Mengenal Google Trends Cara Kerja serta 5 Manfaatnya Untuk Website

google trends
DAFTAR ISI

Google Trends – Mempunyai sebuah website bisnis saat ini merupakan sebuah hal yang mutlak bagi para pelaku bisnis, karena website merupakan sebuah halaman yang berisikan informasi latar belakang bisnis maupun perusahaan, dan menjadi tempat atau media untuk memasarkan dan memperkanalkan produk ataupun jasa dengan cara digital.

Namun untuk bersaing pada dunia digital saat ini terbilang sangat sengit dan sulit, dikarenakan percepatan teknologi dan informasi yang telah masuk ke rana digital atau online.

Hal inilah yang menyebabkan para pemilik bisnis mulai menyadari pentingnya untuk masuk serta terjun ke digital dan melebarkan jangkauan bisnis mereka, karena begitu banyak manfaat serta keuntungan yang akan didapatkan kedepannya.

Mengenal Google Trends

Google Trends Mengenal Google Trends Cara Kerja serta 5 Manfaatnya Untuk Website
Mengenal Google Trends Cara Kerja serta 5 Manfaatnya Untuk Website 2

Salah satu tools yang banyak digunakan oleh pemilik website bisnis untuk mengembangkan serta meningkatkan website mereka agar mendapat banyak insight dan mendatangkan banyak calon customer adalah tools milik google yaitu google trends.

Beberapa artikel kami sebelumnya sudah banyak membahas tools yang dapat Anda gunakan untuk memaksimal kinerja website Anda pada dunia digital.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai google trend cara kerja serta manfaatnya bagi website Anda, silahkan disimak yah.

Cara Kerja Google Trends

Setelah mengetahui apa itu google trends, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana sih cara kerja tools ini dalam meningkatkan website bisnis Anda.

Oleh karena itu kami akan membahas bagaimana cara kerja tools ini untuk meningkatkan website Anda agar dapat menjadi nomor satu pada halaman utama mesin pencarian google, terus disimak yah.

Baca Juga:  Tips Dan Trik SEO Dalam Meningkatkan Website Bisnis Anda

1. Cara Menggunakan Google Trends

Google Trends adalah fitur yang hebat dari google untuk menemukan trend yang sedang naik dan yang sedang menurun. Setiap kali ada trend yang baru, Anda harus merubah rentang waktu yang ingin Anda telusuri.

Melakukan hal ini membantu Anda melihat dengan jelas apa saja trend dalam rentang tahun tersebut dan apa saja trendnya. Selain itu juga memungkinkan Anda untuk melihat tren musiman dalam satu waktu yang lebih jelas.

2. Cara Mencari Keywords

Katakanlah Anda telah membuat sebuah perusahaan untuk bisnis Anda. Setelah memiliki target pasar yang ingin Anda tuju, Anda bisa melihat untuk memperluas ke bagian yang lain.

Jadi, Anda tidak hanya bisa melihat target pasar produk Anda, Jika Anda ingin menjual kategori produk lain, Anda bisa melihat ketertarikan pasar melulai Google trends juga.

Untuk mencari keywords, Anda hanya perlu mengetikkan di kolom explore topics dan enter, selanjutnya Anda tinggal mencari keywords yang ingin Anda lihat untuk kepentingan bisnis Anda.

3. Google Trends Comparison

Pada layanan ini, Anda bahkan dapat memantau pesaing Anda dan melihat seberapa baik kinerja mereka terhadap bidang bisnis yang sama dengan bisnis Anda.

Selain itu, Google trends mempunyai fitur untuk Anda membandingkan apa yang ingin Anda cari, atau keywords apa sih yang baru-baru ini paling di cari oleh orang. Perbandingan tersebut akan berupa grafik dan data.

Baca Juga:  6 Keuntungan Whatsapp Business Bagi Usaha Anda

4. Memprediksi Trend

Selain itu layanan ini dapat memberikan manfaat untuk mengetahui apa yang terjadi di pasar, banyak orang juga menggunakan google trens untuk menentukan target market mereka.

Nah selain itu google trends juga dapat penentuan strategi dalam pemilihan kata kunci yang digunakan dalam penulisan promosi.

Hal ini diperlukan karena tingkat persaingan para pelaku bisnis yang memasarkan produk sejenis sangatlah banyak sehingga pemilihan kata yang tepat dalam penulisan promosi akan lebih efektif dengan mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pelanggan dalam mencari produk melalui mesin pencari Google.

Manfaat Google Trends

Setelah mengetahu bagaimana cara bekerja google trends diatas selanjutnya tentu Anda ingin mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan tools dari google ini.

Oleh karena itu kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketikan menggunakan google trends ini, tetap disimak yah.

1. Meningkatkan Popularitas Konten

Dengan melihat konten yang atau topik di search engine Google, akan berguna untuk membuat konten sehingga dapat meningkatkan traffic penggunjung.

2. Peluang Memasarkan Produk Secara Cepat

Pikirkanlah tentang sebuah momen yang akan menjadi tempat pemasaran yang bagus untuk bisnis Anda dan carilah peluang cepat untuk menggunakan pemasaran dengan waktu real-time untuk meningkatkan traffic produk Anda di media sosial.

3. Menemukan Ide Sebuah Konten

Pada saat membuat konten selalu dibutuhkan keyword yang tepat untuk meningkatkan traffic, konten juga bisa membuat hubungan baik antara Anda dan calon konsumen.

Baca Juga:  8 Tools SEO Gratis Untuk Mendatangkan Traffic Pada Website

Pada layanan ini, Anda bisa  memeriksa kepopuleran sebuah kata kunci yang Anda pilih pada periode waktu tertentu sehingga Anda dapat menemukan ide – ide yang bagus untuk konten dan meningkatkan traffic website Anda.

4. Mendapatkan Keyword Secara Akurat

Dengan menggunkan layanan ini Anda bisa menemukan keywords yang sesuai dengan trend yang Anda cari. Jadi Anda bisa lebih akurat lagi dalam menetapkan kata kunci apa yang paling relevan dan paling cocok dan banyak dicari pada mesin pencari.

5. Memperbarui Brand

Layanan ini mampu memperbarui brand (seperti contohnya pasar yang selalu mengikuti trend dan trend bersifat sementara dan kedepannya).

Jika Anda ingin untuk memperbarui brand maka layanan ini akan membantu Anda dalam mencari sebuah keywords yang tepat dan akurat. Kata kunci yang membuat brand Anda tidak berakhir buruk, tapi dapat tepat sasaran.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan panjang diatas mengenai Mengenal Google Trends Cara Kerja dan Manfaatnya Untuk Website, tentunya sudah memberikan Anda tips dan cara untuk meningkatkan kualitas website Anda agar mendapat manfaat dari tools google trends ini.

Namun bagi Anda yang tidak paham menggunakan tools dan metode google trends ini bisa menghubungi kami sebagai penyedia Jasa SEO Makassar, kami telah berpengalaman dalam meningkatkan traffic serta insight pada website untuk mendatangkan customer serta menigkatkan keuntungan lewat media digital, silahkan hubungi customer service yang ada pada halaman website kami untuk info lebih lanjut.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat