5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya

Mengelola Bisnis Online
DAFTAR ISI

Mengelola Bisnis Online – saat ini memang sedang menjadi sebuah lini usaha yang sangat berkembang dan banyak diminati oleh pelaku bisnis karena percepatan digital saat ini mendorong orang-orang untuk melakukan transaksi jual maupun beli semuanya sudah serba online,

Oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang mencoba terjun ke dunia digital dan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun dalam menjalankan roda usaha khususnya mengelola bisnis online tidak semudah yang dibayangkan.

Karena ada beberapa faktor dan juga kendala yang dapat menyebabkan macetnya bisnis online anda dan sulitnya usaha anda karena kendala-kendala tersebut, oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas lebih detail mengenai 5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya, berikut penjelasannya, silahkan disimak yah.

5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online

Jasa Pembuatan Website Murah 5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya
5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya 2

1. Pesaing

Hambatan pertama dalam menggerakkan usaha apapun, termasuk bisnis online, kita akan sering dihadapkan oleh pesaing yang menjual produk/jasa yang serupa atau mempunyai target pasar yang sama dengan bisnis Anda.

Keberadaan pesaing merupakan sesuatu yang wajar dan tidak mesti ditakutkan. Oleh karena itu, saat Anda menetapkan untuk terjun di dunia bisnis, maka Anda perlu siap untuk menghadapi semua persaingan yang ada.

2. Sepi Pembeli

Saat mengalami kondisi ini, Anda tidak mesti panik atau khawatir. Sebagai pebisnis, Anda perlu tetap berpikir positif dan memakai kondisi semacam ini untuk menilai usaha Anda.

Berdasarkan hal itu anda bisa mencari apa penyebab masalahnya dan menemukan apa solusinya, sehingga anda dapat menemukan inovasi yang tepat untuk meningkatkan tingkat pembelian pada bisnis online anda.

Baca Juga:  Tips Dan Trik Memulai Bisnis Online Bagi Pemula 2022

3. Masalah Keuangan

Umumnya, ada 2 jenis masalah keuangan yang dialami pelaku bisnis online. Pertama ialah masalah terkait modal usaha, dan kedua ialah masalah yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan pelaku bisnis online dalam pembukuan keuangan.

Bisnis yang masih baru dimulai, kecil, sampai sedang berkembang biasa menjadikan ukuran usahanya sebagai alasan agar tidak melakukan pencatatan keuangan. Padahal, kesadaran melakukan pencatatan keuangan harus dibiasakan sedari awal merintis bisnis.

Walau begitu, pencatatan keuangan perlu dilakukan dengan benar. Jangan cuma mengandalkan pembukuan manual. Anda harus menyusun format pembukuan finansial yang betul guna mengetahui keadaan keuangan bisnis Anda, yang dapat meliputi, pemasukan, pengeluaran, laba rugi, arus kas, sampai hutang piutang.

4. Karakter Pelanggan

Hambatan lain yang biasa dihadapi dalam menggerakkan bisnis online ialah karakteristik konsumen sangat beraneka ragam. Dalam bisnis online, Anda akan mendapatkan berbagai macam konsumen dengan karakteristik yang berbeda, bahkan beberapa dari mereka yang kadang-kadang tidak kooperatif.

Bila Anda tidak pintar dalam mengambil sikap, hal ini bisa mengurangi keharmonisan Anda dengan pelanggan. Usahakan agar tetap memprioritaskan kenyamanan pelanggan dengan mengetahui jenis karakter mereka. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas produk dan layanan supaya tetap diminati, serta loyalitas pelanggan agar tidak berpindah ke pesaing lain.

5. Fraud

Selain pesaing, sepi pembeli dan karakter pelanggan yang berbeda, hambatan dan faktor penghambat dalam menggerakkan bisnis online berikutnya yang banyak dihadapi wirausahawan ialah fraud, atau kecurangan.

Baca Juga:  7 Manfaat Facebook Ads Bagi Bisnis Online Anda

Padahal, keamanan merupakan unsur yang amat penting dari bisnis online. Potensi terjadinya kecurangan di antara pelaku bisnis online terbilang lumayan besar. Pada 2019 lalu, berdasarkan data yang dilansir Experian Global Fraud and Identity Report APAC, sebanyak 40% bisnis online di Indonesia mengalami perkembangan kerugian yang berhubungan dengan tindak kecurangan.

Masa pandemi seperti saat ini ini tidak jarang menyadarkan seseorang akan begitu pentingnya mempunyai sebuah usaha online sebagai sumber pendapatan dengan resiliensi tinggi. Sejalan dengan himbauan untuk melakukan pembatasan aktivitas selama pandemi, bisnis online dapat jadi solusi terbaik.

Solusi mengatasi kendala dalam mengelola bisnis online:

1. Berpikir Inovatif dan Kreatif

Solusi mengelola bisnis online pertama adalah anda dapat berpikir inovatif dalam mengelola bisnis online yang sedang anda jalankan, lihatlah pada bisnis anda sektor apa yang dapat anda kembangkan lagi dan bagian bidang apa yang perlu anda perbaiki lagi kualitasnya, selain itu anda juga dapat berpikir kreatif dan mencoba menerapkan hal-hal yang baru pada bisnis yang anda jalankan.

2. Membuat Pembukuan Keuangan

Solusi kedua adalah mencatat segala arus kas anda, baik yang masuk ataupun keluar membuat pembukuan akuntansi agar anda dapat menghitung berapa keuntungan dan profit yang anda hasilkan dalam sebulan atau per triwulan, dengan adanya pembukuan ini anda juga dapat memantau berapa aset tetap dan tidak tetap pada saat mengelola binis online anda.

3. Menigkatkan Pelayanan Customer

Solusi selanjutnya yaitu meningkatkan pelayanan bisnis anda kepada customer dengan melakukan hal ini anda dapat menjaga keharmonisan komunikasi dengan customer anda sehingga customer merasa nyaman dan kembali lagi membeli di bisnis online anda dan ini akan menciptakan loyalitas pelanggan.

Baca Juga:  4 Strategi Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis Online

4. Membuat Website Bisnis

Solusi selanjutnya adalah anda dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini dengan membuat website, karena dengan memiliki website bisnis sendiri anda seperti memiliki toko digital sendiri yang dimana dapat diakses oleh customer 24 jam.

Ketika anda memiliki website anda dapat menampilkan katalog produk, info produk, diskon, promo serta banyak lagi keuntungan lainya dan juga pasar bisnis anda bisa dijangkau lebih luas lagi, anda bisa membuat website bisnis dengan menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Pembuatan Website Makassar.

5. Merekrut Team IT

Ketika anda menjalankan bisnis online dan serius dalam pengelolaanya maka anda diwajibkan memiliki team IT sendiri untuk membantu menjaga keamanan database anda agar terhindar dari kecurangan dan hacker.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai 5 Kendala Dalam Mengelola Bisnis Online Dan Solusinya tentunya sudah memberikan anda sedikit gambaran tentang bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang akan muncul ketika menjalakan bisnis online serta apa solusi yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Oleh karena itu anda harus siap untuk mengambil resiko dan telah menyiapkan juga solusi yang akan diterapkan nantinya, apalagi saat ini percepatan teknologi telah mendorong para pelaku bisnis untuk terjun ke dunia digital.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat