Dampak Kehadiran Metaverse Bagi Manusia dan Dunia Teknologi

dampak kehadiran metaverse
DAFTAR ISI

Dampak kehadiran metaverse – seperti yang kita ketahui sekarang ini perkembangan teknologi telah mengarah ke dunia metaverse, mungkin beberapa diantara anda telah mengetahui apa itu metaverse tetapi bagi anda yang belum berikut penjelasan tentang metaverse.

Istilah Metaverse sendiri asalnya dari kata meta yang mempunyai melampaui dan verse yang artinya semesta. Metaverse diharapkan bisa membuat dunia nyata atau fisik dengan dunia digital bisa menyatu dan berdampingan. Bahkan sekarang ini, orang-orang yakin bahwa Metaverse ialah masa depan dari dunia internet dan teknologi.

Tetapi tentu saja dampak kehadiran metaverse ini mempunyai dua sisi yaitu positif ataupun negatifnya bagi manusia dan teknologi itu sendiri. Begitu juga dengan konsep Metaverse yang diinginkan jadi tempat untuk membuat manusia kian produktif ini. Oleh sebab itu artikel ini kami akan memberikan penjelasan terkait apa saja dampak kehadiran metaverse, silahkan disimak.

Dampak Kehadiran Metaverse:

Dampak Positif dan negatif kehadiran metaverse Dampak Kehadiran Metaverse Bagi Manusia dan Dunia Teknologi
Dampak Kehadiran Metaverse Bagi Manusia dan Dunia Teknologi 2

A. Dampak Positif Metaverse

1. Pengalaman Baru

Dengan dampak kehadiran Metaverse ini kita mendapat peluang untuk jadi siapa saja dan dimanapun. Tentu saja dengan kemudahan ini bisa membuat kita mendapat pengalaman yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya. Hal itu bisa meningkatkan kemampuan manusia dalam berpikir kreatif.

2. Sarana Berekspresi

Bila kita berkaca pada social media sebelumnya, kegiatan untuk mengekspresikan diri kita terbatas pada pengunggahan foto dan video saja. Namun, dengan dampak kehadiran Metaverse wujud manusia bisa ditampilkan secara lebih nyata dengan animasi 3D dan membebaskan kita untuk mengekspresikan diri.

Baca Juga:  Menpar Arief Yahya Senang Ada Kompetitor Airbnb dari Lokal

3. Teleportasi

Pada dunia digital di Metaverse, kita bisa membangun dan merancang rumah sendiri. Dengan seperti itu, kita bisa saling datang ke rumah teman atau sanak saudara dengan gampang pantasnya teleportasi.

Tentu saja beda dengan kehidupan nyata yang membuat kita perlu melakukan usaha untuk mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya contohnya anda perlu masuk kantor dengan dampak kehadiran metaverse ini anda dapat hadir di kantor dan melakukan meeting atau rapat dari jarak jauh dengan ruangan yang dapat kita lihat nyata di dunia metaverse nantinya.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan minimnya usaha dalam wujud fisik yang dilakukan dalam Metaverse diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pada kehidupan manusia. Dunia digital ini bisa meningkatkan critical thinking dan creative thinking manusia sebab adanya unsur imajinasi dan fantasi yang bisa dibuat sendiri.

Misalnya, bila anda bosan dengan ruang kerja anda di Metaverse, anda bisa merubah tatanan sesuai dengan fantasi dan kreativitas anda maka nantinya anda bisa menyesuaikan bentuk, warna, desain dan tataan kantor sesuai dengan kemauan anda.

B. Dampak Negatif Metaverse

1. Timbul Adiksi atau Ketagihan

Riset menemukan bahwa sebagian masyarakat mengalami ketagihan media sosial. Begitu juga yang akan terjadi dengan dampak kehadiran Metaverse nantinya. Bahkan kemungkingan efek yang akan timbul dan dirasakan akan lebih buruk lagi karena mengingat metaverse adalah dunia digital sendiri yang nantinya akan menyerupai dunia nyata yang kita tinggali saat ini.

Baca Juga:  Belanja di Bukalapak Bisa Nikmati Gratis Ongkos Kirim dari SiCepat 

Seperti ketagihan video game, orang dapat lupa waktu bila terus menerus berada di dunia Metaverse. Hal itu bisa mengakibatkan ketergantungan dan memengaruhi produktivitas di kehidupan nyata.

2. Mempengaruhi Masalah Kesehatan

Pada teknologi Metaverse orang akan dipasangi alat Virtual Reality di kepalanya dan menutupi sebagian mata dan wajah. Hal itu bisa mengganggu penglihatan bila digunakan dalam rentan waktu yang lama.

Gangguan mata yang bisa diderita mulai dari kelelahan, rabun, sampai penyakit mata parah. Disamping itu, dampak kehadiran Metaverse ini bisa membuat orang malas bergerak dan bisa memunculkan masalah kesehatan sebab kurangnya gerak anggota badan.

Teknologi Metaverse membuat orang bisa berjumpa secara virtual dan hal itu bisa membuat kakunya otot tubuh dan munculnya penyakit sebab kekurangan asupan dari cahaya matahari.

3. Memicu Munculnya Depresi

Pada media sosial, video, gambar, ataupun tulisan bisa menyakiti hati orang dan mengakibatkan depresi bahkan bunuh diri. Begitu juga pada kehidupan di Metaverse. Akan timbul banyak persoalan pembulian dan hal yang mengakibatkan orang jadi depresi, selain itu fitur dalam Metaverse memungkinkan kurangnya gerak dan hamparan sinar matahari juga bisa membuat orang berpotensi mengalami depresi.

Hal itu disebabkan tanpa hamparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin di dalam tubuh kita bisa menurun, dan hal ini terkait dengan risiko depresi dengan pola musiman. Gangguan terhadap kesehatan mental ini timbul akibat tubuh tidak mendapatkan hamparan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga:  Begini Cara Tim Cyber Crime Kepolisian Melacak Akun Anonim Di Media Sosial

4. Bahaya Keamanan Data Diri

Sebelum adanya Metaverse pencurian dan peretasan data telah marak terjadi. Dikhawatirkan dengan banyaknya data pribadi yang dimasukan untuk mengakses Metaverse bisa meningkatkan peretasan dan pencurian data pribadi orang banyak. Kedepannya bahaya kemanan data ini akan kian meningkat dengan dampak kehadiran metaverse yang serba digital dan mudah diakses.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan diatas tentang Dampak Kehadiran Metaverse Bagi Manusia dan Dunia Teknologi, memberikan gambaran kepada kita semua bagaimana nantinya dunia metaverse akan berakibat pada kehidupan keseharian kita yang semuanya telah go digital dan pastinya juga akan ada dua sisi baik maupun buruknya itu kembali lagi kepada anda bagaiman cara supaya bisa mengambil manfaat dari dunia metaverse dan membuang  serta menghindari keburukan yang ada didalamnya.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat