DAFTAR ISI

Ahkir-ahkir ini barangkali anda tidak asing dengan NFT atau yang biasa disebut Non Fungible Token (NFT). Belakangan ini NFT mulai ramai diperbincangkan karena salah satu penduduk negara indonesia ‘Ghozali Everyday‘ sanggup meraup keuntungan mencapai miliaran rupiah dengan hanya mengunggah foto selfie wajahnya saja.

Nah pada artikel kali ini kita bakalan mengenal apa itu NFT dan cara kerjanya lebih dalam

cara kerja NFT Mengenal Apa Itu NFT Dan Cara Kerjanya
Mengenal Apa Itu NFT Dan Cara Kerjanya 2

Pengertian NFT atau non-fungible token adalah  aset digital yang mewakili aset di dunia nyata. NFT Ini menyerupai sertifikat digital bagi mereka yang memiliki foto, video atau bentuk virtual lainnya.

NFT adalah semacam token yang tidak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemui di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan selaku sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

Dikutip dari CNN, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipakai untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Sederhananya, apa itu NFT merupakan item yang seperti koleksi fisik, namun bentuknya saja yang berbeda, yakni digital. Selain itu, kamu juga berhak atas hak milik item tersebut, jadi NFT tersebut hanya dapat dimiliki oleh satu orang saja, inilah sebabnya mengapa aset yang diperjualbelikan menggunakan metode NFT memiliki harga yang sangat tinggi bahkan hingga miliaran.

Baca Juga:  Astronot Pertama Terbang Bebas di Angkasa Meninggal Dunia

Cara Kerja NFT

NFT adalah bagian dari teknologi blockchain, sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna dapat saling transfer data secara rahasia, melalui skema enkripsi dalam kriptografi. Skema tersebut bisa mengonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki datanya. Terdapat banyak data dalam blockchain, salah satunya adalah mata uang kripto menyerupai Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya. Nah, bentuk data dalam sistem blockchain tersebut kian berkembang, salah satunya adalah sertifikat digital NFT. Sebagaimana disebut di atas, sertifikat digital pada NFT ini umumnya ditanamkan pada gambar, foto, video, atau karya-karya seni digital lainnya.

Platform Marketplace Penyedia NFT

Berikut kami merangkum beberapa Platform atau marketplace yang sudah menggunakan NFT di antaranya yaitu:

1. Open Sea

Open Sea merupakan suatu peer-to-peer marketplace NFT yang paling besar dan paling pertama di dalam dunia. Platform NFT satu ini menunjang penggunaan token ERC-1155 dan ERC-721. Asset digital yang diperjualbelikan melalui OpenSea di antaranya adalah kartu perdagangan olahraga, foto, video, musik, aset dalam game dan nama domain.

2. Axie Infinity

Axie Infinity ialah sebuah wadah atau platform game berbasis blockchain dan NFT Game pada platform ini memiliki total trading volume lebih dari 2,1 miliar USD pada Dappradar dan berhasil menarik lebih dari 15 ribu pengguna aktif bulanan.

Baca Juga:  Layar Smartphone Ini Bisa Mengobati Diri Sendiri Saat Retak

3. SuperRare

Marketplace NFT Mancanegara satu ini didirikan di 2018 dan dibangun di atas blockchain Ethereum. Melalui SuperRare, pasar kreator atau seniman bisa menampilkan karya eksklusifnya dengan menggunakan realitas virtual dan lengkap dengan fitur interaksi lainnya.

4. Rarible

Rarible merupakan marketplace NFT, dipunya oleh komunitas yang menampilkan berbagai macam karya seni dalam bentuk asset digital dan collectible item. Untuk melakukan jual beli melalui marketplace Rarible bisa dilakukan dengan menggunakan varian wallet crypto, menyerupai MetaMask, MyEtherWallet dan Coinbase Wallet.

5. Nifty Gateway

Platform NFT Nifty Gateway diluncurkan pertama kali di 2018 dan menjadi tenar untuk pembelian game crypto, menyerupai permainan crypto-kitties dan Gods Unchained. Nifty Gateway juga dilengkapi dengan fasilitas transaksi mempergunakan kartu kredit.

Nah Dari deskripsi mengenal apa itu NFT dan cara kerjanya diatas pastinya anda sudah paham kan mengenai apa itu NFT dan cara kerjanya, pada intinya teknologi di dunia digital kedepannya akan sangat meningkat dan berkembang seiring berjalannya waktu mulai banyak terobosan-terobosan terbaru yang dapat memudahkan orang-orang dimasa depan dalam melakukan berbagai aktifitas di dunia digital.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Infanthree Digital Administrator
Infanthree Digital Administrator
Website, Mobile Apps, IoT, Digital Marketing Agency, IT Konsultan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat