4 Tips Belajar Pemograman Bagi Pemula

DAFTAR ISI

Berkat internet, tidak ada alasan untuk tidak belajar skill baru , tidak terkecuali skill ngoding / pemograman. Tetapi banyaknya pilihan bahasa pemograman dapat membuat beberapa orang yang baru memulai belajar coding terhenti bahkan sebelum mereka memulai.

Nah! Pada kesempatan ini kita akan membahas cara belajar coding / pemograman untuk pemula, dengan beberapa resources yang direkomendasikan untuk setiap langkah.

Cari tahu mengapa kamu ingin belajar coding.

Sangat menggoda untuk langsung terjun ketika kamu mulai coding. Tetapi jika kamu tidak memiliki tujuan akhir, kamu mungkin menjadi frustrasi dan berhenti belajar sebelum kamu sampai pada kesenangan.

Jadi, sebelum kamu mulai belajar, pikirkan mengapa kamu ingin tahu cara coding. Pikirkan tentang proyek yang ingin kamu selesaikan, mengapa keterampilan ini menarik bagimu, dan referensi apa yang kamu miliki.

Misalnya, kamu ingin menjadi seorang developer untuk mendapatkan penghasilan lebih untuk membiayai keluargamu. Apakah kamu tahu di mana kamu ingin bekerja dan proyek seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan?  Apakah kamu siap meluangkan waktu untuk belajar coding, mempelajari bahasa pemrograman yang tepat, dan membangun proyek yang menunjukkan bahwa kamu memiliki keahlian yang dibutuhkan?

Menetapkan tujuan yang luas seperti itu bisa sangat membuat frustrasi. Sebaliknya, mulailah dengan tujuan yang lebih kecil dan lebih spesifik. Misalnya, katakanlah Anda ingin membuat aplikasi seluler untuk teman Anda yang sedang berlatih untuk setengah maraton satu tahun dari sekarang.

Baca Juga:  Cara Memberi Komentar di HTML, PHP, CSS dan JavaScript

Sasaran ini akan:

Membantu Anda membangun keterampilan yang Anda butuhkan

Memberi Anda gambaran tentang bahasa pemrograman mana yang harus dimulai

Menetapkan tenggat waktu sehingga Anda dapat mengatur waktu Anda saat belajar

Pilih bahasa coding mana yang ingin anda pelajari terlebih dahulu.

Jika Anda mencoba mencari tahu bahasa pemrograman mana yang harus dimulai, pikirkan tentang tujuan jangka panjang Anda. Apakah Anda coding untuk bersenang-senang atau untuk maju di tempat kerja? Apakah Anda memiliki timeline yang fleksibel atau Anda perlu menyelesaikan proyek dengan terburu-buru?

Sebagai pemula, Anda mungkin ingin memulai dengan bahasa yang tidak menggunakan struktur data atau algoritma. Jika itu masalahnya, HTML atau CSS adalah tempat yang bagus untuk memulai. Tetapi bahasa seperti Java dan Python juga bagus untuk pemula, dan mereka juga memiliki berbagai aplikasi.

Terkadang butuh waktu berbulan-bulan untuk mempelajari bahasa pemrograman, jadi luangkan waktu untuk membuat keputusan ini untuk memastikan bahwa waktu Anda dihabiskan dengan baik.

Ambil kursus online.

Belajar coding tidak lagi membutuhkan ruang kelas. Saat ini, ada ribuan kursus pemrograman online yang mencakup segala sesuatu mulai dari HTML dasar hingga struktur data hingga algoritma yang kompleks.

Kursus pertama Anda harus memperkenalkan dasar-dasar bahasa pemrograman dan berisi modul interaktif dan tugas untuk memandu pembelajaran Anda.

Kursus membuat struktur untuk belajar, yang sangat penting karena konsep-konsep dalam ilmu komputer dibangun di atas satu sama lain. Kursus yang terorganisir membuat semuanya tetap dapat dicerna dan memastikan Anda mempelajari berbagai hal dalam urutan yang benar.

Baca Juga:  Membuat Pengulangan

Kursus Programming Secara Free

Berikut penyedia kursus gratis yang populer:

freeCodeCamp

W3Schools

Harvard’s acclaimed Introduction to Computer Science course on edX

Channel YouTube CS50

Opsi-opsi ini sangat bagus untuk menentukan sejak awal apakah Anda siap menginvestasikan waktu untuk mempelajari bahasa tertentu.

Kursus Programming Premium

Ada juga banyak kursus berbayar yang tersedia dengan biaya yang lebih murah dari biaya kelas tatap muka.

Kursus ini mencakup mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan:

Code Academy

Springboard

MIT’s Introduction to Computer Science and Programming Using Python

Tonton video tutorial

Anda mungkin pernah menonton satu atau dua tutorial YouTube – mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk coding?

Meskipun kursus online adalah pilihan terbaik bagi kamu untuk mendapatkan pengalaman langsung, namun video online juga dapat melengkapi pembelajaranmu dan memenuhi rasa ingin tahumu.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Arman Amin
Arman Amin
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat