dan efektif dalam meningkatkan konversi.

Tools Digital Marketing untuk Manajemen Aktivitas

39. Trello

Trello adalah platform manajemen proyek yang memungkinkan Anda untuk mengatur tugas dan proyek dalam satu tempat. Trello menyediakan fitur kolaborasi dan integrasi dengan berbagai platform lainnya

Trello memungkinkan pengguna untuk mengorganisir tugas dan proyek dalam bentuk papan (board), daftar (list), dan kartu (card) yang dapat digeser-geser (drag-and-drop) dan diatur sesuai dengan tahapan proyek atau status tugas.

40 Notion

Notion adalah sebuah platform kolaborasi yang menggabungkan fitur-fitur aplikasi produktivitas seperti catatan, tugas, kalender, database, dan lain-lain dalam satu tempat yang terintegrasi.

Dengan Notion, pengguna dapat membuat halaman atau dokumen yang kaya akan konten seperti teks, gambar, video, dan file lainnya, serta menambahkan fitur-fitur interaktif seperti formulir, to-do list, tabel, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah 40 tools digital marketing terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja bisnis Anda. Dengan memanfaatkan alat-alat ini, Anda dapat memahami perilaku pengguna, menemukan kesalahan teknis di situs web Anda, dan membuat keputusan yang lebih baik dalam strategi pemasaran Anda. Mulailah menggunakannya sekarang dan lihatlah bagaimana bisnis Anda meningkat.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat