Membuat Optional Data dari Banyak Data
DAFTAR ISI

Sesuai janji saya, pada artikel ini saya akan jelaskan bagaimana membuat optional dengan banyak data. Di artikel sebelumnya tentang membuat optional kita cuma bisa memakai sedikit data saja. Paling 3-4 data saja telah termasuk banyak nantinya. Pada umumnya sih dua data yaitu jenis kelamin hehehe..

Nah, bagaimana bila pilihannya ada banyak, contohnya provinsi atau nama negara gitu, maka kita membutuhkan optional dalam wujud drop down. HTML menyediakan tag untuk menampilkan optional dalam wujud dropdown dengan format semacam ini:

<select name="NAMA_FIELD">
  <option value="VALUE-1">LABEL-1</option>
  <option value="VALUE-2">LABEL-2</option>
  <option value="VALUE-3">LABEL-3</option>
  <option value="VALUE-4">LABEL-4</option>
  ......
</select>

Kita memakai tag select untuk membuat dropdown option. Dan untuk menampilkan opsi-opsinya, kita memakai tag option. NAMA_FIELD sebagaimana sudah dipaparkan dalam membuat input data, berfungsi untuk mengidentifikasi nama data yang dikirimkan.

VALUE-1 sampai VALUE-4 dan seterusnya kita gunakan untuk memberi isi datanya bila pemakai memilih label itu. Contohnya pemakai memilih LABEL-4, maka data yang dikirimkan ialah VALUE-4. VALUE dan LABEL bisa dibuat sama atau berbeda terserah kamu.

Untuk tanda titik-titik itu tambahan yang menunjukkan dst, jadi jangan diketik titik-titik gitu ya hehehe…

MULTIPLE OPTION

Berikutnya bagaimana bila kita mau visitor dapat memilih lebih dari satu option, maka tag select ini kita tambahkan atribut multiple. Misalnya semacam ini:

<select name="NAMA_FIELD" multiple="multiple" size="2">
  <option value="VALUE-1">LABEL-1</option>
  <option value="VALUE-2">LABEL-2</option>
  <option value="VALUE-3">LABEL-3</option>
  <option value="VALUE-4">LABEL-4</option>
  ......
</select>

Pada kode diatas, saya tambahkan dua atribut baru yaitu multiple="multiple" size="2". Multiple digunakan untuk menjelaskan bahwa pilihan ini dapat dipilih lebih dari satu. Untuk memilih lebih dari satu, user cukup menekan tombol Ctrl dan klik pilihan yang diharapkan. Bagi pemakai Machintos, klik Command Button-nya.

Baca Juga:  Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta 7 Manfaatnya Untuk Bisnis

Atribut size ialah jumlah pilihan yang dimunculkan. Defaultnya kan hanya 1 saja. Nah, biar pemakai tahu bila ini multiple option, maka kita tampilkan lebih dari 1, contohnya 2. Namun bila opsinya banyak saya sarankan lebih dari 2 yang dimunculkan.

Cukup dipahami kan? Insya Allah artikel mendatang saya coba jelaskan bagaimana memasukkan data teks dalam jumlah besar, contohnya artikel atau komentar.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Infanthree Digital Administrator
Infanthree Digital Administrator
Website, Mobile Apps, IoT, Digital Marketing Agency, IT Konsultan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat