Tips Penggunaan Serta Manfaat Google Search Console Untuk SEO Website

Google Search Console
DAFTAR ISI

Google Search Console – Google merupakan mesin pencari peringkat pertama di dunia dan hampir setiap harinya kita mencari informasi atau apapun melalui google, namun bagi para pemilik bisnis google merupakan tempat untuk beriklan dan memasarkan produknya, karena ada begitu banyak tools yang disediakan google untuk membantu para pelaku bisnis online utamanya untuk mengoptimasi website.

Salah satunya adalah google ads yang paling terkenal namun ini sistemnya pay per click alias berbayar dan ada juga yang gratis yaitu Google search console. Bagi para pemilik dan pengelola website sangat penting untuk mengetahui sampai sejauh mana performa website mereka.

Oleh karena itu tools google search console merupakan pilihan tepat untuk para pelaku bisnis untuk melihat dan mengetahui sejauh mana level website mereka dimata pencarian google, didalam tools ini tersedia banyak bagian yang dapat membantu meningkatkan kualitas website dan SEO anda di pencarian google, mau tahu lebih lanjut silahkan disimak yah.

Pengertian Google Search Console

konsultan seo makassar Tips Penggunaan Serta Manfaat Google Search Console Untuk SEO Website
Tips Penggunaan Serta Manfaat Google Search Console Untuk SEO Website 2

Google Search Console adalah salah satu fasilitas dari Google untuk membantu para pemilik website dalam memaksimalkan proses tracking serta hubungan dengan web crawl. Google menyediakan Search Console secara cuma-cuma alias tidak berbayar.

Walau begitu fitur yang diberikan sangatlah lengkap untuk mendukung beragam kebutuhan Anda. Mulai dari melihat backlink, performa website pada halaman mesin pencari, posisi artikel, daftar kata kunci, sampai analisa sumber trafik tertinggi.

Baca Juga:  Contoh Pemakaian Default Parameters Di Javascript

Tips Penggunaan Google Search Console Pada Website

Berikut ini adalah tahap-tahap untuk menambahkan website ke Google Search Console. Harus diketahui, pada tutorial yang akan dilakukan saat ini akan memakai metode kode HTML tag untuk memverifikasi kepemilikan website.

Sementara di Google Search Console sendiri terdapat sejumlah macam verifikasi, seperti melalui upload file, dengan Google Tag Manager, lewat pengaturan DNS, atau juga melalui Google Analytics.

1. Menambahkan Domain ke Google Search Console

Langkah pertama, Kamu perlu login ke akun Gmail. Lalu buka situs: https://search.google.com/search-console/Klik Add property untuk menambahkan website baru. Pada langkah ini Anda tinggal memasukkan URL website di kolom yang telah disiapkan, kemudian klik Continue. Pilih cara verifikasi memakai HTML tag. Lalu simpan kode HTML yang timbul.

2. Memasukkan Kode HTML Tag

Cara memasukkan kode HTML tag dapat dikatakan susah-susah gampang. Bila Anda memakai website berbasis WordPress dan kebetulan juga memakai plugin SEO, maka Kamu tinggal copy kode ke kolom yang disiapkan tanpa harus mengotak-atik jeroan. Sementara bila tidak menginstal plugin SEO atau Anda memakai website bukan WordPress, Anda bisa menaruh HTML tag di antara kode <head> dan </head>.

3. Submit Sitemap

Tahap terakhir pada proses menambahkan website ke Google Search Console ialah melakukan submit Sitemap. URL sitemap sendiri bisa dibuat dengan otomatis memakai plugin. Untuk proses ini Anda dapat masuk ke tab Sitemaps > Add a new Sitemap. Tunggu beberapa hari sampai robot Google melakukan crawl ke website Kamu.

Baca Juga:  10 Tren Ide Bisnis Yang Mendatangkan Keuntungan Tahun 2022

Manfaat Google Search Console Untuk SEO Website

Sangatlah banyak manfaat dan keuntungan yang dapat Anda raih dari proses integrasi website ke Google Search Console.  Salah satunya yaitu Kamu dapat melakukan langkah perbaikan dari notifikasi error yang tampil sehingga website terhindar dari potensi penurunan pada halaman mesin pencari. Berikut merupakan daftar manfaat dari Google Search Console yang bisa Kamu peroleh:

1. Mempermudah artikel supaya cepat terindeks Google

2. Bisa Membantu Disavow Backlink Negatif

3. Memberikan report halaman mana saja yang error dan tidak terindeks Google

4. Membantu Mendapatkan Keyword Populer Untuk Bisnis

5. Mengetahui Asal Pegunjung

6. Memberikan Notifikasi Bila Terjadi Error

7. Bisa Dipakai Untuk Memeriksa Broken Link

8. Submit Sitemap

9. Sebagai Identifikasi Masalah Keamanan Situs

10. Mentracking Performa Robots.txt

11. Menentukan Negara Target Pembaca

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai Tips Penggunaan Serta Manfaat Google Search Console Untuk SEO Website, sudah memberikan Anda tutorial bagaimana cara menggunakan tools yang disediakan oleh google tersebut.

Tentunya ada banyak lagi tools yang tersedia untuk mengoptimasi website Anda agar mendapatkan posisi terbaik di mesin pencariaan, jadi untuk Anda yang ingin mengoptimalkan SEO website bisa menghubungi team kami sebagi penyedia Jasa SEO Makassar yang akan membantu website Anda agar dapat teroptimasi dengan baik dengan berbagai strategi dan tools yang kami sediakan.

Baca Juga:  Pentingnya Niche Blog serta Manfaatnya Untuk Website Anda

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat