Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist

Content Writer
DAFTAR ISI

Content Writer – Sekarang ini dunia digital marketing sudah sangat tumbuh pesat dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan usaha/ bisnis maupun kemampuan Anda sebagai seorang specialist dibidang digital marketing, menjadi seorang “digital marketer” (sebutan bagi orang yang melakukan kegiatan marketing di dalam dunia digital) saat ini sudah menjadi profesi yang paling banyak dibuka dihampir setiap perusahaan berkembang terlebih lagi startup sangat memerlukan andil dari digital marketer.

Jadi seorang digital marketer pastinya memiliki banyak challenge (tantangan) lantaran mereka harus terus mengikuti trends terkini metode peiklanan yang sedang hangat atau yang lagi viral, mereka diharapkan sanggup menuangkan sebuah ide hingga nantinya jadi sebuah strategi marketing terhadap perusahaan yang sedang mereka iklankan maupun produk yang mereka branding supaya bisa bersaing dan dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar di pasar dunia digital.

Namun tahukah Anda ada peranan vital dalam dunia digital marketing yang sangat berperan penting dalam berhasil atau tidaknya sebuah metode ataupun strategi dari digital marketing, peranan tersebut adalah content writer specialist, bagi anda yang belum tahu terkait apa dan siapa yang dimakud dengan content writer specialist pada artikel kali ini kami akan membahasnya lebih dalam, terus disimak yah.

Mengenal Content Writer

Mengenal Content Writer Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist
Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist 3

Content writer yakni pembuat konten tulisan seperti artikel pada media online. Seorang penulis konten pada umumnya menulis untuk keperluan perusahaan. Profesi ini tergolong kedalam bagian dari digital marketing. Intinya sebagai content writer tujuanya yakni untuk memasarkan atau memperkenalkan perusahaan maupun produk/ jasa kepada audiens lewat media online. Akan tetapi menjadi penulis konten tidak selalu bertujuan untuk marketing. Profesi ini juga bisa jadi profesi utama untuk platform pemberitaan atau informasi yang berbasis internet.

Setelah mengenal apa itu content writer dan bagaimana pekerjaanya, pastinya anda ingin tahu bagiamana sih cara untuk menjadi seorang content writer yang handal dalam hal ini jadi content writer specialist, olehnya itu kami akan memberikan anda sedikit tips dan trik bagaimana kiat untuk bisa menjadi seorang content writer specialist supaya anda dapat mengembangkan produk dan brand maupun perusahaan yang sedang anda kelola saat ini, silahkan disimak.

Baca Juga:  Tips Dan Trik SEO Friendly Untuk Tingkatkan Peringkat Website

Tips dan Trik Menjadi Content Writer Specialist

Tips dan trik menjadi content writer specialist Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist
Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist 4

Sebagai seorang penulis konten, tentu anda harus menciptakan sebuah tulisan yang menarik dan juga enak dibaca oleh para audiens. Bukan hanya menarik dan enak dibaca, akan tetapi isi tulisan juga haruslah memenuhi kebutuhan dari para audiens. Jika tulisan Anda menarik, enak dibaca, dan memenuhi kebutuhan audiens, barulah Anda dapat menjadi seorang content writer yang handal. Nah berikut kami merangkum beberapa tips dan trik untuk menjai seorang content writer specialist, silahkan disimak.

1. Rajin Membaca

Cara atau tips pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin membaca. Jika Anda ingin menjadi seorang penulis novel, konten, naskah, copy, atau penulisan lainnya, Anda harus rajin membaca. Melalui membaca, Anda dapat memperkaya wawasan tentang apapun baik kosakata dan informasi. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat belajar bagaimana cara berbicara lewat tulisan kepada audiens.

Membaca artikel yang bermutu tinggi dapat membantu Anda untuk memahami alur dalam menciptakan artikel. Selain itu, Anda juga dapat belajar bagaimana menciptakan sebuah tulisan yang kompleks dan menarik. Tanpa membaca, Anda akan sulit untuk mengetahui bagaimana cara menulis yang baik, oleh karena itu Anda sebelumnya harus memahami bagaimana para penulis sukses dalam menulis konten.

2. Buatlah Tulisan yang Berbeda

Jikalau Anda membuka internet dan mencari sebuah informasi, maka Anda bakalan menemukan berbagai artikel yang berisikan tulisan yang sama. Bahkan, tidak sedikit artikel yang dibuat dengan copy-paste dari artikel lainnya. Selaku seorang penulis konten, Anda tentu mesti menghasilkan tulisan yang bermutu dan tentunya berbeda dengan tulisan lainnya. Agar tulisan Anda dapat  menjadi opsi pertama para audiens. Tidak masalah jikalau Anda menulis topik yang sama, jika memang itulah yang menjadi keperluan dan keinginan dari audiens. Akan tetapi, akan terasa lebih berkualitas jikalau anda menulis dari sudut pandang berbeda dari yang lain.

3. Perbuat Riset untuk Tulisan Bermutu

Berikutnya yang dapat dilakukan adalah senantiasa melakukan riset untuk setiap tulisan yang dibuat. Apapun bentuk tulisan tersebut, Anda tetap harus melakukan riset agar isi dari tulisan Anda bermutu. Selaku seorang penulis konten, Anda bakalan kerap dituntut untuk dapat memenuhi deadline yang padat dan juga minim dari kesalahan. Oleh karena hal tersebut, penting bagi Anda untuk melakukan riset.

Baca Juga:  Mengenal 6 Jenis Backlink Serta Manfaatnya Untuk Website

Dengan melakukan riset secara menyeluruh, Anda dapat mengetahui informasi apa aja yang penting berkaitan dengan topik Anda. Informasi dan data-data tersebut nantinya dapat Anda manfaatkan untuk artikel agar lebih bermutu lagi. Anda dapat memulai riset dari kompetitor serta mencari informasi di situs yang terpercaya.

4. Buatlah Outline

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang sebaiknya dilakukan sebelum menulis adalah menciptakan outline dari tulisan yang bakalan dibuat. Hambatan dan kendala yang selalu terjadi kepada seorang content writer sepecialist yakni kehabisan ide. Menciptakan outline akan sangat membantu Anda dalam menulis. Letakkan semua hasil riset dan ide ke dalam sebuah outline yang tersusun dalam sebuah alur.

Tulislah pertanyaan ataupun sesuatu yang ingin Anda bicarakan pada masing-masing bagian. Pikirkan juga apa yang pembaca ingin tahu atau butuhkan dari tulisan Anda ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda jawab dengan menjabarkan dalam beberapa subjudul. Dengan begitu, tulisan Anda akan lebih berkualitas dan tentunya lengkap serta cocok dengan sasaran dan kebutuhan audiens.

5. Latihan Menulis menjadi Content Writer

Agar tulisan Anda semakin baik, tentunya Anda harus terus berlatih menulis untuk menjadi seorang content writer yang profesional. Teruslah menulis banyak tulisan sembari Anda terus membaca tulisan lain. Dengan begitu, Anda dapat melatih alur berpikir dan juga kerangka berpikir agar dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens Anda.

6. Tingkatkan Skill

Saat ini, keperluan terhadap content writer sangat tinggi. Banyak pihak yang membutuhkan content writer untuk membantu mereka dalam pemasaran digital. Anda dapat menaikkan skill dengan mengikuti berbagai training atau belajar secara mandiri. Ada begitu banyak training online dan juga buku-buku untuk menaikkan skill sebagai seorang content writer dalam content marketing.

Kamu bisa mempelajari menciptakan artikel menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk penulisan blog situs web perusahaan agar dapat menempati peringkat pertama SERP. Banyak sekali tools yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan artikel SEO. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari teknik copywriting yang baik untuk mempromosikan perusahaan dan produk serta jasa.

Baca Juga:  8 Tools SEO Gratis Untuk Mendatangkan Traffic Pada Website

7. Mencari Inspirasi dan Ide-Ide Baru

Inspirasi adalah salah satu aset penting dari seorang penulis, karena memang dari inspirasi akan membuat penulisan akan terus mengalir, menarik, informatif, dan bermanfaat. Seringkali seorang penulis menjumpai kebuntuan ide sehingga saat ingin menulis sesuatu akan mengalami kesulitan dan tersendat. Hal ini diakibatkan karena benak sudah mulai jenuh, untuk mengatasinya Anda bisa rehat sejenak, olahraga, mendengarkan musik relaxasi dan lain sebagainya. Dengan seperti itu pikiran bakalan fresh kembali dan siap untuk bekerja menyalurkan karya-karya yang berkulitas.

8. Buatlah Portofolio Content Writer

Terakhir, tips yang dapat dan harus diperbuat untuk mendalami profesi sebagai seorang content writer adalah menciptakan portofolio penulis konten yang baik. Klien atau perekrut akan mempercayai kemampuan Anda sebagai content writer dengan melihat tulisaan-tulisan yang pernah Anda buat. Oleh karena hal tersebut, menciptakan portofolio menarik tentang semua tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya merupakan hal yang penting.

Anda bisa menciptakan portofolio digital menyerupai website/ blog pribadi atau dengan menyusunnya dalam satu file. Selain website/ blog pribadi, Anda juga dapat membangun citra diri Anda sebagai penulis konten dengan mengoptimalkan profil profesional pada media sosial.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas terkait Tips dan Trik Jadi Content Writer Specialist pastinya sudah memberikan Anda sedikit gambaran bagaimana cara supaya bisa menjadi penulis konten yang ahli dan expert di bidangnya, Anda dapat menerapkan cara-cara yang sudah kami jabarkan diatas, bagi Anda yang tertarik jadi seorang content writer dapat mulai belajar dari sekarang, karena ada begitu banyak materi yang tersedia di internet seperti youtube dan lainya.

Namun bagi Anda pemilik bisnis yang berniat untuk mengembangkan usahanya dapat menghubungi kami selaku penyedia Jasa Digital Marketing Makassar, kami bisa membantu Anda untuk mengembangkan usaha di dalam dunia digital marketing dan memperluas jaringan bisnis Anda lewat berbagai media online saat ini.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat