Banyak Yang Kecele, Video Viral Gerhana Bulan Supermoon Di Facebook Ternyata Palsu

DAFTAR ISI

Berita yang berjudul ” Banyak Yang Kecele, Video Viral Gerhana Bulan Supermoon Di Facebook Ternyata Palsu c” berikut bisa Kamu lihat disini, dan masih banyak berita teknologi terupdate lainnya.

Fenomena alam terjadinya gerhana bulan supermoon yang terjadi semalam ternyata menyisakan cerita tersendiri bagi sebagian netizen yang menyaksikan terjadinya gerhana bulan supermoon itu secara live lewat video streaming di facebook.

Seperti kita ketahui, tidak seluruh wilayah di belahan bumi ini dapat menyaksikan langsung fenomena alam yang langka itu. Buat mereka yang tidak dapat melihat secara langsung terjadinya gerhana bulan supermoon mereka memilih untuk menyaksikannya secara live lewat video streaming baik melalui youtube ataupun saluran lainnya.

Khusus untuk pemakai facebook, ada sejumlah pages yang secara khusus menyiarkan secara langsung terjadinya gerhana bulan itu. Saat Kamu mengetikkan keyword atau kata kunci “supermoon” di kolom pencarian Facebook pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin, maka hasil teratas yang akan tampil ialah berupa siaran video siaran langsung dari akun fans page bertajuk “EBUZZ”.

 

Siaran langsung video gerhana bulan supermoon itu mampu menghimpun lebih dari 16 juta penonton selama kurag lebih empat jam siaran. Tetapi belakangan diketahui bahwa video siaran langsung itu ialah video “aspal” alias asli namun palsu.

Dalam video siaran langsung itu memang menampilkan menampilkan foto supermoon, tetapi dalam gambar itu bukanlah gambar Super Blue Blood Moon yang sedang betul-betul terjadi pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin.

Baca Juga:  Awas Jangan Di Buka. Pesan Di WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Hang

Video yang di tampilkan dalam halaman facebbok EBUZZ itu merupakan gambar editan yang berasal dari fotografer amatir bernama Chris Kotsiopoulos. Dia mengabadikan foto itu sekitar sembilan tahun lalu, saat bulan terletak pas di atas Temple of Poseidon, Yunani.

Chris Kotsiopoulos sendiri dalam keterangannya mengungkapkan bila beberapa kali foto hasil jepretannya memang dicaplok tanpa izin, namun tidak pernah dimodifikasi sedemikian rupa seperti yang dilakukan EBUZZ.

Untuk meyakinkan penonton yang menyaksikan siaran langsung gerhana bulan supermoon itu, pihak fans Page EBUZZ melakukan editing dengan membubuhkan suara desiran angin yang seakan-akan nampak seperti nyata. Di tambah pula terdapat penanda tanggal yang membikin orang kian percaya.

Di lansir dari laman CNN, awalnya pihak Facebook tidak menyadari tindakan curang yang di lakukan oleh admin fans page EBUZZ itu. Sesudah banyak facebooker yang mulai curiga dan meragukan keaslian video itu, maka secara tegas jejaring sosial punya Mark Zuckerberg itu akhirnya menghapus video itu dari peredaran di facebook. Tetapi anehnya, fans page itu masih tetap beroperasi dan tidak di hapus dari facebook.

Tidak jelas alasan apa yang mendasari fans page yang memiliki 250.000 pengikut itu melakukan siaran langsung supermoon palsu. Dugaan sementara, si empunya FP itu mau menghimpun banyak pengikut, supaya dapat meningkatkan trafik ke website-nya bagi kepentingan monetisasi.

Baca Juga:  Ransomware Jadi Musuh Bersama Perusahaan Tahun Depan

(azzahra)

Demikianlah artikel mengenai ” Banyak Yang Kecele, Video Viral Gerhana Bulan Supermoon Di Facebook Ternyata Palsu “.Meskipun Kamu telah selesai menyimak artikel ini, Kami menganjurkan untuk membaca berita aslinya secara keseluruhan.

Silahkan kunjungi situs officialnya dengan melakukan pencarian di search engine dengan judul ” Banyak Yang Kecele, Video Viral Gerhana Bulan Supermoon Di Facebook Ternyata Palsu ” untuk melihat artikel aslinya agar tidak terjadi perbedaan makna berita
Sumber: recode id

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Programmer Indonesia
Programmer Indonesia
Admin yang mengelola konten khusus berita. Kalau ada yang ingin diinfokan langsung chat aja ya :D
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat