“Identitas Digital Indonesia” Diwacanakan Oleh Kominfo Tahun 2022

identitas digital
DAFTAR ISI
identitas digital era modern

Identitas Digital– Dunia digital akhir-akhir ini memang sedang dalam tahapan yang sangat berkembang dan maju, sudah banyak perkembangan yang terjadi diantaranya yaitu dunia metaverse atau dunia 3D yang dapat diakses dalam bentuk Avatar sehingga memungkinkan kita berinteraksi bersama di internet tanpa bertemu langsung.

Non fungible token atau NFT yang menjadi media pertukaran mata uang yang sangat viral beberapa pekan ini, dan masih banyak lagi kemajuan teknologi lainya. Hal ini mungkin yang menyadarkan pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) mewacanakan bahwa identitas digital sangat penting untuk masyrakat Indonesia pada era teknologi saat ini,

Dikutip dari CNN Direktur Jendral Kominfo mengatakan bahwa hal ini sangatlah penting bagi Indonesia kedepan agar setiap orang yang mengakses atau beraktifitas diruang digital bisa teridentifikasi. Dia juga menjelaskan bahwa digital identity merupakan sebuah pembeda seorang pengguna dari pengguna lainya yang juga mengakses ruang digital.

Mengapa Indentitas Digital Itu Penting

Sangatlah penting karena akan digunakan untuk berbagai macam hal, salah satunya seperti melakukan pembelian barang online, membuat tabungan atau rekening bank serta melakukan aktifitas lainya. Hal ini juga bermanfaat untuk memberikan efisiensi ketika melakukan aktifitas diruang digital.

Karena akan membuat proses pendaftaran jadi lebih cepat dan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Keamanan juga dapat terjamin karena kita tidak perlu memasukan data-data pribadi secara menyeluruh, kita hanya perlu memberikan data yang sudah terdaftar tadi.

Baca Juga:  Benarkah Facebook Akan Di Tutup Pada 24 April 2018 ?. Ini Penjelasan Kemkominfo

Identitas Digital Akan Mengehemat Biaya

Dengan adanya teknologi ini dianggap mampu menghemat banyak biaya administrasi, karena semua sudah bisa dilakukan tanpa kertas dan alat tulis lainya. Jadi setiap sertifikat ataupun ID yang dikeluarkan oleh PSRE (Penyelenggara Sertifikat Elektronik) dapat dikenali oleh penyedia platform yang berbeda karena adanya identitas digital ini kedepannya.

Hal tersebut nantinya akan menghemat banyak biaya. Pada tahun 2019 Amerika menurut MCKinsey, mereka mampu menghemat dana sebesar US$130 miliar dikarenakan pengunaan teknologi ini.

Lebih lanjut, pada bidang tata kelola negara, kehadirannya akan membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintah, mulai dari layanan sosial, kesehatan, keuangan, bahkan hingga melakukan pemungutan suara hanya dengan satu pintu.

Kesimpulan Identitas Digital Indonesia 2022

Wah manfaat dari Identitas digital sangat banyak sekali bukan, jadi kedepannya ketika kita sudah menggunakan kita sudah tidak perlu mengisi data lagi melaui formulir atau pendaftaran offline yang masih menggunakan kertas dan lain sebagainya.

Karena identitas digital akan memudahkan dan mengirit biaya dan waktu, ini tentunya juga akan mempercepat pekerjaan dibidang administrasi kependudukan, database perusahaan, dan lain sebagainya.

Menarik untuk kita nantikan perkembangannya semoga pemerintah melalui Kominfo betul-betul dapat merealisasikan hal ini kedepannya, agar mempermudah kita melakukan aktifitas pada dunia digital yang sudah sangat berkembang saat ini.

Oleh karena itu bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis atau usaha, saat ini adalah momen yang tepat bagi Anda, karena peluang bisnis diera digital ini sangat terbuka lebar sehingga memudahkan bisnis mampu dijangkau ke berbagai penjuru dunia digital.

Baca Juga:  Bumi Datar Eksis, Salahnya Pendidikan Barat

Bagi Anda yang tertarik terjun berbisnis diera digital saat ini namun belum paham cara untuk berbisnis dipasar digital, Anda bisa menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat