Sosial Media Marketing Dan 5 Manfaatnya Untuk Bisnis

Sosial Media Marketing
DAFTAR ISI

Sosial Media Marketing – Era teknologi dan informasi saat ini sangat memudahkan bagi banyak orang dalam besosialisasi tanpa harus tatap muka, seperti yang kita ketahui platform penyedia sosial media sudah sangat banyak dan hampir seluruh orang sekarang ini telah menggunakannya, diantaranya yaitu facebook, instagram, twitter, tiktok dan lain sebagainya.

Berkat dengan adanya sosial media semakin memudahkan aktivitas orang-orang dalam berbagi informasi salah satunya juga untuk kepentingan pesamasaran, atau biasa disebut sosial media marketing yaitu memasarkan dan melakukan kegiatan marketing melalui sosial media.

Nah pada artikel kali ini kami telah merangkum data dari databooks menegenai pengguna aktif sosial media di berbagai platform silahkan di simak.

Jenis-jenis Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

1. Facebook

Pengguna Aktif : 2,89 miliar pertahun 2022

Kelompok Usia: 18-45+ ​​tahun

Facebook merupakan media sosial yang hampir semua orang didunia sudah memakainya dan tidak lain juga dipakai oleh berbagai elemen masyrakat dalam bersosialisasi tidak tertinggal juga Industri hiburan, fashion, real estate, berita, kesehatan, olahraga.

Jadi tidak ada alasan bila anda tidak melakukan marketing di facebook, saat ini facebook juga sudah memudahkan orang-orang untuk melakukan marketing dengan menyediakan fitur Facebook ads.

2. Twitter

Pengguna Aktif: 215 Juta per tahun 2022

Kelompok Usia: 18-45

Sekarang ini twitter juga jadi raksasa dalam media sosial sesudah perusahaan facebook, Twitter memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pendapat Anda dalam 280 karakter. Diketahui sebagai perintis Penggunaan hashtag.

Twitter ialah platform sosial media bagi Pengguna untuk berbagi pemikiran, menjangkau merek dan artis, serta mengonsumsi berita dan cuplikan informasi. Merek terutama memakai Twitter untuk layanan pelanggan sebab itu merupakan platform yang biasa dipakai pelanggan untuk interaksi merek yang tepat waktu.

Baca Juga:  5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online

3. LinkedIn

Pengguna Aktif: 206 Juta per tahun 2022

Kelompok Usia: 25-45 tahun

Linkedin hadir dengan menawarkan media sosial bagi para professional, perusahaan, dan orang yang mau membangun image perusahaan yang baik.

Bagi individu, LinkedIn ialah platform yang baik untuk menampilkan skill dan menjadikan pribadi mereka sebagai pemimpin di akun mereka. Merek atau Brand bisa memakai halaman perusahaan LinkedIn seperti halaman Facebook sambil menjaga nadanya tetap profesional.

4. Instagram

Pengguna Aktif: 2 miliar per tahun 2022

Kelompok Usia: 18-35 Tahun

Instagram ialah platform visual berbasis seluler yang memungkinkan Anda berbagi gambar dan video. Kepopuleran Instagram sudah meningkat pada beberapa tahun terakhir dan diprediksi akan tumbuh lebih besar sebab konsumen terus menyenangi video vertikal, video langsung, dan cerita.

Instagram meluncurkan platform video vertikal yang disebut IGTV yang memungkinkan Anda untuk berbagi video dengan rentang waktu lebih dari satu menit. Bila Anda menjual produk fisik, maka Anda perlu mencoba Belanja di Instagram. Ini merupakan fitur hebat yang diklaim oleh banyak ahli sebagai masa depan perdagangan sosial.

5. Tiktok

Pengguna Aktif: 1 miliar per tahun 2022

Kelompok Usia: 10-29 Tahun

Mirip dengan Instagram, TikTok bersifat eksklusif untuk seluler. Aplikasi ini, bagaimanapun, terutama berorientasi pada video dan melayani audiens yang jauh lebih muda sehingga pemasar bisa memilihnya untuk secara khusus menargetkan Pengguna generasi muda.

Marketing serta influencer merupakan promosi berbayar yang baru. Oleh sebab itu, tiktok mempunyai potensi yang luar biasa untuk mendorong kampanye viral berbiaya rendah.

Baca Juga:  Mengenal Google Ads serta 5 Manfaatnya Untuk Website Bisnis

6. Youtube

Pengguna Aktif: 2 miliar per tahun 2022

Kelompok Usia: 18-55 Tahun

Paltform terhakir yaitu youtube aplikasi untuk berbagi video satu ini booming sebab dirasa mampu menggantikan televisi dalam memberikan sarana informasi, hiburan bagi masyrakat.

YouTube ialah platform berbagi video online yang memungkinkan Anda melihat, membagikan, dan mengunggah konten video. Pertumbuhan eksponensial pemasaran video sudah mendorong merek untuk membuat berbagai konten iklan video di YouTube secara ekstensif.

Berikut Manfaat Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

1. Menjadi Top of Mind

Kita berada di era di mana ketersediaan informasi menjadi makanan wajib bagi orang-orang setiap harinya. Orang-orang mempunyai FOMO (fear of missing out) atau rasa takut akan tertinggal informasi, dan mereka berusaha keras untuk diperhatikan.

Sosial media marketing memungkinkan merek atau brand mengirimkan konten reguler supaya tetap jadi yang pertama dan sering diingat.

2. Raih Ide Konten Baru

Informasi yang berlebihan, bila dipakai secara bijak, bisa menguntungkan Anda. Dengan bantuan sosial media marketing, Anda dapat memperoleh ide konten baru melalui berita, update, konten kompetitor, dan lain sebagainya.

Brand mengandalkan pemberitaan dan referensi budaya pop untuk membuat konten yang akan disenangi audiens mereka.

3. Membangun Reputasi Online

Sosial media marketing akan membangun reputasi dari bisnis yang anda jalankan, tergantung bagaimana cara anda dalam memberikan informasi.

Pelanggan Anda akan berbicara mengenai apakah Anda berada di sosial media atau tidak. Dalam skenario seperti itu, bersama dengan website dan e-mail, sosial media ialah mode komunikasi tercepat untuk menangani krisis.

Baca Juga:  Pentingnya Content Marketing serta 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Online

4. Kemampuan Iklan Berbayar yang Diperluas

Platform sosial media markerting memungkinkan organisasi menjalankan iklan dengan penargetan yang presisi. Anda bisa mendapatkan segmen audiens yang tepat yang mau membeli produk Anda.

Dengan fitur seperti pemasaran ulang atau retargeting, Anda bisa terhubung kembali dengan visitor website sebelumnya atau mengaktifkan kembali basis Pengguna yang tidak aktif.

Fitur audiens yang mirip memungkinkan Anda mendapatkan segmen audiens baru yang mempunyai karakteristik mirip dengan pelanggan Anda yang ada.

5. Media Promosi/ Marketing yang Efektif

Sosial media marketing merupkan solusi bagi anda yang ingin melakukan marketing namun dengan biaya yang rendah. Bertepatan dengan itu, iklan perolehan prospek sudah terbukti jadi cara yang ampuh untuk mencari prospek baru.

Saat perdagangan sosial jadi lebih menonjol di masa depan, sosial media akan memperkuat posisinya sebagai aliran penghasilan yang efektif.

Kesimpulan

Nah berdasarkan penjelasan mengenai jenis-jenis sosial media marketing dan manfaatnya untuk bisnis Anda, sudah kita ketahui bahwa sosial media marketing memiliki banyak pengguna aktif setiap tahunnya dan ini menjadi indikator untuk Anda para pelaku bisnis untuk melakukan marketing di sosial media kedepannya.

Namun bagi Anda yang masih kesulitan dalam melakukan kegiatan sosial media marketing Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda pada kami sebagai penyedia Jasa Digital Markerting Makassar kami bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis di berbagai media sosial saat ini untuk meningkatkan marketing dan produk Anda.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat