Programming Roadmap: Dasar-dasar Front End Development

DAFTAR ISI

Front-end Development, atau pengembangan sisi klien, melibatkan pembangunan User Interface (UI) dari sebuah situs web atau aplikasi web, yang menentukan bagaimana setiap bagian dari situs web akan terlihat dan bagaimana cara kerjanya. UI mencakup bagian visual dari aplikasi dan interaksi pengguna. Apa pun yang Anda lihat ketika Anda mengunjungi situs web – berbagai jenis tombol dan komponen UI lainnya, media, teks, formulir, animasi, dll. Semuanya dikembangkan sebagai bagian dari front-end. Silakan lihat juga detail tentang apa itu markdown di sini.

Pengembang Front-End adalah jenis Insinyur Perangkat Lunak yang bekerja pada pengembangan front-end. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mengembangkan UI, tetapi mereka juga memastikan keseimbangan antara desain dan fungsionalitas serta memastikan kecepatan dan skalabilitas. Mereka juga memastikan bahwa situs web dimuat dengan benar di semua browser (cross-browser), pada sistem operasi yang berbeda (cross-platform), dan pada perangkat yang berbeda seperti ponsel, tablet, dan layar komputer (cross-device).

Jika Anda serius ingin menjadi Front End Developer, Anda dapat mulai dengan mendaftar Kursus Front End Online.

Tools & Teknologi

Alat dan teknologi yang digunakan untuk mengembangkan front-end situs web terus berubah. Banyaknya alat dan kerangka kerja front-end ini sering membingungkan para pemula yang mencoba melangkah ke front end karena mereka tidak yakin apa yang perlu mereka pelajari. Jika Anda ingin menjadi Front-End Developer dan tidak tahu harus mulai dari mana, ini adalah tempat yang tepat untuk Anda. Dalam artikel ini, kita akan melihat alat, teknologi, kerangka kerja, dan bahasa pemrograman apa yang perlu Anda pelajari. Kami akan membahas roadmap Front End Developer. Anda mungkin juga akan tertarik untuk membaca tentang alasan utama untuk menjadi full stack developer artikel

Baca Juga:  Cara Install XAMPP di Windows dan Linux

Perhatikan bahwa roadmap front end development yang disajikan dalam artikel ini bukan satu-satunya cara untuk menjadi Front End Developer. Ini hanyalah panduan bagi mereka yang ingin mulai belajar Front End Development.

Fundamental Front End Development

Untuk melangkah ke Front End Development, keterampilan paling penting yang harus Anda miliki adalah HTML, CSS, dan JavaScript. Keterampilan ini adalah keterampilan minimal untuk memulai dengan Front-End Development. Perhatikan bahwa pengembangan web front-end tidak hanya terbatas pada tiga keterampilan ini, ada lebih banyak teknologi yang perlu Anda pelajari untuk unggul sebagai Pengembang Front-End pada tahun 2022.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Arman Amin
Arman Amin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat