Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta 7 Manfaatnya Untuk Bisnis

Virtual Assistant
DAFTAR ISI

Virtual Assitant – Merupakan suatu pekerjaan yang dijalankan seseorang dari jarak jauh atau remote. Dalam hal ini seorang Virtual Assistant bisa memberikan layanan administratif serta bisnis terhadap perusahaan tanpa perlu datang langsung ke kantor. Layanan ini juga bisa diberikan untuk beragam aktivitas harian lainnya seperti pada rumah atau di tempat lain.

Pada intinya, seorang Virtual Assistant bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan orang lain secara online. Di dunia bisnis, pekerjaan ini kian banyak diburu oleh perusahaan sebab dianggap efektif dan efisien. Perusahaan tak mesti lagi mempersiapkan ruangan khusus dan fasilitas lagi untuk para Virtual Assistant sebab mereka bekerja jarak jauh.

Melihat dari penjelasan diatas kita menyadari bahwa Virtual assistant amat membantu dalam menggerakkan dan mengembangkan bisnis, apalagi di dorong dengan percepatan teknologi saat ini. Virtual Assistant sudah bertransformasi jadi lebih baik lagi sekarang tanpa memerlukan tenaga kerja khusus yang diangkat sebagai karyawan dalam sebuah bisnis, atau sekarang disebut dengan Artificial Intelligence  yang mana sudah dibuat system sedemikian rupa melalui teknologi dari machine learning sehingga terciptalah Virtual Assitant AI.

Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI:

Virtual Assistant Berbasis AI Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta 7 Manfaatnya Untuk Bisnis
Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta 7 Manfaatnya Untuk Bisnis 2

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya yang berjudul Apa Itu Artificial Intelligence Dan Bagaimana Cara Kerjanya, AI atau kecerdasan buatan merupakan program komputer yang diprogram dan dirancang khusus untuk berpikir pantasnya manusia, AI dibentuk dengan mekanisme khusus untuk menjalankan tugas tertentu. Virtual Assistant berbasis AI merupakan program komputer atau bot yang dibuat sedemikian rupa seperti pikiran manusia sehingga bisa dipakai untuk membantu berbagai pekerjaan dari jarak jauh.

Baca Juga:  Function (Bahasa C)

Jadi bila Virtual Assistant merupakan pekerjaan yang dikerjakan oleh manusia, Virtual Assistant berbasis AI berbeda. Pekerjaan ini tidak dikerjakan oleh manusia, tetapi oleh bot atau sistem yang sudah dirancang khusus. Pemindahan pekerjaan dari manusia jadi bot ini dinilai kian praktis dan irit biaya dari segi bisnis, umumnya Virtual Assistant berbasis AI dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk membantu menanggapi dan menjawab pertanyaan dari para customer. AI dibekali dengan sistem dan kata kunci tertentu sehingga bisa menanggapi orang lain pantasnya manusia biasa.

Walaupun demikian AI juga bisa membantu berbagai pekerjaan lain di dunia bisnis. Mungkin anda pernah mendapat chat bot dari beberapa instansi pemerintahan maupun BUMN yang langsung mengirimkan anda pesan dengan otomatis ke nomor hp/ whatsapp anda itu adalah salah satu bentuk penerapan Virtual Assistant berbasis AI, dan barangkali anda pernah mengakses sebuah aplikasi lalu didalamnya terdapat system Virtual Assistant yang kapanpun anda bisa complain maupun memberikan kritik dan saran tanpa harus lagi menunggu dijawab secara manual.

Manfaat Virtual Assistant Berbasis AI untuk Bisnis:

Sesudah mengetahui pengertian dan cara kerja Virtual Assitant berbasis AI diatas, pastinya system ini mempunyai manfaat terutama dalam mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan sekarang ini dan berikut kami akan menjelaskan sejumlah manfaat yang akan anda proleh saat menerapkan Virtual Assitant berbasis AI ini dalam bisnis, silahkan disimak.

1. Mempermudah Berjalannya Bisnis

Anda akan lebih mudah menjalankan berbagai urusan bisnis, teknologi ini bisa membantu menanggapi serta berinteraksi dengan para customer serta melakukan aktivitas lain. Anda tidak perlu repot melayani ribuan pelanggan dalam waktu bersamaan, sebab tugas ini bisa dialihkan kepada Virtual Assistant basis AI.

Baca Juga:  Contoh Pemakaian Default Parameters Di Javascript

Contohnya yang diterapkan google dalam mesin pencariaanya kita hanya mengucapkan ok google maka visrtual assistant itu akan menjalankan aplikasi sesuai dengan apa yang anda perintahkan.

2. Instant dan Responsif

Menggunakan Virtual Assistant berbasis AI membuat bisnis Anda tumbuh secara cepat. Kepraktisan yang diajukan oleh AI menjadikan bisnis Anda lebih responsif dalam memberikan pelayanan. Kecerdasan AI yang diprogram layaknya manusia juga membuat customer nyaman sebab AI bisa menanggapi dengan bahasa yang gampang dicerna.

Bahkan ada beberapa customer tidak menyadari bahwa mereka sedang beinterkasi dengan sistem chat bot. Contohnya seperti yang terdapat pada aplikasi dimana ada fitur live chating yang berperan sebagai customer services namun dijalankan oleh sistem virtual assitant AI.

3. Penentu Kepuasan Pelanggan

Hadirnya Virtual Assistant berbasis AI menitikberatkan pada kepuasan konsumen, bukan mutlak keuntungan bisnis. Jadi tidak cuma pemilik bisnis saja yang diuntungkan, tetapi pelanggan pun merasa puas dengan layanan yang diberikan pemilik bisnis dengan bantuan AI. Hal ini akan berdampak terhadap rating perusahaan serta loyalitas konsumen di masa depan.

4. Menghemat Biaya dan Efisien

Bila Anda memakai Virtual Assistant berbasis AI dalam bisnis Anda, maka urusan pekerjaan akan jauh lebih hemat dan efisien. Pekerjaan AI yang bisa dihandle full selama 24 jam sehari membuat customer tetap mendapat pelayanan di luar jam kantor atau toko. Bahkan dengan keuntungan itu, Anda tak lagi mesti membayar pegawai serta uang lemburnya.

5. Bekerja dengan Sistematis

Virtual Assistant berbasis AI dirancang sedemikian rupa agar seperti pemikiran manusia. Dengan bekal  Machine Learning serta Deep Learning, AI bisa bekerja dengan sangat sistematis. Otak bot bisa berpikir secara akurat sehingga berbagai kesalahan bisa diminimalisir dengan bantuan AI.

Baca Juga:  Adopsi Teknologi Digital, Masjid Ini Terima Zakat Dan Sedekah Bitcoin

6. Membantu Mengembangkan Bisnis

Jangan heran bila bisnis Anda akan jauh lebih berkembang dengan memanfaatkan AI. Cara kerja Virtual Assistant berbasis AI yang cepat dan dinamis akan membuat bisnis Anda tumbuh. Customer bisa mengenal dengan luas produk atau jasa yang diajukan dengan bantuan teknologi ini.

7. Energi Tidak Terbatas

Mengandalkan manusia untuk bekerja ekstra pasti ada risikonya. Dalam keadaan tertentu, manusia dapat merasa sangat lelah. Bila lelah menghampiri, performanya jadi menurun dan cenderung tidak bisa berpikir keras, hal ini amat berakibat pada pekerjaan yang dia kerjakan.

Tentu hal ini beda dengan AI, Anda bisa memberikan perintah tanpa batas sebab energinya yang luar biasa besar. Asalkan program yang terinstal telah tepat, dia akan melakukan pekerjaan dengan tepat tanpa kenal waktu.

Kesimpulan

Melihat dari pembahasan panjang diatas tentang Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta Manfaatnya Untuk Bisnis, pastinya telah sedikit memberikan anda gambaran bagaimana Virtual Assitant berbasis AI itu bekerja serta apa saja manfaat yang akan didapatkan saat anda mengimplementasikannya pada bisnis yang sudah anda jalankan.

Oleh sebab itu anda sebaiknya berinovasi dan meningkatkan bisnis dengan bantuan teknologi Virtual Assitant ini supaya pengelolaan bisnis anda bisa lebih maksimal lagi dan bisa bersaing diera digital yang sangat cepat meningkat dan banyak persaingan seperti sekarang ini.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat