Berkenalan dengan Delphi, yang Manjur untuk Segala Aplikasi

pengetahuan dasar programmer

Dalam kesempatan saat ini kita akan mengulas Pengertian dan Sejarah Delphi. Pertama kita akan mengulas Pengertian Delphi.

Deplhi merupakan IDE Compiler dengan bahasa pemrograman Pascal, adalah sebagai pengembangan perangkat lunak untuk membuat suatu aplikasi program.

Pascal merupakan suatu bahasa pemrograman sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman pada komputer.

Tujuan dari IDE(Integrated Development Environment) sendiri ialah untuk menyediakan utilias yang dipakai untuk pembuatan perangkat lunak.

Sedangkan compiler merupakan program komputer yang dipakai untuk menerjemahkan suatu program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu jadi program yang ditulis dengan bahasa pemrograman lainnya.

Fungsi Delphi

1. Dipakai untuk membuat sebuah aplikasi windows
2. Dipakai untuk merancang sebuah aplikasi program berbasis grafis
3. Dipakai untuk membuat sebuah program berbasis jaringan (client/server)
4. Dipakai untuk merancang sebuah program .Net (berbasis internet)
– Pada Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
– Pada Delphi versi 2 (berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
– Pada Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
– Perkembangan berikutnya disertai dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
– Versi terbaru dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur .net dengan tambahan file XML

Kekurangan Delphi:

Akses yang terdapat di platform dan library pihak ke-3 memerlukan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman pascal. Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya susah didapati dalam bahasa pascal (misalnya akses COM dan Win32)
Kelebihan Delphi:

IDE (Integrated Development Environment) adalah salah satu dari keunggulan delphi, sebab terdapat menu–menu yang memudahkan kita dalam membuatan suatu proyek program.

Proses Kompilasinya cepat, di waktu aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka dengan otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

Mudah dipakai, source kode delphi ialah turunan dari pascal, sehingga tidak dibutuhkan suatu penyesuain lagi.

Bersifat multi purphose, artinya bahasa pemograman Delphi bisa dipakai untuk mengembangkan berbagai kebutuhan pengembangan aplikasi.

Demikian artikel mengenai Pengertian dan Sejarah Delphi. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Langsung bagikan artikel ini kepada teman kamu di media sosial dengan tekan tombol share on di bawah dan jangan sampai lupa berikan komentar kamu


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *