5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online

Internet Marketing
DAFTAR ISI

Internet Marketing – Pada era digital seperti sekarang ini, ada banyak peluang bisnis baru yang terbuka lebar salah satu diantaranya yakni berbisnis di dunia digital atau biasa disebut dengan bisnis online, jika anda ingin memulai berbisnis online saat ini sudah ada banyak cara dan strategi yang bisa anda gunakan salah satunya yaitu digital marketing yang merupakan strategi yang paling banyak digunakan saat ini.

Namun sebelum anda menerapkannya ada baiknya anda mengetahui apa itu Internet Marketing. Bagi sebagian kalangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan Internet marketing yaitu strategi pemasaran dan pengiklanan produk melalui internet. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan promosi, memengaruhi konsumen supaya membeli produk Anda maupun meningkatkan volume penjualan.

Zaman sekarang, internet adalah salah satu media yang sesuai dan paling banyak digunakan untuk memperkenalkan produk ke banyak orang. Hal ini disebabkan pemasaran di jejaring sosial dapat menjangkau jaringan yang lebih luas dan tentunyan lebih banyak.

5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online yang Wajib Anda ketahui, Berikut di antaranya:

5 tips internet marketing untuk bisnis online 5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online
5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online 2

1. Melakukan Riset Produk

Hal yang jadi kunci untuk memulai bisnis online yaitu dengan melakukan penelitian produk. Dengan melakukan penelitian produk, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar sekarang ini.

Anda dapat menjual produk yang sedang viral atau yang sedang banyak diperlukan oleh masyarakat, sehingga Anda akan mendapatkan profit yang besar. Bila belum mengetahui cara untuk penelitian produk, Anda dapat melihat barang yang sedang jadi best seller di berbagai marketplace dan e-commerce.

Baca Juga:  Resmikan Data Center di Indonesia, Alibaba Cloud Tawarkan Layanan Ini

2. Melakukan Riset Kompetitor

Langkah selanjutnya untuk dapat menguasai internet pasar bisnis online yaitu dengan melakukan penelitian persaingan. Tindakan ini dilakukan supaya Anda memiliki gambaran dari lawan bisnis atau pesaing. Dengan begitu, Anda dapat mengimbanginya atau malah memenangkan persaingan.

Kegunaan lain bila Anda melakukan penelitian persaingan ialah supaya mampu menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan dan juga ancaman dari kompetitor. Sehingga Anda dapat membandingkan produk dan strategi bisnis kompetitor. Cara praktis untuk melakukan penelitian persaingan yaitu dengan melihat produk apa saja yang banyak di jual di Marketplace atau di media lainya oleh kompetitor.

3. Membangun Database Konsumen

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan membangun serta mengumpulkan database konsumen. Hal ini berfungsi untuk memetakan konsumen yang kemungkinan akan menjadi target distribusi internet marketing.

Disamping itu, dengan membangun database berarti anda sudah membangun koneksi dengan calon konsumen. Internet marketing bukan cuma produk yang bisa di raih oleh pelanggan, akan tetapi bagaimana produk Anda tersebut bisa dikenal luas oleh banyak orang.

4. Pilih Media Untuk Internet Marketing

Tahapan selanjutnnya untuk dapat menguasai teknik internet marketing yaitu dengan memilih media untuk melakukan internet marketing.

Ada banyak jumlah media internet marketing yang dapat Anda pakai saat ini, misalnya seperti facebook marketing, Instagram marketing, youtube marketing, website marketing, SEO marketing maupun bisa memakai content marketing lainya, dan penjelasan mengenai hal ini sudah kami paparkan di artikel sebelumnya.

Baca Juga:  Contoh Arrow Function Expression Javascript

5. Memiliki Visi Dan Target Yang Jelas

Langkah terahkir namun ini merupakan langkah yang paling penting yaitu memiliki visi serta taget yang jelas, ketika anda baru memulai bisnis online serta ingin terjun untuk memasarkannya di dunia digital dan juga internet marketing anda perlu mempersiapkan perencanaan yang baik serta tujuan yang jelas.

Agar nantinya ketika anda mengalami berbagia macam kegagalan ataupun kerugian anda memiliki solusi dan bisa bangkit kembali, karena awal anda memulainya sudah memiliki visi serta target yang jelas.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas kami sudah memberikan 5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online, semoga dapat membantu anda yang baru mau memulai bisnis online dan menerapkan poin-poin diatas agar memudahkan bisnis online dapat meraih keuntungan yang besar kedepannya.

Bagi anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai internet marketing dan menerapkan digital marketing pada bisnis anda dapat menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar yang telah berpengalaman dan profesional dalam membantu dan mengembangkan bisnis online agar mendapat profit yang lebih besar dan membangun brand awareness agar mendatangkan banyak insight dan keuntungan.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat