Mengenal Big Data Cara Kerja serta Manfaatnya Untuk Bisnis

big data
DAFTAR ISI

Big Data – Menjalankan sebuah bisnis tentu saja ada banyak sekali data yang diperlukan, data-data itu berupa database perusahaan baik secara internal ataupun external misalnya seperti database karyawan, database customer, serta ada banyak lagi yang berhubungan dengan pendataan ini.

Oleh sebab itu sebuah perusahaan akan membutuhkan system penyimpanan data-data itu dengan baik. Hadirlah big data ini sebagai jalan keluar untuk perusahaan untuk menyimpan seluruh data itu dengan baik dan tersistematis, tetapi bagi anda yang belum mengetahui apa itu big data berikut kami jelaskan lebih spesifik lagi, silahkan disimak.

Mengenal Apa Itu Big Data

Mengenal big data dan cara kerja serta manfaatnya Mengenal Big Data Cara Kerja serta Manfaatnya Untuk Bisnis
Mengenal Big Data Cara Kerja serta Manfaatnya Untuk Bisnis 2

Big data ialah kumpulan berbagai informasi dalam volume dan jumlah besar yang terus bertumbuh dalam kecepatan yang terus bertambah. Informasi data itu sangat bermacam-macam dari yang terstruktur sampai yang tidak terstruktur.

Sistem ini amat berbeda dengan sistem database seperti Maria DB, MySQL, dan sebagainya. Kemampuan pengelolaan data yang dimiliki oleh sistem database tidak sebesar dan sebaik sistem yang ada pada big data. Akhirnya, saat perusahaan memiliki banyak data yang disimpan seperti data customer atau penjualan akhirnya sistem akan jadi lambat saat pemrosesan data.

Bila disimpulkan big data ialah data yang besar dimana Anda bisa menyimpan banyak data. Kapasitasnya yang amat besar ini memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data dan mengurus dengan efisien. Big data memiliki tiga karakteristik utama yang membedakan yaitu volume, velocity, dan variety. Ketiga karakteristik ini menjelaskan apa yang sebenarnya dan manfaat besar dari big data bagi suatu bisnis.

Baca Juga:  "Konsep Berpikir Digital" Pengamat Ahli Menilai Indonesia Perlu Menerapkannya 2022

Cara Kerja Big Data

Seteleh mengenal big data dari penjelasan diatas, lalu bagaimanakah big data bekerja, Umumnya, seluruh informasi yang terkumpul dalam sistem ini akan disimpan dalam database komputer yang kemudian akan dianalisis dan dijalankan oleh software. Perusahaan pada umumnya akan mengurus data itu memakai software dari layanan Software as a Service yang memang spesialis dalam pengelolaan data.

Hasil dari pengelolaan data itu akan dipakai oleh perusahaan sebagai bahan analisis atau pemakaian bisnis lainnya. Sistem yang dimiliki big data saat ini membawa manfaat yang sangat besar dan baik bagi perusahaan. Setiap data yang tersimpan dan dijalankan bisa dipakai agar mempercepat produk sampai ke pasar, dan mendapatkan target audiens.

Manfaat Big Data

1. Mengenal Pelanggan Lebih Baik

Membantu perusahaan mengerti pilihan konsumennya secara lebih baik serta untuk memutuskan produk mana yang memerlukan improvisasi. Banyak perusahaan yang berpikir bahwa mereka telah mengetahui bagaimana tindakan dan cara pikir mayoritas konsumennya, tetapi sistem ini bisa menunjukkan apa yang pelanggan mereka betul-betul lakukan.

Perusahaan bisa memakai sistem ini untuk mengetahui siapa yang membeli produknya, dimana juga dapat membantu mereka untuk menentukan segmentasi pasar di masa depan. Perusahaan bisa mengumpulkan pengalaman dan informasi konsumennya dari manapun.

2. Sebagai Strategi Marketing Efektif

Perusahaan bisa memakai big data untuk membuat keputusan marketing yang lebih bagus. Sebagai contoh, bila data kinerja perusahaan dipantau secara berkala memakai, informasi ini bisa jadi insight untuk membuat strategi konten perusahaan, dan juga bisa dipakai untuk meramalkan golongan masyarakat seperti apa yang akan menanggapi strategi marketing yang diluncurkan perusahaan.

Baca Juga:  Perbedaan Client-side dan Server-side Web Programming

Dalam kasus ini, akan memungkinkan perusahaan untuk mengetahui secara tepat siapa yang membeli produk mereka, usia pelanggan, suku, tempat, dll. Perusahaan juga bisa mengetahui apa yang mempengaruhi keputusan membeli masyarakat.

Memiliki seluruh informasi itu dan dapat menganalisanya secara baik membuat perusahaan bisa memberitahukan pesan yang tepat kepada masyarakat supaya mereka membeli produk yang dibuat perusahaan.

3. Memaksimalkan social media

Bisa dipakai untuk mengidentifikasi bila ada yang mengatakan nama produk atau perusahaan di internet, khususnya social media. Big data diharap bisa mendapatkan apapun yang ditulis pelanggan di media sosialnya, baik mengenai pengalaman positif ataupun komplain, lalu menganalisa data tidak terstruktur itu untuk mencari informasi berharga yang bisa dipakai perusahaan, dalam membuat keputusan bisnis di masa depan.

Mengambil keuntungan dari setiap platform social media yang relevan dengan bisnis perusahaan baik itu Twitter, Instagram, Facebook, dan yang lain. Dengan mengenal pelanggan secara lebih bagus dan mengerti bagaimana mereka berinteraksi pada platform social media yang berbeda, perusahaan akan mendapatkan cara yang lebih ampuh untuk memberitahukan pesan dan pada akhirnya mudah dalam menjual produk.

4. Memudahkan Proses Administratif

Manfaat lainya dari pengunaan adalah dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola data tersebut secara admistratif, dimana nantinya proses administratif dapat termudahkan prosesnya, karena setiap arsip dari data yang sudah pernah dibuat oleh perusahaan dapat tersimpan dengan rapi dalam system big data, artinya ketika ingin membuat lagi tinggal menggunakan format data yang telah tersimpan dalam system big data.

Baca Juga:  Jenis Nominal Baru dari Google Play Gift Card

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan panjang diatas terkait Mengenal Big Data Cara Kerja serta Manfaatnya, pastinya telah memberikan anda gambaran terkait begitu pentingnya sistem ini bagi suatu bisnis usaha dan perusahaan.

Oleh sebab itu anda disarankan memperhatikan hal-hal yang sifatnya data penting dalam bisnis anda seperti laporan keuangan, database karyawan dan konsumen dan banyak lagi, supaya nantinya data itu bisa jadi parameter untuk anda dalam menganalisa keputusan-keputusan yang akan anda ambil kedepannya.

Karena itulah untuk anda yang berminat dapat menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi, yang dapat membantu anda membuat aplikasi untuk mengurus big data yang anda miliki.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat