Pentingnya User Interface (UI) Serta 8 Karekteristik yang Baik Untuk Website

User Interface
DAFTAR ISI

User Interface – Bagi pemilik bisnis yang baru memulai pembuatan website, mungkin pernah mendengar istilah User Interface, yah UI adalah sebuah teknik untuk menampilkan desain dari dengan menarik agar para pengunjung tertarik dan mengetahui cara penggunaan atau navigasi yang ada pada halaman website ataupun sebuah aplikasi.

Misalnya pengunjung website ingin melihat katalog atau portofolio dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Pastinya hal ini harus diperhatikan dengan menampilkan halaman yang memiliki tombol dan kursor yang dapat mengarahkan pengunjung tersebut langsung masuk ke halaman yang mereka inginkan.

Misalnya lagi ketika mereka ingin memesan produk maka Anda harus menyediakan tombol aksi yang langsung terhubung ke customer service agar pengunjung tadi dapat langsung membeli dan bertanya lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan. Oleh karena itu artikel kali ini kami akan membahas mengenai user interface (UI) dan mengapa Anda perlu memperhatikan UI dalam proses desain website. Selain itu, kami juga akan membahas tentang karakteristik UI yang baik.

Pengertian User Interface

User interface merupakan bagian visual dari website, aplikasi atau device hardware yang memastikan bagaimana cara seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website itu serta bagaimana caranya informasi ditampilkan di layarnya.

UI menggabungkan konsep desain visual, desain interaksi, serta infrastruktur informasi. Tujuan dari UI ialah untuk meningkatkan usebility dan pastinya user experience atau UX.

Baca Juga:  Pengertian Advertising Manfaat serta Jenisnya

Karakteristik User Interface yang Baik:

1. Jelas

Memiliki UI yang jelas adalah salah satu elemen penting dalam desain website. Tujuan dari desain UI yaitu agar user dapat menggunakan dan berinteraksi dengan sistem Anda dengan mudah. User mungkin saja tidak puas karena kebingungan dengan tampilan antarmuka aplikasi yang rumit dan menyusahkan.

2. Singkat

Memiliki UI yang jelas akan membuat user experience Anda jadi lebih baik, namun Anda juga perlu berhati-hati agar penjelasan yang ada tidak begitu panjang.

Bila menaruh pengertian dan penjelasan di tiap bagian website akan tampak berantakan. Bila Anda menaruh terlalu banyak penjelasan, user nantinya akan menguras banyak waktu membaca penjelasannya.

3. Familiar

Saat belajar desain, apapun itu, Anda akan selalu mendengar istilah intuitif. Intuitif artinya layout Anda bisa dipahami dengan gampang dan mudah secara natural hanya dengan menggunakan insting.

Namun bagaimana caranya untuk membuat layout website  intuitif, Anda harus menggunakan desain web yang Familiar, yaitu hal yang sudah pernah dilihat sebelumnya.

4. Responsif

Untuk Anda yang mempelajari web design dan SEO, mungkin telah mengetahui istilah responsif. Untuk UI sendiri, responsif mempunyai beberapa arti yang berbeda. Salah satunya, responsif artinya cepat. Interface website Anda perlu bekerja secara cepat.

Bila Anda harus menunggu loading lama dalam sebuah website pasti user akan merasa bosan dan beralih ke website dengan loading yang lebih cepat. Bila interface Anda bisa loading secara cepat pastinya user juga akan merasa semakin puas.

Baca Juga:  6 Keuntungan Whatsapp Business Bagi Usaha Anda

5. Konsisten

Salah satu bagian penting dalam desain user interface ialah konsistensi. Konsistensi pada desain interface bisa mempermudah pengguna untuk mengerti pola. Nantinya, pengguna diharapkan dapat mempelajari fungsi tombol, ikon, dan berbagai elemen desain lainnya.

Bila suatu waktu mereka mendapatkan interface yang serupa, mereka akan dengan gampang dan mudah mengerti apa fungsi dari elemen-elemen yang ada.

6. Menarik

Hal ini mungkin dapat dikatakan subjektif namun interface bakal lebih baik bila interface mempunyai tampilan menarik. Yang dimaksudkan menarik disini ialah interface Anda menarik untuk digunakan.

Memang bila Anda bisa membuat UI yang simple, mudah digunakan, efisien, dan responsif, Anda telah memiliki UI yang baik. Namun bila Anda juga bisa membuatnya menarik, pastinya bakal lebih nyaman untuk digunakan user.

7. Efisien

User interface yang baik harus memastikan bahwa website serta aplikasinya bisa digunakan dengan efisien. Untuk membuat desain UI yang efisien, perlu diperhatikan terlebih dulu apa yang diharapkan user dan biarkan mereka menggunakan aplikasi dengan mudah.

Anda perlu mengidentifikasi bagaimana cara website atau suatu aplikasi bekerja. Buatlah desain interface yang bisa mempermudah user untuk meraih tujuan mereka.

8. Forgiving

Anda barangkali juga pernah melakukan kesalahan ketika sedang mengakses situs. Contohnya, Anda salah menghapus suatu informasi, UI yang baik akan membantu Anda untuk mengembalikannya secara cepat.

Baca Juga:  10 Alasan Mengapa Bisnis Harus Membuat Blog Untuk Memperkenalkan Produk

Disamping itu, saat user berusaha untuk mengakses halaman website yang eror, Anda diharapkan dapat mengarahkan mereka ke halaman lain di website Anda agar user exprience lebih baik lagi. Tanpa Anda sadari, hal-hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas UI website Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas mengenai Mengenal User Interface (UI) Serta Karekteristiknya tentunya sudah sedikit membantu teman-teman mengetahui begitu pentingnya UI yang baik serta bagaimana sih karakteristik yang baik untuk diterapkan pada website.

Seperti yang kita ketahui tampilan UI dari sebuah website yang menarik serta mudah digunakan akan mendatangkan kunjungan yang lebih banyak sebab user mudah menggunakan sehingga berminat untuk melakukan pembelian pada website Anda.

Akan tetapi untuk Anda yang belum paham terkait UI serta penerapannya pada website dapat menghubungi team kami sebagai Jasa Pembuatan Website Makassar yang telah ahli dalam pembuatan dan penerapan UI yang standard dan sesuai dengan kebutuhan customer saat ini.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat