Mengenal-Metaverse, pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul Snow Crash pada tahun 1992. Istilah Metaverse mengarah pada dunia virtual 3D yang didalamnya dihuni oleh avatar (animasi) dari orang sungguhan.

Akan tetapi Metaverse booming atau mulai familiar baru-baru ini karena diperkenalkan oleh pendiri perusahaan raksasa dan CEO Facebook.inc yakni Marck Zuckerberg pada hari kamis (28-10-2021), Mark merubah nama Facebook.inc menjadi Meta Platform.Inc atau disingkat Meta.

Metaverse Dan Cara Kerjanya

Metaverse cara kerja 1 Mengenal Metaverse Dan Cara Kerjanya 2022
Mengenal Metaverse Dan Cara Kerjanya 2022 2

Gambaran sederhana yang diungkapkan oleh Zuckerberg tentang Metaverse adalah seperangkat ruang virtual, yang dimana lokasi pengguna bisa menciptakan dan menjelajah dunia dengan pengguna internet lainnya. Pengguna pun tidak perlu hadir di ruang fisik secara langsung untuk bertemu orang lain. Mereka hanya perlu “masuk” ke dunia Metaverse dan melakukan berbagai aktivitas didalamya.

Hingga kini Metaverse pun masih menjadi topik hangat untuk dibahas di dalam dunia teknologi dan digital karena konsep yang ditawarkan Metaverse sangat memungkinkan orang-orang dimasa depan akan hidup di dalam dunia digital atau internet dan bisa hadiri rapat ataupun aktivitas lainya tanpa mesti bertemu secara langsung di kantor mereka, hanya perlu mengakses Metaverse untuk melakukan berbagai kegiatan mulai dari berbelanja, bisnis, olahraga, kesehatan, dan lain sebagainya.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan dalam Metaverse?

1. Konser virtual

Salah satu yang bisa anda lakukan dalam metaverse adalah menonton konser virtual. Salah satunya adalah menyaksikan konser virtual yang digelar dalam lingkungan metaverse. Konsepnya nyaris serupa dengan menonton konser secara langsung. Dengan bantuan teknologi, kamu bakalan merasakan suasana otentik konser beserta pengguna lain dalam metaverse. Dan salah satu selebritas yang sudah mecobanya adalah Justin Beiber.

2. Berbelanja serta memandang karya seni dan pakaian

Hal lainnya yang bisa dilakukan di dalam metaverse adalah memandang serta membeli karya seni dan pakaian. Pengguna kelak bisa memandang dan membeli hak kepemilikan karya seni dari perusahaan atau seniman jikalau mereka tertarik. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mencoba dan membeli pakaian secara langsung dari perusahaan. Pakaian ini nantinya dapat digunakan oleh avatar atau ditampilkan pada akun media sosial si buyer. Konsep pakaian ini disebut juga digital fashion, dan sudah mulai diperjual belikan oleh banyak perusahaan pakaian ternama.

3. Bermain Game Dan Olahraga

Untuk pengguna yang gemar bermain game, metaverse dapat menjadi platform yang sangat mengasyikkan. Lantaran, banyak perusahaan video game ternama yang sudah bekerja sama dengan perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut. Di dalamnya, kamu bisa menikmati ragam permainan dari perusahaan layaknya Epic Games yang mengeluarkan Fortnite. Untuk bermain, kamu memerlukan teknologi terkhusus menyerupai oculus rift agar bisa “masuk” ke dunia virtual metaverse. Untuk pecinta olahraga pun tidak perlu repot jika ingin olahraga dari rumah tinggal mengkases olahraga apa yang ingin dilakukan metaverse akan menyediakan hal tersebut.

4. Bekerja Dan Melakukan Bisnis

Terakhir, metaverse adalah sebuah platform yang dapat digunakan perusahaan dan pengguna untuk bekerja dan melakukan bisnis. Melansir CNBCmetaverse bisa menjadi hal baru bagi pekerja yang terjebak dengan sistem shift kerja work from home di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya sekedar dapat memandang teman kerja dan atasan di aplikasi meeting online, karyawan bisa langsung bergabung di kantor virtual metaverse. Facebook sendiri bahkan sudah meluncurkan software meeting untuk metaverse yang disebut dengan Horizon Workrooms, dan dapat digunakan dengan headset VR, kacamata AR, dan oculus rift supaya pekerja bisa merasa layaknya berada di kantor sungguhan.

Apakah Metaverse Hanya untuk Facebook?

Dari deskripsi diatas dapat disimpulkan bahwa Metaverse ialah konsep dunia virtual yang dapat dimanfaatkan masyarakat di masa-masa mendatang. Metaverse merupakan dunia digital yang tidak  hanya dapat digunakan oleh pengguna Facebook atau Meta. Berikut penjelasanya, Menurut pendapat laman USA Today, Metaverse amatlah penting untuk diperluas agar pengguna dapat menjelajahi dunia secara sungguhan. Hal ini  yang mengharuskan Facebook atau Meta.Inc bekerja sama dengan banyak perusahaan supaya pengguna kelak dapat berkomunikasi, belanja, dan berjualan di dalamnya.

Selaku contoh, perusahaan game ternama, Epic Games, sudah mengambil peran dan mengumpulkan 1 miliar dolar AS dari investor untuk membantu rencana jangka panjang membangun Metaverse. Brand-brand pakaian kelas dunia menyerupai Gucci juga sudah melakukan kolaborasi dengan gim Roblox untuk menjual koleksi aksesoris terkhusus digital dalam Metaverse.

Coca-Cola dan Clinique juga menjual digital token selaku loncatan mereka masuk kedalam dunia Metaverse. Pihak Facebook memberikan pernyataan bahwa Metaverse bukan produk tunggal yang hanya dapat dibangun oleh satu perusahaan. Justru, Metaverse adalah produk yang menyerupai internet. Terhindar dari keberadaan Facebook, Metaverse bakalan tetap ada dan diperluas.

Nah sudah tahu kan apa itu Metaverse dan cara kerja didalamnya, mari kita tunggu apa saja perkembangan yang bakalan terjadi di dunia Metaverse ini kedepannya, kita juga harus mulai melek teknologi dengan mempelajari system informasi dan teknologi yang sedang berkembang terlebih lagi untuk kamu pelaku bisnis diluar sana patutnya mulai terjun ke dunia digital supaya bisnis yang kamu punya terus meningkat dan mampu bersaing dimasa mendatang anda dapat menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar yang telah terbukti dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.