Mengenal Email Marketing Dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

email marketing
DAFTAR ISI

Email Marketing – Seiring berjalannya perkembangan teknologi berbagai inovasi telah diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya juga pada bidang marketing tentu saja kita telah tahu apa itu marketing dan bagaimana proses berjalannya, kita juga sudah membahas pentingnya digital marketing untuk kembangkan bisnis pada artikel sebelumnya.

Mengenal Email Marketing

mengenal email marketing Mengenal Email Marketing Dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Mengenal Email Marketing Dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Anda 2

Email marketing yaitu sebuah strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan menggunakan pengiriman kata-kata melalui surat elektronik (e-mail) kepada pelanggan atau customer yang tujuannya untuk mendapatkan loyalitas dari seorang customer.

Mungkin Anda pernah berbelanja pada sebuah situs web atau marketplace yang setelah Anda membeli produk tersebut, Anda terus mendapatkan info dan diskon harga ataupun promo melalui email pribadi Anda dari brand tersebut, inilah yang disebut dengan email marketing.

6 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Anda

1. Bersifat Pribadi (Personal)

Email marketing membuat para customer merasa lebih diperhatikan dan mengarah ke personal pada saat Anda menawarkan produk melalui email pribadinya, yah tentu saja karena email merupakan sebuah wadah yang memang memiliki personalitas yang dalam bagi pemiliknya.

Jadi ketika Anda menyampaikan informasi produk Anda ataupun info diskon dan potongan harga melalui email customer Anda, ini pastinya membuat customer Anda mendapatkan perhatian yang lebih, daripada kompetitor lainya.

 2. Informasi Cepat dan Praktis

Penggunaan email marketing juga merupakan cara penyampaian informasi pada era teknologi ini menjadi cepat dan mudah, ketika Anda menggunakan email marketing untuk bisnis.

Baca Juga:  Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda

Hal ini juga akan mempermudah Anda dalam menjangkau para customer secara mudah dan instant karena bisa langsung diterima oleh customer kapan saja dan dimana saja.

3. Hemat Biaya

Menggunakan Email marketing akan menghemat biaya yang dikeluarkan oleh pelaku bisnis, karena semua dapat diakses melalui satu wadah saja yaitu penyedia email seperti google ataupun yahoo mail.

Selain itu, tingkat responsif dari customer lebih cepat jika menggunakan email marketing. Tentunya inilah yang membuat email marketing menjadi strategi maerketing yang paling banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis.

4. Kampanye Mudah Di Evaluasi

Kampanye yang Anda lakukan lewat email marketing memudahkan untuk di evaluasi setiap waktunya dan dilakukan penilaian dengan melihat berapa jumlah email sudah  terkirim kepada para customer serta bagaimana respon yang muncul dari customer tersebut.

Ini juga akan memudahkan Anda untuk menganalisa kekurangan yang terjadi serta apa yang perlu ditingkatkan pada bisnis, dengan melihat hasil dari evaluasi tersebut. Selain itu Anda dapat mengukur statistik dari hasil kampanye dengan mudah, juga menjadi kemudahan untuk melacak para pelanggan sehingga Anda dapat melihat potensi customer yang bisa loyal terhadap bisnis Anda.

5. Media Komunkasi Dengan Pelanggan

Email marketing, membuat pelaku bisnis dapat menjalin komunikasi lebih dalam dengan pelanggannya. Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan customer serta dapat menerima kritik dan saran dari mereka untuk membangun perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Baca Juga:  Pentingnya Landing Page Website Untuk Sebuah Bisnis

Email yang Anda kirimkan juga  tidak hanya selalu dalam bentuk penawaran atau promosi saja, Anda juga dapat memberikan tips atau informasi penting kepada customer dengan cara yang lebih praktis.

6. Mudah di Share

Dengan menggunakan Email marketing akan membuat para customer Anda dapat membagikan (share) segala produk yang Anda tawarkan kepada teman-teman mereka yang lainnya.

Customer yang berbagi (share) email menjadi pendukung atau support Anda dalam menjalankan marketing. Tentunya hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi Anda sehingga membuat pelanggan baru Anda terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai mengenal email marketing dan manfaatnya bagi bisnis, ada begitu banyak cara yang dapat memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis terlebih lagi pada era kemajuan teknologi saat ini, Anda hanya perlu lebih menyadari bahwa perkembangan dunia digital marketing saat ini sangat cepat sehinga membuat bisnis yang Anda jalankan dapat terus bersaing (kompetitif) dimasa yang akan datang.

Tetapi untuk memudahkan Anda dalam membangun bisnis didunia digital Anda dapat menghubungi team kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar, kami telah berpengalaman selama lebih dari 6 tahun melayani dan membantu segala bentuk bisnis baik produk maupun jasa untuk go digital dan mendapatkan keuntungan lebih menggunakan tools-tools digital marketing yang terupdate saat ini.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Infanthree Digital Administrator
Infanthree Digital Administrator
Website, Mobile Apps, IoT, Digital Marketing Agency, IT Konsultan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat