5 Tips dan Trik Bisnis Digital serta Cara Mengembangkannya

bisnis digital
DAFTAR ISI
Tips trick bisnis digital 5 Tips dan Trik Bisnis Digital serta Cara Mengembangkannya
5 Tips dan Trik Bisnis Digital serta Cara Mengembangkannya 2

Bisnis Digital – Berbisnis didunia digital atau online bisnis sedang marak ahkir-ahkir ini apalagi di masa pandemi sekarang ini, pertumbuhan bisnis online sangat cepat perkembangannya. Berdasarkan survei McKinsey, 2 dari 3 customer sudah mencoba metode berbelanja baru. 65% akan terus memakai metode belanja tersebut.

Kebanyakan customer juga berbelanja melalui smartphone mereka. Artinya, bisnis digital harus bisa menyuguhkan pengalaman belanja yang mulus, menyeluruh, dan mudah dilakukan lewat smartphone, dan hal ini sudah kami jelaskan sebelumnya pada artikel kami yang berjudul 6 alasan kenapa wajib bagi bisnis Anda untuk go digital.

Nah pembahasan kita di artikel ini guna mengetahui apa saja sih tips dan trik untuk mengembangkan bisnis digital, di artikel ini kita akan membahasnya lebih dalam lagi agar Anda diluar sana dapat mengerti poin-poin apa yang penting diperhatikan untuk kembangkan bisnis digital. 

Tips & Trik Kembangkan Bisnis Digital

1. Branding

Membangun sebuah brand merupakan cara mengembangkan bisnis digital yang sangat penting. Branding usaha anda agar dikenal luas oleh publik dengan menentukan nama, merek atau logo bisnis. Ciptakan brand produk atau jasa yang mudah diingat oleh pelanggan.

Ketika anda bisa berkonsultasi dengan tenaga pakar untuk menciptakan merek atau logo yang sesuai dengan identitas bisnis dan usaha Anda.

2. Web Development

Setelah melakukan Branding hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah web development ialah sekumpulan halaman yang dikemas secara menarik dengan memberikan beraneka berita berupa data teks, data kartun, gambar diam atau bergerak, video atau bahkan kombinasi dari seluruhnya.

Baca Juga:  Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda

Kumpulan hal-hal tersebut dijadikan satu dengan teknik hyperlink. Web development adalah suatu teknologi pengembangan bisnis digital atau biasa disebut internet agar bisnis atau usaha anda lebih mudah dijangkau oleh customer dan juga menjadikan usaha anda lebih professional dan terpercaya.

3. Memanfaatkan Sosial Media

Bisnis digital tidak lepas dengan perubahan pola hidup masyarakat millenial termasuk dalam urusan jual beli. Orang tidak lagi tertarik mengunjungi toko fisik karena keterbatasan waktu atau ingin hemat ongkos apalagi ditambah kondisi pandemi covid-19.

Saat ini belanja online datang sebagai solusi guna memenuhi kebutuhan kaum millenial, anda wajib menerapkan cara mengembangkan bisnis era digital dengan media sosial. Media sosial merupakan media paling ampuh untuk menarik minat belanja orang-orang pada produk yang anda tawarkan.

Sebelum membuat sebuah akun media sosial di facebook, instagram, tiktok dan lain sebagainya, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih terdahulu mengenai website atau media sosial kompetitor lain. Pastikan Anda menciptakan tampilan media sosial yang bermutu dan bisa memenuhi ekspektasi para calon customer Anda.

4. Up To Date Dalam Membuat Konten

Dalam berbisnis di dunia digital anda harus senantiasa up to date mengenai konten apa yang sedang disenangi atau digemari oleh para calon customer anda. Dengan mengetahui konten serta cara menggunakan trik marketing baik hard selling ataupun soft selling, anda bisa mendapat calon customer yang potensial kedepannya.

Baca Juga:  5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya

Konten tersebut bisa berupa artikel, video tutorial, foto dan lain-lain. Anda disarankan menciptakan desain promosi mengenai produk-produk bisnis yang sesuai dengan identitas perusahaan.

Pastikan pemilihan warna, font dan gambar tetap menampilkan originalitas dari produk atau bisnis anda. Konten yang menarik akan mengoptimalkan omzet produk anda dan memudahkan tampil di halaman pertama situs pencarian internet.

5. Hospitality atau Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction)

Hal terahkir yang perlu anda perhatikan dalam mengembangkan bisnis di dunia digial adalah Hospitality yaitu sebuah sikap atau pelakukan yang diberikan oleh orang lain, atau sederhananya adalah hubungan antara anda (seller) kepada buyer (customer), yang mana perlakuan dan peramah tamahan adalah hakikatnya.

Secara definisi atau konsep  kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana keperluan, keinginan dan harapan dari customer dapat terpenuhi, yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut.

Pada intinya adalah anda diharapkan bisa memberikan pelayanan yang paling baik kepada seluruh calon customer anda agar mereka merasa  nyaman, puas dan ingin berlangganan di bisnis atau usaha anda untuk jangka panjang.

Kesimpulan Tips & Trik Kembangkan Bisnis Di Dunia Digital

Berdasarkan pembahasan diatas semoga Anda para penggiat bisnis diluar sana sudah sedikit mengerti bagaimana kiat untuk terus bersaing dalam memasarkan dan mencari keuntungan di pasar online atau dunia digital sekarang ini.

Baca Juga:  10 Tren Ide Bisnis Yang Mendatangkan Keuntungan Tahun 2022

Kiranya teman-teman membutuhkan jasa untuk mengembangkan usaha di dalam dunia digital bisa langsung kami akan selalu terbuka dan mendengarkan permintaan dan keperluan Anda dalam membangun bisnis di dunia digital.

Oleh karena itu Anda bisa menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar, kami telah membantu puluhan bisnis untuk mampu bersaing di dalam dunia digital dengan menggunakan tools seperti google ads, facebook ads, dan website development.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat