Manfaat Digital Marketing-Sudah tidak kita ragukan lagi bisnis membutuhkan tenaga marketing untuk memasarkan produk dan mendatangkan keuntungan serta mempertahankan kelangsungan bisnis, bisa dibilang marketing menjadi tumpuan utama seoran pebisnis untuk menjual dan memasrakan usaha dan produknya. Marketing yang kita tahu adalah konvensional yang umumnya mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung tatap muka dan transaksi yang terjadi dilapangan atau disebutnya marketing konvensional.

manfaat digital marketing untuk bisnis 5 Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda
5 Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda 2

Namun saat ini manusia memanfaatkan teknologi dan dunia digital dalam melakukan marketing, salah satu yang kita kenal adalah digital marketing. Digital marketing adalah konsep memasarkan sebuah jasa ataupun produk melalui teknologi khususnya digital. Dengan begitu tidak memerlukan lagi dalam melakukan transaksi melalui tatap muka, semua bisa dilakukan secara online.

Artikel kali ini kita akan membahas manfaat digital marketing untuk Kesuksesan Bisnis Anda mari kita simak:

1. Terhubung ke konsumen dengan gampang

Kenapa digital marketing itu penting, alasan utamanya ialah untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai jika dilayani dengan bagus dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga bila perusahaan mengeluarkan produk baru, dapat melakukan promosi secara langsung terhadap konsumen.

2. Mampu melacak perilaku konsumen

Digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, dari sinilah Anda dapat melihat apa yang sedang trending dan paling diperlukan oleh pelanggan. Untuk mendeteksi bagaimana perilaku konsumen itu, perusahaan bisa memakai fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Keberadaan AI ini memang mempunyai kelebihan dalam mengolah data konsumen dalam jumlah besar sehingga dapat membuat tren pasar baru. Bahkan data dari Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey menyebutkan bila 57% perusahaan memakai AI untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen mereka. Dengan begitu, keberadaan AI bisa meningkatkan penjualan dari produk yang diajukan perusahaan sampai berkisar 44%.

3. Memperluas pangsa pasar

Tujuan utama dari marketing ialah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Jika konsumen ini tertarik dengan produk yang diajukan, maka akan laris manis dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau konvensional mungkin saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Bakal lebih baik lagi jika Anda memakai digital marketing, baik itu melalui website perusahaan, social media sampai melalui e-mail marketing. Jangkauannya pun sangat luas. Anda tidak cuma menjangkau di daerah-daerah sekitar atau dalam negeri saja, bahkan bisa memperluas pangsa pasar di semua dunia. Tetapi harus diingat, dalam memperluas pangsa pasar melalui digital marketing disarankan Anda harus membuat konten menarik dan tidak membosankan calon konsumen.

4. Menekan biaya marketing konvensional

Penelitian yang dilakukan oleh eMarketer di tahun 2016 lalu menjelaskan bahwa biaya digital marketing melampaui jumlah iklan yang terdapat di televisi. Memang, sebelumnya televisi diketahui sebagai media paling efektif untuk melakukan promosi produk dari sebuah perusahaan. Selain itu, terdapat juga media seperti koran, majalah sampai reklame yang juga efektif. Akan tetapi ketika kita melihat kembali biaya yang dikeluarkan untuk marketing tadi lebih mahal dan lebih makan waktu dibanding dengan digital marketing. Anda perlu membayar pajak yang tentu tak sedikit dan perizinan yang cukup rumit. Lain halnya jika memakai digital marketing yang dinilai tidak mengeluarkan biaya besar tetapi hasilnya sangat efektif. Misalnya saja Anda bisa menggandeng agency untuk memasarkan produk perusahaan di ranah digital.

5. Kian Kompetitif di Era Digital

Memakai digital marketing juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Salah satunya merupakan perusahaan akan dipandang kian kompetitif dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini. Dengan seperti itu citra perusahaan pun kian meningkat, malahan dapat saja jadi kunci kesuksesan dalam melakukan kerjasama-kerjasama dengan perusahaan atau mitra bisnis Anda di masa mendatang.

Itulah beberapa manfaat digital marketing untuk kesuksesan bisnis anda, tidak dapat dipungkiri dunia digital saat ini mempercepat terjadinya proses marketing, inilah juga yang menjadi alasan kenapa anda perlu menerapkan digital marketing pada bisnis anda kedepannya, bagi anda yang masih bingung untuk menerapkan digital marketing pada bisnis, tak usah khawatir sebab kami menyediakan jasa digital marketing yang dapat membantu meingkatkan bisnis anda, untuk mempelajari lebih lanjut silahkan hubungi customer service kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.