Pengertian Machine Learning Cara Kerja Serta Penerapannya

Machine Learning
DAFTAR ISI

Machine Learning – Perkembangan pada era teknologi saat ini menunjang banyak kemudahan dalam segala aktifitas keseharian kita baik dari sosialisasi seperti media sosial dan transaksi jual dan beli seperti marketplace dan e-commerce, ada begitu banyak manfaat yang dapat kita raih dari teknologi saat ini,

Tapi tahukah anda system yang menjalankan berbagai teknologi tersebut sudah dirancang dan buat sedemikian rupa agar dapat memahami berbagai tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya inilah yang disebut dengan machine learning. Machine Learning (ML) yaitu mempelajari sesuatu secara otomatis guna meningkatkan pengalaman tanpa harus diprogram.

Keunggulan lainnya ialah dapat digunakan sebagai analisis data serta pengambilan keputusan. Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya AI yaitu Artificial Intelligence namun artikel kali ini kita tidak akan membahas AI melainkan kita akan membahas Apa itu Machine Learning Serta Bagaimana Cara Kerjanya, baiklah mari kita simak.

Jasa Pembuatan Aplikasi Makassar Pengertian Machine Learning Cara Kerja Serta Penerapannya
Pengertian Machine Learning Cara Kerja Serta Penerapannya 2

Peran Machine Learning

Perannya sendiri sangat banyak membantu manusia di berbagai lini bisnis. Bahkan sekarang ini penerapan machine learning bisa dengan gampang Anda temukan dalam kehidupan setiap hari. Contohnya saat Anda membuka fitur face unlock di smartphone, di saat itu machine learning sedang menjalankan tugasnya.

Pernahkan Anda menjelajah di social media lalu Kamu disajikan oleh beberapa iklan yang cocok dengan kebutuhan Anda saat itu? Iklan-iklan yang dimunculkan juga merupakan hasil pengolahan dari ML yang menampilkan iklan sesuai dengan minat Anda.

Baca Juga:  Constructor didalam Javascript

Cara Kerja Machine Learning

Pada hakikatnya cara kerja machine learning berbeda sesuai dengan teknik atau metode pemerograman yang diterapkan. Tetapi pada hakikatnya prinsip cara kerja mesin masih sama, dimulai dengan pengumpulan data seperti web scraping dan data mining, eksplorasi data, uji validasi model yang sudah ada dengan validation data serta dapat memberikan pelatihan model serta mengevaluasi hasil dari machine learning.

Program ML ini mengikuti cara belajar manusia, yaitu belajar dari contoh dan masalah sebelumnya. sistem ini akan mempelajari pola dari contoh yang telah dianalisis sebelumnya sehingga dapat menentukan jawaban dari pertanyaan selanjutnya. Memang, tidak seluruh masalah bisa diselesaikan dengan program machine learning, tetapi algoritma yang sifatnya kompleks ternyata dapat dipecahkan dengan mudah dengan sistem ML.

Contoh Penerapan Machine Learning:

1. Virtual Assistant

Perangkat smartphone serta laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi Virtual Assistant atau asisten digital yang membantu pengguna dalam mengaplikasikan perangkat.

Virtual Assistant merupakan contoh dari Machine Learning yang bisa diperintah untuk melaksanakan tugas, Anda bisa memberi perintah kepada Virtual Assistant untuk melakukan panggilan, melakukan pencarian di Google, membuka aplikasi, memberi petunjuk arah, dan sebagai operating system.

2. Autonom Car

Contoh selanjutnya ialah autonom car atau mobil otonom yang bisa berkendara dengan otomatis. Mobil ini memang dirancang khusus untuk dapat berkendara sendiri, dia juga diajarkan untuk membaca rambu lalu lintas serta mengetahui arah.

Baca Juga:  Cara Kerja Virtual Assistant Berbasis AI serta 7 Manfaatnya Untuk Bisnis

Tidak cuma itu, mobil ini juga bisa mengetahui keadaan jalanan apakah macet atau tidak dengan memakai sensor yang ditanam di dalam mobil, contoh produsen yang menerapkan sistem ini adalah mobil listrik tesla.

3. Filter Spam

Filter atau penyaringan spam pada e-mail serta website juga memakai teknologi ML. Cara kerja filter spam yaitu dengan memanfaatkan algoritma decision fee yang bisa membedakan pesan yang mengandung spam dan yang tidak.

4. Social Media                                              

Contoh teknologi ML selanjutnya terdapat di social media. Di saat Anda membuka halaman media sosial, akan timbul notifikasi berupa usulan pertemanan, Nah, usulan pertemanan itu dipelajari oleh Machine Learning berdasarkan informasi yang Anda tampilkan, seperti kota tinggal, sekolah, kantor, serta postingan lain yang mempunyai kesamaan dengan teman yang dianjurkan. Melalui Machine Learning, social media juga bisa mengenali wajah pada foto yang diupload.

Kesimpulan

Berdasarkan Penjelasan diatas mengenai Pengertian Machine Learning Cara Kerja Serta Penerapannya pastinya sudah sedikit menggambarkan kepada anda bahwa kemampuan teknologi saat ini sudah hampir menyamai kecerdasan yang ada pada manusia.

Dan ada baiknya anda memanfaatkan teknologi saat ini dalam meningkatkan bisnis serta usaha yang anda jalankan, seperti membuat aplikasi, ataupun website untuk menunjang bisnis anda bersaing diera digital saat ini, bagi anda yang tertarik untuk meningkatkan bisnis dan go digital bisa menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Makassar.

Baca Juga:  Belajar Mengelola Form Isian (Kalkulator PHP)

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat