Gawat, Microsoft Outlook Dan Apple Mail Rawan Di Retas

DAFTAR ISI

Informasi dengan judul ” Gawat, Microsoft Outlook Dan Apple Mail Rawan Di Retas” ini dapat Kamu lihat disini, dan masih banyak berita teknologi terupdate lainnya.

Sekelompok peneliti keamanan digital yang berbasis di Jerman menyebutkan bila, platform aplikasi e-mail populer seperti Microsoft Outlook dan Apple Mail mempunyai celah yang cukup berbahaya yang memungkinkan hacker untuk membaca pesan itu dalam wujud text biasa.

Para ilmuwan yang terdiri atas para akademisi perguruan tinggi yang terdapat di Jerman dan Belgia itu mendapatkan fakta yang cukup mengagetkan bahwa standar enkripsi e-mail yang di pakai oleh beberapa aplikasi e-mail itu ternyata rentan dihack oleh para hacker.

Melansir dari laman Routers, celah itu terdapat di protokol standar enkripsi yang di pakai oleh beberapa platform aplikasi e-mail yang cukup terkenal seperti Microsoft Outlook, Apple Mail juga aplikasi e-mail di perangkat berbasis sistem operasi iOS dan Mozilla Thunderbird.

Standar enkripsi itu di kenal dengan nama PGP dan S/MIME. Protokol itu pada umumnya diaplikasikan untuk sejumlah platform surat elektronik, termasuk di antaranya ialah beberapa aplikasi e-mail yang di sebutkan di atas.

“Bila anda memakai PGP/GPG atau S/MIME dalam berinteraksi terkait hal-hal yang amat sensitif, anda perlu mematikannya dari program e-mail untuk sekarang ini ” jelas Sebastian Schinzel, profesor dalam bidang cryptography terapan dari Muenster University of Applied Science, yang sekalian bertindak sebagai ketua dari tim peneliti itu.

Baca Juga:  HP Akan Luncurkan Perangkat untuk Rumah Sakit

Dengan adanya kerentanan pada standar enkripsi  itu membuat para ilmuwan menganjurkan para pemakai layanan e-mail yang memakai platform aplikasi e-mail itu untuk mematikannya atau menghapusnya dari perangkat yang dipunyai.

Lebih jauh, peneliti kemudian menjelaskan bagaimana skema serangan pada aplikasi e-mail itu dapat terjadi. Menurut para periset, terdapat dua cara untuk para hacker untuk memaksa program e-mail dari beberapa aplikasi itu untuk mengirim pesan-pesan di dalamnya dalam format plain text.

Dalam alur serangan yang pertama, para pelaku kejahatan cyber bisa mengeksploitasi celah di dalam Hypertext Markup Language (HTML) yang dipakai dalam merancang web dan mebuat format e-mail. Platform seperti Apple Mail, aplikasi email untuk perangkat iOS, dan Mozilla Thunderbird menurut mereka rentan terhadap bentuk serangan semacam ini.

Untuk jenis serangan yang kedua, hacker memanfaatkan celah pada OpenPGP dan S/MIME dalam memasukkan teks yang memungkinkan untuk mencuri plain text dari e-mail terenkripsi itu.

Kerentanan pada platform aplikasi e-mail yang didapati oleh kelompok peneliti itu mendapat perhatian serius dari pegiat teknologi Amerika Serikat.

Bahkan, Electronic Frontier Foundation (EFF), sebuah organisasi pendukung hak digital asal AS, menganjurkan para pemakai protokol PGP untuk mematikannya atau menguninstall aplikasi e-mail yang memakai standar enkripsi PGP/GPG atau S/MIME itu.

Para ilmuwan sudah memberi tahu kerentanan temuannya itu kepada penyedia layanan e-mail bersangkutan. Sekalipun demikian, sejauh ini belum ada indikasi terkait kegiatan spionase atau mata-mata yang memanfaatkan kerentanan pada standar enkripsi aplikasi e-mail itu.

Baca Juga:  Coba 5 Tips Berikut Ini Bila Mau Jadi Top Global Mobile Legends

Demikianlah kabar tentang ” Gawat, Microsoft Outlook Dan Apple Mail Rawan Di Retas “.Walaupun Kamu sudah selesai menyimak artikel ini, Kami menganjurkan untuk membaca artikel aslinya secara mendalam.

Silahkan ke situs officialnya dengan melakukan pencarian di search engine dengan judul ” Gawat, Microsoft Outlook Dan Apple Mail Rawan Di Retas ” untuk membaca artikel oroginalnya supaya tidak terjadi kesalahan makna informasi
Sumber: recode id

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Programmer Indonesia
Programmer Indonesia
Admin yang mengelola konten khusus berita. Kalau ada yang ingin diinfokan langsung chat aja ya :D
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat