Apa itu Profesi Data Analyst, Jobdesk, dan 6 skill wajib

Profesi data analyst
DAFTAR ISI

Halo digital enthusiast, kalian udah tahu belum terkait profesi data analyst? Kalau belum, pas banget, mimin sajikan nih artikel terkait apa itu data analyst, jenis data analyst, tugas dan tanggung jawab, hingga skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang data analyst. So, simak artikel berikut ini yah.

Sumber :Pixabay.com

Pengertian Data Analyst

Data analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memahami, menganalisis, dan memberikan informasi berdasarkan data. Mereka mengumpulkan, memproses, dan menafsirkan data untuk membantu organisasi dalam membuat keputusan.

Dengan mempertimbangkan output dari data yang dikumpulkan dan diproses diharapakan dapat mengasilkan keputusan yang lebih baik, lebih akurat, dan lebih efektif.

Jenis-jenis Profesi Data Analyst

Ada beberapa jenis data analyst yang berbeda, dan berikut ini adalah beberapa jenis dari data analyst:

1. Business Intelligence (BI) Analyst

BI analyst memfokuskan diri pada memahami data yang berkaitan dengan bisnis suatu organisasi, seperti data penjualan dan keuangan. Mereka memproses data ini dan membuat laporan yang digunakan untuk mengambil keputusan bisnis.

2. Marketing Data Analyst

Seorang marketing data analyst fokus pada data pemasaran, seperti data tentang perilaku pelanggan dan hasil kampanye iklan. Mereka membantu tim pemasaran untuk memahami perilaku pelanggan dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

3. Financial Data Analyst

Financial data analyst memproses data keuangan untuk membantu organisasi membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Mereka menganalisis data keuangan dan menyajikan laporan tentang kinerja keuangan organisasi.

Baca Juga:  Pengertian Advertising Manfaat serta Jenisnya

4. Data Scientist

Data scientist adalah seorang profesional yang memanfaatkan teknologi dan matematika untuk mengolah data. Mereka menggunakan model dan algoritma untuk memproses data dan memprediksi hasil berdasarkan data yang dianalisis.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst

Tugas dan tanggung jawab seorang data analyst meliputi:

1. Mengumpulkan dan membersihkan data

Seorang data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data yang diperlukan, memeriksa integritas data, dan membersihkan data dari kesalahan dan duplikasi.

2. Menganalisis data

Setelah data dikumpulkan, seorang data analyst menganalisis data dengan menggunakan algoritma dan teknik analisis data. Mereka juga menggunakan perangkat lunak khusus untuk memproses data dan membuat laporan.

3. Menyajikan hasil analisis

Setelah menganalisis data, data analyst menyajikan hasil analisis dalam bentuk grafik, tabel, dan laporan. Mereka juga menjelaskan hasil analisis kepada manajemen dan tim lain dalam organisasi.

4. Memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisis

Data analyst memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisis untuk membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik. Mereka juga membantu organisasi dalam memecahkan masalah dengan menggunakan data.

Skill Data Analyst

Seorang data analyst harus memiliki keterampilan teknis dan non-teknis yang kuat. Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang data analyst meliputi:

1. Analitis

Data analyst harus memiliki keterampilan analitis yang kuat untuk dapat memproses dan menganalisis data dengan baik. Mereka harus dapat memahami data dan mencari pola yang dapat memberikan wawasan

Baca Juga:  Jepang Menganggap Smartwatch Sebagai Produk Fashion yang Wajib Dipunyai

2. Pemrograman

Seorang data analyst harus memiliki keterampilan pemrograman yang kuat, terutama dalam bahasa pemrograman seperti Python dan R. Keterampilan pemrograman memungkinkan data analyst untuk mengotomatisasi tugas dan mengintegrasikan alat analisis data dengan sumber data.

3. Komunikasi

Data analyst harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk dapat menjelaskan hasil analisis kepada manajemen dan tim lain dalam organisasi. Mereka harus dapat menyajikan hasil analisis dalam bentuk yang mudah dipahami dan memberikan rekomendasi yang relevan.

4. Penyelesaian Masalah

Seorang data analyst harus memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah yang kompleks dengan menggunakan data. Mereka harus dapat memecahkan masalah dengan cara yang kreatif dan menggunakan berbagai teknik analisis data untuk mengidentifikasi solusi yang efektif.

5. Bisnis

Data analyst harus memiliki pemahaman yang baik tentang bisnis dan operasi organisasi. Mereka harus memahami tujuan bisnis dan mengidentifikasi bagaimana data dapat membantu organisasi mencapai tujuan tersebut. Keterampilan bisnis mencakup pemahaman tentang strategi bisnis, pasar, dan kompetisi.

6. Kerja Tim

Data analyst harus dapat bekerja sama dalam tim, terutama dengan tim teknologi informasi dan manajemen. Mereka harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim lainnya dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Kesimpulan

Seorang data analyst adalah seorang profesional yang berperan penting dalam mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data untuk membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik.

Baca Juga:  Sasar UKM, Zebra Technologies Luncurkan perangkat Baru

Data analyst harus memiliki keterampilan teknis dan non-teknis yang kuat, seperti keterampilan analitis, pemrograman, komunikasi, penyelesaian masalah, bisnis, dan kerja tim.

Keterampilan ini memungkinkan data analyst untuk bekerja secara efektif dalam menganalisis data dan memberikan wawasan yang bermanfaat bagi organisasi.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Ade Irsyad
Ade Irsyad
System Analyst dan Quality Assurance dalam pengembangan aplikasi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] Digital Enthusiast, Sebagai seorang data analyst, salah satu tugas utama adalah untuk memvisualisasikan data agar mudah dipahami dan memberikan […]

WhatsApp chat