8 Cara Tetap Termotivasi Saat Belajar Ngoding

DAFTAR ISI

Cara tetap termotivasi dan tidak menyerah saat belajar coding


Jika Anda mengalami kesulitan saat belajar coding, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian merasakan hal ini, hampir semua orang yang belajar ngoding mengalaminya. Ada banyak tips bermanfaat berdasarkan pengalaman orang-orang yang menemukan motivasinya belajar ngoding saat dalam kesulitan. Kami telah mengumpulkan tips-tips ini ke dalam daftar tujuh cara untuk tetap termotivasi dan tidak menyerah.

Inilah cara menemukan motivasi Anda!

Luangkan waktu untuk berlatih


Banyak pembelajar terjebak ketika mereka bergerak terlalu cepat melalui pelajaran tanpa meluangkan waktu untuk berlatih. Menghabiskan waktu dengan konsep baru itu penting agar Anda dapat mempertahankan apa yang telah Anda pelajari dan menerapkannya saat Anda beralih ke konsep yang lebih maju.

Dalam thread “Bagaimana Anda tetap termotivasi?” yang disebutkan di atas, anggota komunitas Jeff S. menekankan pentingnya latihan. “Terkadang dibutuhkan banyak latihan dengan konsep-konsep yang lebih sulit ini sampai Anda mendapatkan kelancaran.”

Dia menyamakan belajar coding dengan belajar bahasa seperti Spanyol atau Italia. “Ini bisa membuat frustasi untuk mengatasi dasar-dasar ketika yang ingin Anda lakukan hanyalah berkomunikasi. Itu bisa lebih membuat frustrasi ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tampaknya berbicara bahasa Italia dengan lancar.” Tetapi semakin banyak Anda berbicara, Anda akan menjadi semakin fasih. Hal yang sama berlaku untuk belajar coding – semakin banyak Anda berlatih, semakin mudah Anda akan berhasil.

Lihatlah kembali semua yang telah Anda capai


Ketika Anda mengalami kebuntuan, akan mudah untuk terpaku pada semua yang masih harus Anda pelajari dan melupakan semua yang telah Anda pelajari. Lain kali saat Anda merasa kewalahan dan sedih pada diri sendiri, luangkan waktu untuk merenungkan seberapa jauh Anda telah mencapai tujuan Anda.

Baca Juga:  Cara Mengambil Nilai HTML dengan JavaScript

Dalam utasnya tentang motivasi, Brendan P. mengatakan, “Saya kira saya perlu mundur selangkah dan melihat apa yang telah saya lakukan. Dalam 6 bulan GitHub saya penuh dengan program yang saya tulis dalam setengah lusin bahasa. Saya harus menggunakannya sebagai contoh kemajuan saya, bukannya seberapa jauh saya harus melangkah.”

Ingatkan diri Anda mengapa Anda mulai belajar coding

Sebuah utas baru-baru ini di komunitas Facebook kami membahas tentang bagaimana tetap termotivasi selama karantina. Sunjay A. membagikan saran berikut:

“Pada hari-hari kamu merasa tidak termotivasi, tarik napas dalam-dalam dan temukan cara untuk beristirahat. Selanjutnya… cobalah untuk mengingat tujuan yang Anda miliki ketika Anda pertama kali memulai perjalanan ini. Apa yang memotivasi Anda saat itu? Jika Anda tidak memiliki tujuan khusus, tetapkan satu tujuan hari ini dan berusahalah untuk mencapainya.”
Mengingat mengapa Anda memulai bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan kembali apa yang menginspirasi Anda sejak awal, menyegarkan kembali keinginan Anda untuk belajar, dan membantu Anda menemukan motivasi untuk terus maju.

Paulina D. berbagi saran serupa di forum Codecademy. “Mungkin bertanya pada diri sendiri apa keterampilan yang anda pelajari dapat membantu anda mencapai di masa depan akan menjadi awal yang baik. Apa yang ingin anda lakukan yang membutuhkan keterampilan tersebut?”

Nikmati Prosesnya


Anggota komunitas Regina G. membagikan postingan blog tentang pengalamannya memprogram ulang pola pikirnya untuk belajar coding di grup Facebook kami. “Dulu, saya sering kesal pada diri saya sendiri jika saya tidak pandai dalam sesuatu dengan segera.”

Baca Juga:  Dasar Sistem Komputer

Pemrograman tidaklah mudah – dan belajar pemrograman mungkin akan mengharuskan Anda untuk berpikir dengan cara yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Anda mungkin perlu waktu untuk menerima kenyataan bahwa coding bukanlah sifat kedua dan bahwa Anda akan membuat kesalahan di sepanjang jalan.

Jika Anda merasa terjebak atau frustrasi, pahamilah bahwa itu semua adalah bagian dari proses pembelajaran. Rangkul itu! Dengan melepaskan diri dari kebuntuan, anda tidak hanya akan menginternalisasi keterampilan yang anda pelajari, tetapi anda juga dapat menemukan pertumbuhan pribadi.

Lakukan sedikit namun setiap hari


Dalam sebuah utas di komunitas Facebook kami, Crystal H. mengatakan, “Mungkin membantu untuk mengatur timer untuk waktu yang singkat. Buatlah kode untuk 10 – 15 menit sehari.”

Dan J. berbagi saran serupa. “Jangan merasa Anda harus melakukan banyak hal setiap hari. Tetapkan saja diri Anda tujuan kecil yang dapat dicapai. Mungkin setengah jam, mungkin 15 menit. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa ketika anda memulai, anda akan merasa senang dan ingin melakukannya lebih lama. Beberapa hari saya hanya menggunakan aplikasi Codecademy Go untuk berlatih dan kemudian akhirnya menyalakan PC saya untuk melanjutkan pelajaran karena saya menyukainya.”

Jangan lupa beristirahat


Kadang-kadang ketika Anda merasa buntu, Anda hanya perlu beristirahat sejenak untuk menjernihkan pikiran Anda.

Menanggapi pertanyaan di grup Facebook kami tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda menemui hambatan, Hamza Z. mengatakan, “Saat itulah Anda perlu beristirahat dan melakukan hal-hal lain yang Anda sukai.” Gavin A. menambahkan, “Kadang-kadang bisa seperti itu. Itulah saat Anda harus melakukan hal lain dan mengalihkan pikiran Anda dari hal itu. Anda akan kembali dengan semangat baru dan dengan pola pikir solusi.”

Baca Juga:  Cara Menambahkan Method didalam Class Javascript

Daniel Z. berbagi nasihat serupa. “Kita semua pernah mengalami situasi ini. Jangan khawatir. Istirahatlah sejenak – berjalan-jalan, mendengarkan musik yang bagus, dan kembali lagi. Dijamin ini akan terasa lebih mudah dari yang Anda pikirkan.”

Mengalihkan fokus Anda

Alternatif untuk beristirahat sejenak untuk berjalan-jalan, mendengarkan musik, atau fokus pada aktivitas lain yang Anda sukai, adalah beristirahat untuk fokus pada tugas coding yang berbeda.

Adam L. menjelaskan bagaimana dia mengatasi kehilangan motivasi dalam sebuah utas di komunitas Facebook kami:

“Apa yang membantu saya mendapatkan motivasi adalah saya menurunkan standar untuk diri saya sendiri dan saya mencoba membangun sesuatu yang mudah untuk memulai yang akan saya nikmati. Dan kemudian secara bertahap, saya mencoba meningkatkannya. Saya mendapatkan begitu banyak kegembiraan hanya dengan mempelajari fungsi terkecil dari hari ke hari. Saya mengalihkan fokus dari mendapatkan suatu tempat dan sebaliknya menurunkan standar dan membangun proyek yang membuat saya bahagia, tidak peduli seberapa kecil kelihatannya.”

Mencari tantangan dengan memulai mengerjakan proyek asli

Cara untuk mendapatkan pekerjaan ngoding adalah dengan menjadi freelance atau pekerja lepas. Cobalah cari calon klien yang paling mungkin anda jangkau terlebih dahulu, dengan menghubungi teman, kerabat, keluarga, atau bisnis sekitar anda yang membutuhkan aplikasi atau website .

Ketika memulai proyek jangka panjang, pikirkan hal-hal yang membuat Anda bersedia untuk menginvestasikan waktu. Entah itu situs web pribadi, aplikasi seluler, atau aplikasi desktop, pilihlah proyek yang benar-benar Anda sukai dan pastikan Anda mampu untuk mengerjakannya.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Arman Amin
Arman Amin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat