Tips Membuat Password Aman, dan Daftar Password Paling Mudah Dibobol

DAFTAR ISI

Sekarang ini pemakaian password atau kata sandi masih jadi pilihan utama dan paling populer sebagai sistem keamanan perangkat meskipun telah ada sistem keamanan yang lebih canggih seperti sistem pemindai sidik jari (finger scanner), ataupun scanner/pemindai wajah berbasis 3D seperti Apple Face ID.

Pastinya, sistem keamanan password mempunyai kelemahan seperti rangkaian huruf atau angka yang gampang tertebak. Para user lebih memilih membuat password yang gampang diingat ketimbang password yang unik atau susah.

Tips Membuat Password yang Aman

Bagaimana cara mengamankan password agar tidak mudah dibobol?

Sebaiknya jangan menggunakan password yang mudah ditebak atau yang sudah terlalu sering digunakan oleh orang lain.

Password yang jelek dan berbahaya biasanya mudah ditebak, seperti kata-kata yang umum digunakan seperti “password” atau “123456”, atau tanggal lahir Anda.

Password yang kuat adalah yang terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol, dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Sebagai tambahan, jangan gunakan password yang sama untuk semua akun yang Anda miliki. Ini akan membantu meningkatkan keamanan akun Anda.

Password yang Mudah Diretas

SplashData mengatakan beberapa opsi password yang buruk yaitu “123456”. User pun sering mengacak angka dan menambahkan atau mengurangi angka. Contohnya 123123, 12345, 1234567, dan sebagainya.

mudah tertebak inilah password terjelek tahun ini Tips Membuat Password Aman, dan Daftar Password Paling Mudah Dibobol
Tips Membuat Password Aman, dan Daftar Password Paling Mudah Dibobol 2

Di urutan kedua, kata “password” merupakan kata sandi yang paling buruk.

Baca Juga:  Video Call Di Instagram Siap Rilis Tahun Ini

Uniknya, dalam rangka menyambut kehadiran film paling baru dan legendaris Star Wars, kata “starwars” juga jadi salah satu password terpopuler sekalian paling buruk pada tahun 2017.

Banyak kasus hacking/ peretasan yang terjadi di semua dunia sejak dulu hingga sekarang. Berbagai data pribadi para pemakai, mulai dari identitas, nomor kartu kredit dan yang lain, bocor ke tangan para hacker.

Ada banyak penyebab terjadinya kasus peretasan. Namun salah satu penyebab sering terjadinya kasus peretasan ialah sebab lemahnya password yang dipakai para pemakai internet untuk melindungi akun mereka.

Daftar password yang buruk/ mudah dihack

Berikut ini 25 password paling buruk menurut SplashData seperti dikutip Mirror UK:

123456
password
12345678
qwerty
12345
123456789
letmein
admin
welcome
monkey
login
abc123
starwars
12312
dragon

1234567
football
iloveyou
passw0rd
master
hello
freedom
whatever
qazwsx
trustno1

Nah, jadi teman-teman jangan menggunakan password tersebut ya karena sangat berbahaya.

Jika sudah terlanjur menggunakannya, silahkan diganti sesegera mungkin sebelum kamu menyesal, apalagi jika akun kalian itu yang memiliki saldo seperti akun bank, fintech, dll

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat