Bekerja dengan Frame
DAFTAR ISI

HTML memungkinkan kita untuk memasukkan halaman web lain ke dalam website kita sendiri. Web itu akan dimasukkan pada sebuah frame. Dalam HTML ada dua macam frame yaitu frameset dan iframe. Insya Allah kita akan bahas keduanya pada artikel ini.

FRAMESET

Tag Frameset kita gunakan jika kita cuma mau membagi web jadi beberapa bagian saja. Contohnya kita mau sebuah web dimana kolom sebelah kiri berisi deretan link navigasi dan sebelah kanan ialah halaman isinya (misalnya internet banking BCA). Bagaimana cara membuatnya?

Kita harus membuat sebuah file HTML yang kita pakai sebagai wadah seluruh halaman yang mau kita tampilkan. Bila kita mau membuat sebuah halaman dengan 2 kolom, maka berarti minimal ada 3 file yang perlu kita sediakan:

  1. File Frameset
  2. File pengisi frame kiri
  3. File pengisi frame kanan

Sebagai contoh, kita mau membuat sebuah halaman untuk memasarkan produk affiliasi cafebisnis.com. Di sebelah kanan ialah frame berisi informasi singkat dari kita dan penawaran spesial kita. Sebelah kiri ialah halaman cafebisnis. Ayo kita buat

Pertama, buat dulu file frameset.html Isinya semacam ini:

<frameset cols="25%,75%">
   <frame src="informasi.html" />
   <frame src="http://cafebisnis.com/?reg=admin" />
</frameset> 

Saya jelaskan dulu ya. Baris pertama ialah tag frameset yang dilengkapi atribut cols. Atribut ini untuk mengatur lebar kolom-kolom frame nanti. Pada contoh diatas saya buat kolom kiri 25% dan kolom kanan 75%.

Baca Juga:  Salam Browser, Peramban Web Yang Di Klaim Aman Dan Halal Untuk Umat Muslim

Sesudah terdefinisi, kita tinggal menunjukkan file-file apa saja yang mau kita masukkan dalam frame. Baris kedua berguna memasukkan file informasi.html ke dalam frame kiri. Lalu di baris ketiga kita definisikan frame sebelah kanan berisi URL affiliasi dari cafebisnis.

Sampai sini, bila kamu membuka file frameset.html itu, maka akan timbul error di kolom kiri dan web cafebisnis di kolom kanan. Mengapa error? Sebab kita belum membuat file informasi.html kan? Jadi, ayo kita buat sekarang.

File informasi.html bisa berisi apa saja, contohnya informasi dari kamu perihal web cafebisnis. Ayo kita isi file informasi.html dengan artikel singkat berikut:

<p>Di sebelah kanan halaman ini merupakan web cafebisnis, 
tempat dimana kita dapat belajar banyak soal WordPress
dan bagaimana menghasilkan uang memakai blog</p>
<p>Untuk mendaftar, silahkan klik menu registrasi
dan ikuti saja petunjuknya</p>

Nah, selesai deh. Sekarang dapat kamu cek frameset.html dan akan terlihat isi file informasi.html berada di kolom kiri dan web cafebisnis di kolom kanan. Untuk tutorial iframe, kita bahas pada artikel mendatang saja ya? Oke, sampai jumpa lagi.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Infanthree Digital Administrator
Infanthree Digital Administrator
Website, Mobile Apps, IoT, Digital Marketing Agency, IT Konsultan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat