Video Marketing – Bisnis online tak lepas dari elemen seperti video, gambar dan tampilan yang menarik supaya mendapatkan perhatian dan minat dari customer yang melihat bisnis online itu, tetapi dalam membuat sebuah konten video marketing kita perlu memperhatikan tahap-tahap yang baik guna mendatangkan banyak perhatian dari calon cutomer. Anda juga bisa mempelajari cara memanfaatkan sosial media marketing untuk bisnis online anda pada artikel yang telah kami terbitkan sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa video sudah jadi media pemasaran yang sangat manjur untuk dilakukan namun anda harus menyiapkannya dengan maksimal agar tidak gagal dalam pembuatannya, dengan begitu penting untuk anda mempelajari panduan bagaimana untuk memaksimalkan video marketing untuk bisnis online supaya mendapatkan banyak perhatian dari para calon customer.

Berikut ini beberapa cara merancang iklan yang harus anda ketahui terlebih dulu jika mau memaksimalkan video marketing untuk bisnis online anda.

7 cara memaksimalkan video marketing 7 Cara Mengoptimalkan Video Marketing untuk Bisnis Online
7 Cara Mengoptimalkan Video Marketing untuk Bisnis Online 2

1. Lakukanlah Penelitian Terlebih Dulu

Untuk memulai sesuatu apapun penting sekali untuk anda melakukan penelitian terkait dengan apa yang mau anda lakukan. Dalam hal ini anda bisa mencontoh atau menjadikan inspirasi dari bermacam-macam video marketing yang telah banyak tersebar di sosial media. Dengan melihat atau menonton video itu bisa jadi parameter bagi anda nantinya dalam memaksimalkan pembuatan video marketing untuk bisnis online anda.

2. Menentukan Jenis Konten Video

Sesudah menonton referensi berbagai video dari yang telah ada, maka anda dapat mulai untuk menentukan tema atau jenis konten video apa yang mau anda buat. Ada banyak macam video konten yang telah biasa beredar diantaranya seperti, monolog, interview, tutorial, video explainer ataupun berbagai video lucu lainnya. Anda juga perlu menyesuaikan jenis dari video tersebuts sesuai dengan produk yang mau anda pasarkan.

3. Sampaikan Pesan dan Nilai Dari Video

Membuat video marketing untuk bisnis online tidaklah selalu cuma berisikan dengan jualan, tetapi anda juga dapat menyisipkan berbagai pesan atau nilai yang berkesan sehingga para calon konsumen lebih berminat untuk melihat video anda walaupun awalnya tidak berniat untuk membeli produk anda itu. Tidak cuma itu, anda juga bisa menyisipkan nilai humor, tutorial atau juga bermacam-macam informasi penting yang dapat didistribusikan kepada calon konsumen. Sesudah itu barulah anda bisa mengiklankan produk yang mau anda jual di akhir video atau terkadang disela video itu. Hal itu supaya di saat pertama kali orang membuka video anda akan penasaran dan mau menonton walaupun akhirnya bertujuan untuk jualan atau mengiklankan produk anda.

4. Maksimalkan Durasi Video 15-30 Detik

Awal mulainya video merupakan momen yang amat penting bahkan sebagai penentu penonton atau calon konsumen akan lanjut untuk melihat iklan video itu atau langsung dialihkan begitu saja. Upayakan agar tidak langsung mengenalkan produk yang mau anda jual itu sebab pasti penonton akan segera merasa bosan dengan adanya iklan seperti itu. Buatlah konten yang menarik sehingga penonton tetap penasaran untuk terus menonton video itu sampai selesai sesudah itu baru selipkan promosi produk yang mau anda jual itu.

5. Tulisan Dan Gambar Pada Video Harus Jelas

Pembuatan video marketing untuk bisnis online pasti membutuhkan elemen gambar dan juga tulisan. Oleh sebab itu anda perlu memastikan setiap gambar dan tulisan yang ada di video itu mempunyai kualitas yang baik. Pastikanlah juga komposisi dari setiap gambar dan tulisan sesuai dan seimbang dengan kebutuhan video. Sebagian besar video yang dipenuhi dengan tulisan saja juga tentu akan sangat mengurangi minat penoton, oleh sebab itu buatlah komposisi yang seimbang antara gambar, video dan tulisannya. Dengan seperti itu pesan yang mau disampaikan juga akan tergambarkan dengan jelas kepada para calon konsumen.

6. Tentukan Tempat Pemasaran Yang Tepat

Sesudah anda selesai membuat video marketing untuk bisnis onlinetersebut maka hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu menentukan tempat promosi yang tepat supaya mendapatkan hasil yang lebih masksimal. Sekarang ini telah banyak social media yang bisa anda pakai dan manfaatkan sebagai sarana pemasaran. Seperti instagram, twitter, facebook sampai youtube. Kian anda memaksimalkan pemasaran maka akan kian maksimum hasil yang dapat anda raih.

7. Pemilihan Waktu Yang Tepat Untuk Upload Video

Sebelum membuat video marketing untuk bisnis online pasti anda juga telah memperhatikan kapan waktu maksimal dari perilaku target anda di social media. Walaupun mempunyai video yang telah berkualitas namun tidak memperhatikan saat yang tepat untuk upload maka anda juga tak akan mendapatkan hasil yang maksimum dari karya anda itu. Anda perlu menyesuaikan kapan waktu follower anda sedang banyak yang online dengan seperti itu akan kian meningkatkan kesempatan untuk video anda banyak ditonton oleh calon konsumen anda itu.

Kesimpulan

Membuat video marketing untuk bisnis online memang harus memerlukan panduan yang lengkap supaya dalam pembuatannya bisa maksimum guna mendapatkan hasil penjualan yang lebih banyak. Tetapi untuk kawan-kawan yang belum paham cara membuat konten video marketing yang baik dapat menghubungi kami sebagai jasa pembuatan video dan digital marketing, jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada customer service kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.