Membuat Optional
DAFTAR ISI

Ada masanya kita ingin memberikan beberapa pilihan bagi pengunjung waktu mereka mengisikan formulir. Di HTML, ada beberapa macam cara untuk menampilkan optional. Dan kita akan membahasnya disini. Jadi, kode-kode ini harus diletakkan di dalam blok form yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Dan inilah beberapa cara untuk menampilkan pilihan kepada pengunjung :

RADIO BUTTON

Radio Button adalah pilihan berbentuk bulatan dimana pengunjung harus memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada. Misalnya untuk toko garmen, pilihan ini bisa dipakai untuk memilih ukuran pakaian yang diinginkanContohnya seperti ini :

<p>Ukuran:<br/>
<input type="radio" name="ukuran" value="S"/> S<br/>
<input type="radio" name="ukuran" value="M"/> M<br/>
<input type="radio" name="ukuran" value="L"/> L</p>

Kode diatas, akan menghasilkan seperti ini: Ukuran: S M L Mudah sekali bukan? Nah, kita coba lagi optional yang lain yaitu

CHECKBOX

Prinsipnya hampir sama dengan radio button, hanya di pilihan ini, pengunjung bisa memilih lebih dari 1 pilihan. Biasanya dipakai di form subscribe yang memiliki lebih dari 1 berita. Ayo, kita langsung lihat contohnya:

<p>Info yang diinginkan (bisa lebih dari satu):<br/>
<input type="checkbox" name="info" value="bisnis"/> Bisnis<br/>
<input type="checkbox" name="info" value="marketing"/> Marketing<br/>
<input type="checkbox" name="info" value="blogging"/> Blogging</p>

Kode diatas, akan menghasilkan optional seperti ini: Info yang diinginkan (bisa lebih dari satu): Bisnis Marketing Blogging Sangat mudah bukan? Masih ada 2 cara lagi untuk menentukan pilihan. Yang dua ini kita pakai jika pilihannya cukup banyak. Mungkin pilihan nama provinsi atau pilihan yang lainnya. Yang jelas, jika pilihan itu kita tampilkan semua sebagaimana contoh diatas, tentunya akan sangat memakan tempat. Insya Allah kita bahas di artikel mendatang 🙂

Baca Juga:  Squirrel, Aplikasi Chatting Buatan Yahoo ini Siap Jadi Kompetitor WhatsApp

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat