Bagi pemilik bisnis yang baru memulai pembuatan website, mungkin pernah mendengar istilah User Interface yah UI adalah sebuah teknik untuk menampilkan desain dari website dengan menarik agar para pengunjung website tertarik dan mengetahui cara penggunaan atau navigasi yang ada pada halaman website. Misalnya pengunjung website ingin melihat katalog atau portofolio dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

Pastinya hal ini harus diperhatikan dengan menampilkan halaman yang memiliki tombol dan kursor yang dapat mengarahkan pengunjung tersebut langsung masuk ke halaman yang mereka inginkan, atau ketika mereka ingin memesan produk maka anda harus menyediakan tombol aksi yang langsung terhubung ke customer service agar pengunjung tadi dapat langsung membeli dan bertanya lebih lanjut tentang produk. Oleh karena artikel kali ini kami akan membahas mengenai user interface (UI) dan mengapa Anda perlu memperhatikan UI dalam proses desain website. Selain itu, kami juga akan membahas tentang karakteristik UI yang baik.

Pengertian User Interface 2 Pentingnya User Interface (UI) Serta 8 Karekteristiknya yang Baik Untuk Website
Pentingnya User Interface (UI) Serta 8 Karekteristiknya yang Baik Untuk Website 2

Pengertian User Interface

User interface merupakan bagian visual dari website, aplikasi atau device hardware yang memastikan bagaimana cara seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website itu serta bagaimana caranya informasi ditampilkan di layarnya. UI menggabungkan konsep desain visual, desain interaksi, serta infrastruktur informasi. Tujuan dari UI ialah untuk meningkatkan usability dan pastinya user experience atau UX.

Karakteristik User Interface yang Baik:

1. Jelas

Memiliki UI yang jelas adalah salah satu elemen penting dalam desain website. Tujuan dari desain UI yaitu agar user dapat menggunakan dan berinteraksi dengan sistem Anda dengan mudah. User mungkin saja tidak puas karena kebingungan dengan tampilan antarmuka aplikasi yang rumit dan menyusahkan.

2. Singkat

Memiliki UI yang jelas akan membuat user experience Anda jadi lebih baik, namun Anda juga perlu berhati-hati agar penjelasan yang ada tidak begitu panjang. Bila menaruh pengertian dan penjelasan di tiap bagian website akan tampak berantakan. Bila Anda menaruh terlalu banyak penjelasan, user nantinya akan menguras banyak waktu membaca penjelasannya.

3. Familiar

Saat belajar desain, apapun itu, Anda akan selalu mendengar istilah intuitif. Intuitif  artinya layout Anda bisa dipahami dengan gampang dan mudah secara natural hanya dengan menggunakan insting. Namun bagaimana caranya untuk membuat layout website  intuitif, Anda harus menggunakan desain web yang Familiar, yaitu hal yang sudah pernah dilihat sebelumnya.

4. Responsif

Untuk Anda yang mempelajari web design dan SEO, mungkin telah mengetahui dengan istilah responsive. Untuk UI sendiri, responsive yang mempunyai beberapa arti yang berbeda. Salah satunya, responsive yang artinya cepat. Interface website Anda perlu bisa bekerja secara cepat. Bila Anda harus menunggu loading lama dalam sebuah website pasti user anda akan merasa bosan dan beralih ke website dengan loading yang lebih cepat. Bila interface Anda bisa loading secara cepat pastinya user Anda juga akan makin puas.

5. Konsisten

Salah satu bagian penting dalam desain user interface ialah konsistensi. Konsistensi pada desain interface bisa mempermudah pengguna untuk mengerti pola. Nantinya, pengguna diharapkan dapat mempelajari fungsi tombol, ikon, dan berbagai elemen desain lainnya. Bila suatu waktu mendapatkan interface yang mirip, mereka akan dengan gampang dan mudah mengerti apa fungsi dari elemen-elemen yang ada.

6. Menarik

Hal ini mungkin dapat dikatakan subjektif namun interface bakal lebih baik bila interface mempunyai tampilan menarik. Yang dimaksudkan menarik disini ialah interface Anda menarik untuk digunakan. Memang bila Anda bisa membuat UI yang simple, mudah digunakan, efisien, dan responsive, Anda telah memiliki UI yang baik. Namun bila Anda juga bisa membuatnya menarik, pastinya bakal lebih nyaman untuk digunakan.

7. Efisien

User interface yang baik harus memastikan bahwa website serta aplikasinya bisa digunakan dengan efisien. Untuk membuat desain UI yang efisien, perlu diperhatikan terlebih dulu apa yang diharapkan user dan biarkan mereka menggunakan aplikasi dengan mudah. Anda perlu mengidentifikasi bagaimana cara website atau suatu aplikasi bekerja. Buatlah desain interface yang bisa mempermudah user untuk meraih tujuan mereka.

8. Forgiving

Anda barangkali juga pernah melakukan kesalahan ketika sedang mengakses situs. Contohnya, Anda salah menghapus suatu informasi, UI yang baik akan membantu Anda untuk mengembalikannya secara cepat. Disamping itu, saat user anda berusaha untuk mengakses halaman website yang eror anda diharapkan dapat mengarahkan mereka ke halaman lain di website anda agar user exprience lebih baik lagi. Tanpa Anda sadari, hal-hal ini bisa membantu meningkatkan website Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas mengenai Mengenal User Interface (UI) Serta Karekteristiknya tentunya sudah sedikit membantu teman-teman mengetahui begitu pentingnya UI yang baik serta bagaimana sih karakteristik yang baik untuk diterapkan pada website. Seperti yang kita ketahui tampilan UI dari sebuah website yang menarik serta mudah digunakan akan mendatangkan kunjungan yang lebih banyak sebab pengguna mudah memakainya sehingga berminat untuk melakukan pembelian didalam website anda, tetapi untuk anda yang belum paham terkait UI serta penerapannya pada website dapat menghubungi team kami sebagai Jasa Pembuatan Website Makassar Profesional yang pastinya telah ahli dalam pembuatan dan penerapan UI yang standard dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.