Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut

DAFTAR ISI

Berita yang berjudul ” Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut” berikut bisa Kamu lihat disini, dan masih banyak informasi teknologi terupdate lainnya.

Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut –  Berkembangnya kemajuan teknologi membuat berbagai aktifitas manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup kian mudah. Salah satunya yang lagi tren saat ini merupakan belanja online.

Online Shopping atau belanja online, ialah aktifitas  pemakai atau konsumen yang mau mencari atau membali barang sesuai dengan kemauan tanpa perlu menyambangi toko penjual. Cukup memakai gadget, pilih barang sesuai kemauan, bayar, dan barang pun sampai ke tangan konsumen.

Tetapi kadang-kadang tidak semua penjual online bisa dipercaya. Tidak jarang kita dengar kasus-kasus penipuan belanja online dimana konsumen telah mentransfer uang tetapi barang yang dipesan tidak kunjung datang. Alih alih bertanggung jawab, pada umumnya penjual malah menghilang dan semua kontak di blok oleh penjual.

Saat sadar jadi korban penipuan belanja online, pada umumnya konsumen akan panik dan bingung harus bagaimana dan melakukan apa.

Nah, untuk berjaga jaga ada sebaiknya kamu mengatahui tahap-tahap yang perlu dilakukan bila kamu atau sanak saudara kamu jadi korban penipuan belanja online.

1. Segera Laporkan Toko/Penjual Ke Situs Pelaporan Secara Online.

Dalam transaksi belanja online, pada umumnya barang akan dikirim begitu transfer dana dari pembeli ke penjual di lakukan. Estimasi pengiriman barang pada umumnya antara 1 – empat hari sampai barang ketangan konsumen, bergantung wilayah pengiriman barang.

Baca Juga:  Air di Planet Mars Raib, Biangnya Ternyata Sistem Spons

Saat kamu merasa telah mentransfer uang, tetapi dalam kurun waktu itu barang belum dikirim ada sebaiknya melakukan konfirmasi ulang ke penjual. Bila penjual tidak ada itikad bagus bagi segera mengirim barang, maka disarankan kamu melaporkan kasus itu ke 3 situs pelaporan online berikut.

  • https://www.lapor.go.id
  • https://www.kredibel.co.id
  • https://www.cekrekening.id

Jelaskan secara lengkap kronologis peristiwa yang kamu alami. sertakan bukti bukti yang valid berupa buktri transfer, screen shoot chat, dan bukti bukti lain yang mendukung laporan kamu.

Disamping itu, kamu dapat melaporkan ke situs https://penipu.co.id supaya nama toko atau penjual itu boleh di masukan dalam daftar penipu atau toko yang bermasalah.

2. Laporkan Ke Pihak Kepolisian

Bila nilai transaksi jual beli online yang kamu lakukan lumayan besar nominalnya, kamu juga dapat melaprkan kasus penipuan belanja online itu kepihak kepolisian. Upayakan tetap tenang dan jangan gugup saat menceritakan kronologis penipuan belanja online itu.

Nantinya pihak kepolisan akan mencatat seluruh laporan yang masukan itu. Berikutnya, pihak polisi akan memberikan surat tanda penerimaan laporan sebagai bukti sudah melapor. Sesudah itu, korban penipuan cuma tinggal menanti hasil perkembangan kasus.

3. Segera Hubungi Pihak Bank

Langkah berikutnya ialah segera menghubungi pihak bank bersangkutan. hal teresebut bertujuan supaya no rekening penerima punya pelaku penipuan belanja online itu dapat langsung di bekukan oleh pihak bank.

Baca Juga:  Meta Pay Wajah Baru Dari Metode Pembayaran Facebook Pay

Ceritakan secara lengkap kronologis peristiwa yang di alami, dengan menyertakan bukti bukti yang valid. Pihak bank pada umumnya akan menanggapi dengan cepat laporan seperti itu. Laporan itu juga memungkinkan dana yanganda transfer dapat kembali kepada kamu.

Tetapi harus di ingat, pihak bank juga tidak serta merta langsung memblokir rekening pelaku. Ada syarat dan mekanisme serta prosedur yang mesti di lakukan untuk pihak bank dapat melakukan pemblokiran itu.

Demikian tahap-tahap harus and alkukan saat kamu jadi korban penipuan belanja online. Tetapi sekali lagi kami tekankan, segala bentuk laporan di atas tidak menjamin dana yang kamu kirim dapat kembali ke tangan kamu. Tetapi setidaknya kamu telah berusaha, disamping itu dengan laporan kamu nantinya juga boleh di jadikan warning bagi konsumen lainnya supaya mereka juga tidak jadi korban penipuan belanja online berikutnya.

Mudah-mudahan bermanfaat !!

Demikianlah artikel terkait ” Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut “.Walaupun Kamu telah selesai menyimak artikel ini, Kami mengusulkan untuk membaca berita aslinya secara mendalam.

Silahkan ke situs officialnya dengan melakukan pencarian di search engine dengan judul ” Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut ” untuk membaca artikel oroginalnya agar tidak terjadi perbedaan makna berita

Sumber: recode id

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Programmer Indonesia
Programmer Indonesia
Admin yang mengelola konten khusus berita. Kalau ada yang ingin diinfokan langsung chat aja ya :D
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat