Membuat Pengulangan Bersyarat di PHP

Membuat Pengulangan Bersyarat
DAFTAR ISI

Ini hampir mirip dengan panduan sebelumnya tentang pengulangan, namun sekarang ini kita menetapkan syarat yang lebih rinci. Jika menggunakan for, syarat yang berlaku mungkin syarat matematis saja. Sedangkan jika meminta syarat lain tentunya tidak bisa.

Untuk membuat pengulangan bersyarat dengan bahasa pemrograman PHP, Anda dapat menggunakan pernyataan if untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi sebelum pengulangan dilakukan. Di dalam blok pengulangan, Anda dapat menggunakan pernyataan break untuk menghentikan pengulangan jika kondisi yang ditentukan tidak terpenuhi lagi. Berikut ini adalah contoh penggunaan pernyataan if dan break untuk membuat pengulangan bersyarat dengan PHP:

Untuk itu, kita menggunakan WHILE sebagai pengganti FOR bila kita menginginkan pengulangan bersyarat. Biasanya while ini dipakai untuk memeriksa nilai secara berulang-ulang. Contoh yang sangat sering dipakai adalah memeriksa apakah username yang dipilih pengunjung belum ada yang memakai sebelumnya. Atau jika di WordPress, while ini dipakai untuk menampilkan daftar postingan artikel

// Kondisi awal untuk melakukan pengulangan
$condition = true;

// Mulai pengulangan
while ($condition) {
    // Lakukan sesuatu di dalam pengulangan

    // Cek kondisi untuk melanjutkan pengulangan
    if (/* Kondisi untuk melanjutkan pengulangan */) {
        // Lanjutkan pengulangan
    } else {
        // Hentikan pengulangan
        $condition = false;
        break;
    }
}

Dengan menggunakan pernyataan if dan break, Anda dapat menentukan kondisi yang harus dipenuhi agar pengulangan dapat dilakukan, serta menghentikan pengulangan jika kondisi tersebut tidak terpenuhi lagi.

Baca Juga:  Pengertian XHTML

Biar paham, kita buat contoh saja dengan sebuah kasus

<?php
$i = 10
while ($i <= 1000) {
     echo $i.'<br/>';
     $i = $i*5;
}
?>

Jika dijalankan, kode itu akan menghasilkan angka 10 lalu 50, 250, … dst sampai 1000. Di contoh itu, kita menetapkan syarat yaitu nilai $i harus kurang dari atau sama dengan 1000. Jadi, selama nilai $i tetap di bawah 1000 script akan terus diulang-ulang. Andai kata kita buat syaratnya misalnya $i!=999 maka script tidak akan berhenti karena syarat $i tidak sama dengan 999 akan selalu terpenuhi.

Maka Anda harus berhati-hati dalam menentukan syarat. Harus tahu pasti kapan script dapat berhenti.

Oke, itulah tadi contoh script pengulangan di PHP

Kita akan membahas lagi metode PHP dengan panduan yang lebih menantang. Sampai sekarang ini kan cuma bahas teori-teori saja. Panduan ke depan kita coba main-main dengan studi kasus dengan PHP kalian biar tidak bosan.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Fachri
Fachri
Project Manager & Full Stack Web Developer. Senang mengikuti perkembangan bahasa pemrograman dan Linux
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat