Mengenal Internet Of Things serta 4 Cara Kerjanya

DAFTAR ISI

Internet Of Things – Saat ini perkembangan teknologi telah terjadi percepatan yang sangat signifikan dan tidak bisa terbendung lagi, telah banyak inovasi dan penemuan-penemuan baru diera teknologi dan digitalisasi sekarang ini.

Salah satunya yaitu perkembangan terkait Internet Of things atau disingkat dengan kata IOT, teknologi ini pertama kali diumumkan oleh Internet Society pada tahun 2015. Lebih tepatnya tanggal 15 Oktober 2015 Internet Society mempublikasikan 50 halaman resmi yang mengambarkan tentang Internet Of Things.

Mengenal Apa Itu Internet Of Things

Internet Of Things atau IoT merupakan sebuah konsep yang menggabungkan data dan kemampuan analitik yang kuat. Dengan tujuan untuk berinteraksi dan bertukar data melalui perangkat lain. Seperti komputer ke handphone selama masih terhubung ke internet, konsep ini merupakan cikal bakal dari homepod milik apple dan google assitant.

Internet of Things dapat membuat dunia digital menjadi lebih cerdas dan juga lebih responsif dengan metode menggabungkan teknologi digital dan juga perangkat fisik atau device. Perangkat komputer yang terhubung ke jaringan internet memungkinkan untuk merubah hal apapun seperti produk konsumen, mobil, pesawat dan objek sehari-hari lainnya. Berbagai hal itu pun masuk dalam teknologi IoT.

4 Cara kerja Internet Of Things

Ekosistem IOT Mengenal Internet Of Things serta 4 Cara Kerjanya
Mengenal Internet Of Things serta 4 Cara Kerjanya 2

1. Sensor

Sensor adalah sebuah pembeda pada mesin Internet Of Things dengan mesin cerdas lainya. Dengan adanya sensor akan membuat mesin IoT pada segi jaringan dari sistem yang tadinya pasif berubah jadi aktif dan terintegrasi dengan baik.

Baca Juga:  Asus ROG Phone, Handphone Khusus Gaming Kompetitor Razer Dan Xiomi Black Shark

Hal inilah nanti yang memudahkan manusia dalam melakukan interaksi hanya dengan perintah suara ataupun gerak, seperti menyalakan saklar lampu ataupun menyalakan smart TV yang terkoneksi dengan teknologi IOT.

2. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Berikutnya adalah Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) jadi faktor yang amat penting di dalam IoT sendiri. Kecerdasaan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem kecerdasaan yang ditambahkan kepada suatu perangkat komputer dan dirancang mengikuti tindakan serta mindset manusia itu sendiri.

Dengan adanya AI perangkat dapat menjadi lebih cerdas. Pemanfaatan AI juga akan lebih mempermudah perangkat dalam menganalisis data secara lebih kompleks. Bentuk layanan lainnya seperti assistant layanan, mesin pengingat data serta juga perangkat pengurus informasi data.

3. Koneksi Antar Jaringan (Konektivitas)

Konektivitas atau koneksi antar jaringan jadi komponen yang amat penting didalam Internet Of Things, untuk bisa berinteraksi secara lancar. Koneksi jaringan haruslah berjalan dengan stabil agar proses berjalannya teknologi ini bisa maksimal dirasakan.

Internet Of Things juga memudahkan kita untuk membuat tambahan jaringan pendukung yang baru Jaringan yang khusus dipakai dalam perangkat IoT nantinya tiap rumah atau manusia bisa memanfaatkannya untuk kemanan data sehingga orang asing tidak bisa mengubah atau melakukan perintah kepada IOT yang sudah terintegrasi.

4. Perangkat Mikro

Lapisan penting ini meliputi dari peralatan fisik. Mikro yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan data atau mengontrol suatu mekanisme dengan baik dan maksimum. Kehadiran perangkat mikro atau perangkat yang ukurannya penting ini bisa meningkatkan skalabilitas, ketepatan dan fleksibilitas perangkat IoT.

Baca Juga:  Inilah bentuk pertama teknologi fotografi modern di Jepang

Ditambah lagi semakin kecil perangkat mikro maka akan mengurangi nilai biaya. Dengan singkat nantinya Internet Of Things ini bekerja dengan memanfaatkan bahasa pemrograman yang setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat yang terhubung dengan otomatis, tanpa hadirnya gangguan pengguns, bahkan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun.

Faktor vital yang perlu disiapkan pada penerapan Internet Of Things adalah jaringan internet yang stabil yang jadi penghubung antara sistem dan perangkat. Sementara fungsi manusia pada IoT adalah melakukan monitor untuk setiap perilaku perangkat waktu mereka bekerja.

Kesimpulan Mengenal Internet Of Things serta 4 Cara Kerjanya

Berdasarkan pembahasan diatas semoga penerapan dari Internet Of Things ini bisa kita rasakan manfaatnya kedepannya, agar nantinya lebih mempermudah kita dalam melakukan aktifitas keseharian dan juga mempermudah ekosistem digital supaya lebih berkembang dan lebih maju di masa yang akan datang.

Jika Anda tertarik dengan pembahasan seperti ini Anda juga bisa mengunjungi postingan kami sebelumnya yang membahas tentang konsep berpikir digital, oleh karena itu untuk Anda yang ingin menerapkan teknologi IOT ini dan ingin merasakan manfaatnya pada bisnis yang sedang dijalankan, Anda bisa menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android Makassar.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Infanthree Digital Administrator
Infanthree Digital Administrator
Website, Mobile Apps, IoT, Digital Marketing Agency, IT Konsultan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat