Pengertian Aplikasi, 5 Jenisnya Beserta Fungsinya

Jasa Pembuatan Aplikasi Makassar
DAFTAR ISI

Aplikasi – Pada era teknologi saat ini banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, dengan kemudahan dari hadirnya teknologi memudahkan kita dalam melakukan berbagai akfitas dalam keseharian, misalnya ingin berbelanja kita tinggal mengakses aplikasi pada smartphone dan perangkat pintar kita untuk menjalankan transaksi.

Contohnya lagi kita ingin bermain game, dan berolahraga semua sudah tersedia pada aplikasi yang ada pada smartphone Android, Apple IOS atau PC (personal computer). Saat ini sudah sangat banyak kategorinya, mulai dari aplikasi untuk mempermudah pekerjaan, belanja, bermain game, kesehatan dan banyak lagi macamnya.

Begitu banyak macamnya, kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan apa yang diperlukan pada smartphone Android, Apple IOS atau PC kita, namun masih banyak yang belum tahu jenis-jenis aplikasi beserta fungsinya, oleh karena itu artikel kali ini kami akan membahasnya lebih lanjut, mari kita simak bersama.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi merupakan sebuah program yang siap untuk digunakan, yang dirancang dan dibuat untuk melaksanakan berbagai perintah yang telah ditanamkan oleh penggunanya. Arti lainnya yaitu kumpulan program yang diciptakan untuk bisa melakukan pekerjaan khusus yang di perintahkan oleh penggunanya.

Atau bisa juga dikatakan bahwa ini adalah perangkat lunak (software) yang di buat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain bisa membantu serta mempercepat proses pekerjaan manusia, ini juga dapat membuat hasil yang lebih akurat dalam memecahkan berbagai masalah.

Baca Juga:  Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat

Jenis – jenis Aplikasi

1.Desktop

Sekarang ini Aplikasi Desktop Banyak tersedia serta bisa dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Diantaranya memiliki banyak fitur (misalnya adalah seperti Microsoft Word), serta ada juga yang lainnya cuma memiliki satu atau dua fitur (misalnya seperti jam atau kalender).

2. Grafis

Merupakan suatu program untuk bisa mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru atau juga bisa merubah gambar yang telah dibuat sebelumnya misalnya adobe photoshop, lightroom, corel draw dan masih banyak yang lainnya.

3. Web Browser

Merupakan salah satu aspek penting dari internet yaitu sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http.

Dengan begini, pengertian teknis dari world wide web “www” merupakan seluruh sumber daya dan seluruh pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

4. Multimedia

Multimedia ini adalah salah satu media hiburan yang dapat kita gunakan. Apabila kita ingin mendengarkan musik atau juga menonton film yang telah didownload, maka kita bisa menggunakannya untuk menikmatinya.

Misalnya Windows Media Player, spotify serta iTunes ini merupakan pemutar media yang sangat populer sekarang ini.

5. Communication

Merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan serta merupakan yang saat ini sangat populer. Biasanya digunakan agar manusia dapat berinteraksi/ sosialisasi dengan pengguna smartphone atau juga gadget lainnya. Misalnya yaitu, Line, Whatsapp , Telegram dan lain sebagainya.

Baca Juga:  6 Jenis ERP yang Perlu Kalian Ketahui

6. DBMS

Merupakan Database Management System yang digunakan untuk menyimpan data, mengolah serta untuk menghasilkan output yang berupa informasi.

Program semacam ini ada yang disediakan dengan secara cuma-cuma atau gratis, namun terdapat pula yang berbayar. Misalnya adalah seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dan lainnya.

Fungsi Aplikasi

1. Pendidikan

Berfungsi sebagai bahan pelatihan/ pengajaran. Misalnya saja, membuat penyajian materi itu dilengkapi animasi-animasi agar lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Powerpoint.

Dengan begitu, suasana pengajaran juga akan memberikan kenyamanan dan juga mencapai hasil yang lebih maksimal lagi.

2. Kedokteran

Merupakan program yang juga dikembangkan khusus hanya pada bidang kedokteran. Misalkan saja, adanya aplikasi untuk bisa mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan juga sampai meramu obat.

Dengan teknologi ini, dunia kedokteran sangat terbantu dalam pemecahan masalah terhadap pasien, Anda juga bisa mengecek kesehatan diri mandiri lewat teknologi ini.

3. Bisnis

Dalam sebuah usaha/ bisnis, perlu untuk menghitung besarnya keuntungan atau profit yang didapatkan. Jika keuntungan itu dihitung secara manual maka pasti akan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu diperlukan software untuk bisa menghitung besar keuntungan itu dan mengumpulkan data untuk melakukan research dan develop kedepannya, hadirnya teknologi membuat semua itu dapat mudah dijalankan.

4. Ilmu Pengetahuan

Dengan adanya aplikasi akan memudahkan dalam menerima informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dan mudah diakses oleh siapa saja dan dari mana saja misalnya wikipedia.

Baca Juga:  Berkat GrabVenue, Pesan Grab Kian Mudah di Stasiun

Selain dari hal itu, juga dapat digunakan untuk meneliti bagian dari ilmu pengetahuan serta memperoleh refrensi yang lebih luas. Hal itu dapat membantu Anda dalam memperluas pengetahuan dan Validasi.

5. Militer

Di era teknologi saat ini, banyak aplikasi yang dengan secara khusus dikembangkan di bidang pertahanan dan intelegensi negara untuk membantu keamanan data rahasia.

Misalnya saja untuk bisa melakukan pengendalian pesawat yang tidak lagi dilakukan dengan manual tetapi sudah menggunakan teknologi contohnya (drone). Dan juga software anti hack untuk melindungi data-data rahasia sebuah negara.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, tentu sudah sedikit memberikan informasi bagi Anda, bahwa sebuah aplikasi memiliki peranan penting dalam memudahkan aktifitas pekerjaan dalam keseharian kita, dan juga ada banyak jenis serta manfaat yang dapat diraih, tergantung kategori apa yang anda inginkan untuk membantu Anda.

Bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha dan ingin membuat aplikasi agar memudahkan dalam melaksanakan aktifitas roda bisnis, dapat menghubungi kami sebagai Jasa Pembuatan Aplikasi Android Makassar, kami sudah berpengalaman dalam membuat aplikasi dengan team profesional dan terpercaya sejak 2015.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat