Memulai Bisnis online bagi sebagian orang bukanlah perkara yang mudah, hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang menjadi penghalang, mulai dari ketidaktahuan harus memulai dari mana, tidak menyadari perkembangan teknologi yang begitu cepat, kekurangan biaya/modal serta banyak faktor-faktor lainya.

Namun bagi teman-teman yang sudah memiliki bisnis atau UMKM yang sedang berjalan namun belum go digital (online) dapat membaca artikel kami sebelumnya yaitu 6 alasan kenapa wajib bagi UMKM go digital, karena di artikel kali ini akan membahas tips dan trick bagaimana memulai bisnis online bagi pemula.

Bisnis online sudah begitu berkembang sampai sekarang ini sudah ada jutaan bisnis online yang tersebar di berbagai platform digital di Indonesia, mulai dari sosial media, website, marketplace dan lain sebagainya, sehinga inilah yang membuat bisnis online sangat diminati oleh banyak orang dan mungkin anda salah satunya.

Oleh karena itu artikel kali ini akan memberikan anda tips dan trick memulai bisnis online bagi pemula, mari kita simak:

tips dan trick bisnis online Tips Dan Trick Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
Tips Dan Trick Memulai Bisnis Online Bagi Pemula 2

1. Mempunyai dan Menguasai Produk

Hal yang paling pertama anda harus memiliki produk terlebih dahulu sebelum memulai bisnis, setelah itu anda dapat meriset serta mencari tahu nama dan brand apa yang cocok untuk bisnis lalu lihatlah apa yang sedang digemari oleh customer saat ini, inilah yang menjadi dasar anda dalam memulai bisnis online ketika anda sudah menguasai produk tersebut dan sudah meriset apa keinginan customer anda kedepannya anda dapat dengan mudah mengembangkan produk anda dengan berbagai inovasi yang anda miliki.

2. Bekerja Sama Dengan Produsen

Ketika ingin membangun bisnis online tentunya pondasi awalnya adalah anda harus siapkan barang dan produk yang akan dijual, namun jika anda tidak bisa memproduksi produk sendiri yang ingin anda jual maka anda harus mencari produsen atau pemilik produk yang benar-benar bisa di percaya untuk kerjasama bisnis atau sekarang disebutnya sebagai (reseller), tapi anda juga harus memperhatikan hitam diatas putih atau legalitas kerjasama anda dengan produsen agar kedepannya tidak ada masalah yang akan timbul.

3. Memanfaatkan Platform Sosial Media Dan Marketplace

Ketiga ini adalah poin paling penting Karena salah satu faktor produk anda laku atau tidak tergantung dari cara anda memasarkan atau dalam hal ini pemilihan wadah pemasaran yang akan digunakan. Saat ini ada begitu banyak platform untuk memasarkan produk ataupun barang anda di media online seperti facebook, instagram, tiktok da nada juga marketplace seperti tokopedia, shoope, lazada, bukalapak dan banyak lagi. Oleh karena itu anda harus betul-betul memanfaatkan seluruh media yang ada guna memasarkan dan meningkatkan penjualan dari produk anda.

4. Customer Service Fast Respon

Setelah melakukan ketiga hal diatas tentunya saat ini anda sudah memasarkan produk anda, namun perlu diingat bahwa di era teknologi yang sangat cepat ini customer membutuhkan pelayanan yang cepat serta fast respon, kenapa begitu? Karena customer menginginkan sebuah pelayanan yang tanpa jeda jadi anda harus siap untuk sering-sering melayani customer anda dengan cepat dan baik. Jika tidak customer anda bisa pindah ke pesaing (kompetitor) anda yang tentunya ini menjadi kerugian besar untuk bisnis anda.

5. Memiliki Identitas yang Kuat

Diluar sana ada begitu banyak produk dari pesaing anda yang bertebaran di semua platform yang ada, hal ini tentunya mengaharuskan anda untuk membangun identitas yang kuat agar produk atau brand anda dapat dikenal dan menjadi pilihan customer untuk membelinya, identitas yang kuat akan menghadirkan ciri khas atau keunikan dari produk anda yang akan menjadi pembeda dengan yang lainya karena keunikan dari produk anda tersebut.

6. Konsisten Dan Terus Up To Date

Poin terhakir menurut kami adalah poin yang paling penting dari semua yang telah dibahas sebelumnya, karena konsisten merupakan sebuah kunci agar bisnis online anda mampu bertahan dipasaran dan bersaing dengan kompetitor anda kedepannya. Jika anda tidak konsisten dan tidak mengikuti perkembangan yang up to date anda akan jauh ketinggalan dari pesaing anda, olehnya itu anda harus terus konsisten dan jangan cepat menyerah dalam berbisnis online, karena memang akan banyak rintangan dan kendala yang akan anda hadapi kedepannya.

Demikianlah tadi pembahasan tips dan trick memulai bisnis online bagi pemula, semoga teman-teman bisa menerapkan hal diatas dalam memulai bisnis, dan perlu diingat bahwa tidak ada kata mudah dan cepat dalam membangun bisnis online, karena memerlukan kemahiran dan keahlian anda untuk mampu bersaing dipasar digital yang sedang berkembang saat ini. Namun untuk teman-teman yang ingin membangun bisnis di dunia digital tapi belum paham dan tidak tahu harus memulai dari mana?, anda dapat menghubungi customer service kami untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.