Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda

ekonomi digital
DAFTAR ISI

Ekonomi Digital – ialah aktivitas ekonomi yang dihasilkan dari miliaran koneksi online tiap hari di antara orang-orang, bisnis, perangkat, data, dan proses. Tulang punggung ekonomi digital ialah konektifitas yang artinya meningkatnya keterkaitan orang, organisasi, dan mesin yang dihasilkan dari Internet, teknologi seluler, dan internet of things (IoT).

Ekonomi digital mulai terbentuk dan meruntuhkan gagasan konvensional tentang bagaimana bisnis terstruktur, bagaimana perusahaan berinteraksi dan bagaimana konsumen mendapat layanan, informasi, dan barang, dampak dari ekonomi digital ini amat dirasakan oleh pemilik usaha ataupun bisnis.

Hadirnya ekosistem digital dan ekonomi yang telah terbangun dan terkoneksi dengan baik saat ini pastinya akan mempermudah dalam menjalankan roda bisnis ataupun usaha untuk lebih berkembang lagi dan bisa bersaing di zaman digital sekarang ini, Berikut kami paparkan peluang ekonomi digital 2022 yang bisa anda terapkan pada bisnis Anda.

Peluang Ekonomi Digital 2022:

Jasa Pembuatan Website Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda
Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda 2

1. Transportasi

Seperti yang kita ketahui sekarang ini kita dimudahkan oleh aplikasi seperti gojek dan grab. Sebab  dengan adanya aplikasi itu mempermudah kita untuk melakukan mobilitas antara satu tempat ke tempat lain. Serta memudahkan untuk melakukan pembelian barang tanpa perlu ke luar rumah.

Bahkan sekarang ini kedua aplikasi itu menawarkan beberapa jasa lainnya salah satu yang sangat memikat ialah layanan pesan antar makanan. Hal ini membantu UMKM dan juga ojek pangkalan yang umumnya cuma menunggu pelanggan sekarang ini sudah bisa menemukan orderan lewat aplikasi.

Baca Juga:  Hujan Meteor Geminid Kian Subur dan Kuat, Ini Alasannya

2. Kesehatan

Pada saat pandemi sekarang ini kita biasa mendapatkan batasan dalam satu ruang yang sama. Dengan adanya teknologi Mobile Apps dan Layanan Konsultasi Online seperti Halodoc. dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk kalian yang mau melakukan layanan konsultasi kesehatan online bersama dokter.

Diberitakan dari katadata, Indonesia berhasil menempati urutan ketiga secara global dalam pemakaian aplikasi kesehatan. Layanan seperti ini sangat memberi kesempatan untuk para pasien dan dokter agar tidak mengantri di rumah sakit maupun perawatan yang sama. Kemudian untuk berobat pun dapat langsung dikirim tanpa menunggu lama.

3. Finance

Saat ini untuk urusan transaksi tidak kalah bersaing seperti pembahasan yang ada diatas. Kita dapat memanfaatkan M-banking maupun financial services yang lain seperti OVO, Dana, dan Gopay. Laman resmi fitch ratings menerangkan bahwa perkembangan kegiatan online bank yang mengaplikasikan layanan digital banking sekarang ini meningkat sampai 88%.

Karena pemakaian aplikasi tersebut lebih mempermudah transaksi tanpa perlu kita memegang uang kertas sama sekali dan mengurangi adanya tindakan pencurian dan perampasan serta sangat fleksibel dimasa digital saat ini.

Tantangan Ekonomi Digital 2022

1. Persaingan Kian ketat

Banyaknya produk dan target pasar yang sama tentunya akan menjadikan persaingan bisnis saat ini semakin ketat. Sehingga untuk mendapatkan konsumen di zaman digitalisasi sekarang ini, kita juga perlu mementingkan apa yang konsumen harapkan dan butuhkan.

Baca Juga:  Inilah Alasan Traveloka Belum Mau Go Public

Dengan membangun hal seperti itu bisa meningkatkan insight dimana memberikan beberapa info dan konten serta disuguhkan dengan menarik untuk mencuri perhatian konsumen.

2. Pembangunan Sumber Daya Manusia

Pada masa transisi untuk memperkuat ekonomi digital kita tidak hanya sedang bersaing dengan pesaing namun pasokan Sumber Daya Manusia yang terbatas juga dapat jadi penghambat. Mengingat di Indonesia tidak selalu sama rata teknologi serta fasilitas pada tiap daerah.

Ada sejumlah daerah yang memang kurang memadai dalam segi fasilitas karena memang sarana serta prasarananya belum dibangun. Hal ini dapat menjadi penghambat sebagai negara yang sedang berkembang tetapi pembangunan Sumber Daya Manusia yang masih kurang.

3. Cybercrime

Revolusi 4.0 bisa dibilang sebagai tantangan yang sangatlah berat untuk menghadapi tantangan ekonomi digital. Peluang besar seperti Cybercrime sangatlah cepat sebab sekarang ini Indonesia pun mempunyai arus transaksi online yang meningkat tiap tahunnya. Hal ini dapat dijadikan hacker untuk bisa menjebol database sebab memang kejahatan kerap terjadi dan ada dimana-mana atau istilahnya “no system is safe”.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas tentang Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda, pastinya akan mempermudah Anda untuk bersaing dalam menggerakkan bisnis sebab sangatlah banyak peluang yang datang di zaman revolusi industri 4.0 dan sudah memasuki era dunia serba digital sekarang ini.

Baca Juga:  6 Keuntungan Whatsapp Business Bagi Usaha Anda

Sebab itulah Anda sebagai pemilik bisnis harus bersiap pada tahun 2022 ini untuk memanfaatkan segala fasilitas digital yang ada, guna mengembangkan usaha agar dapat bersaing serta bisa maju pada tahun ini, bagi anda yang tertarik untuk membangun bisnis digital dapat menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Pembuatan Website Makassar.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat