Mengenal Viral Marketing serta Manfaatnya Untuk Bisnis 2022

Viral Marketing Untuk Bisnis
DAFTAR ISI

Viral Marketing – beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata viral yah viral ialah hal yang sedang booming atau berhubungan dengan pemberitaan yang kerap dibahas di media pada selang saat tertentu, mungkin beberapa dari kita pernah melihat berita hangat yang sedang terjadi misalnya ada public vigure atau influencer yang memplesetkan hal-hal yang lagi dikabarkan untuk memasarkan produk yang mereka harapkan.

Sehingga menjadi sebuah strategi marketing yang baik sebab bisa mendatangkan jumlah viewer dan traffic pada produk atau jasa yang dijual. Sebab itulah, sekarang viral marketing banyak dilirik oleh para pelaku bisnis. Tidak cuma online, tetapi juga di dunia offline.

Hal tersebut tidak dapat dibebaskan dari tingginya pengaruh strategi pemasaran yang satu ini. Banyak pengaruh yang dapat diperoleh dari viral marketing. Seperti peningkatan brand awareness, sampai konversi penjualan. Jika kita melihat perkembangan teknologi saat ini marketing menjadi salah satu sektor yang sangat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi yang terjadi.

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing ialah sebuah proses marketing yang bertujuan mempromosikan atau memberitahukan pesan terkait sebuah produk. Caranya yaitu dengan memberikan dorongan kepada penerima pesan supaya ingin meneruskan pesan itu kepada orang lain.

Singkatnya, viral marketing ialah proses pemasaran melalui pesan atau informasi secara terus menerus. Seperti meme yang banyak beredar di Twitter dan Instagram, atau video YouTube. Meme dan video itu bisa viral sebab mempunyai jumlah share yang masif.

Baca Juga:  Mengenal Copywriting serta 6 Manfaatnya Untuk Tingkatkan Kualitas Marketing Anda

Strategi Membuat Viral Marketing

Sesuatu yang viral tidak bisa kita ciptakan sendiri tanpa sebuah strategi dan perencanaan yang baik, bila Anda mau membuat viral marketing maka ada tahapan-tahapan yang harus Anda perhatikan dan lakukan terlebih dulu, supaya bisa mendatangkan keuntungan dan prosepek yang maksimal pada bisnis Anda.

Jadi viral memang tidak gampang. Terlebih lagi bila konten yang Anda tawarkan tidak mempunyai selling point yang unik. Oleh sebab itu berikut ini merupakan strategi yang dapat Anda terapkan untuk membuat konten marketing yang dapat viral.

1. Pilih Platform yang Tepat

Pemilihan platform dan audiens sangat menentukan keberhasilan strategi viral marketing. Untuk membuat konten yang memikat perhatian lebih banyak orang, pastikanlah bahwa konten yang anda buat akan dilihat oleh audiens yang tepat.

Setelah itu nantinya audiens akan menyebarkan informasi yang mereka peroleh ke jangkaun yang lebih luas lagi dan mendapatkan banyak insight.

2. Ciptakan Konten yang Tepat

Tidak cuma target audiens dan platform yang tepat, pemilihan konten juga bisa memengaruhi keberhasilan viral marketing yang anda rencanakan. Tentu saja, konten yang tepat sangat bergantung pada platform yang anda gunakan.

Belakangan ini, konten dalam wujud video lebih gampang viral. Sebab konten video dianggap lebih menarik, engagging, dan lebih gampang dimengerti banyak orang.

3. Manfaatkan Sisi Emosional Audiens

Apa yang dimaksud dengan sisi emosional di sini, bisa diartikan emosi positif hingga yang negatif. Emosi yang kuat akan membuat kontenmu lebih mudah untuk viral. Audiens bakal lebih mudah bereaksi pada hal-hal yang dianggap mewakili pribadi mereka.

Baca Juga:  Mengenal Email Marketing Dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Manfaat Viral Marketing

Untuk bisnis, viral marketing mempunyai sejumlah manfaat. Berikut ini merupakan manfaat dari viral marketing:

a. Biaya Pemasaran yang Rendah

Saat Anda ingin memulai untuk menjalankan campaign dan membagikan konten untuk menjadi viral, media sosial ialah yang terpenting. Sebab dengan media sosial, penyebaran akan lebih mudah bahkan untuk biaya pun bisa dikatakan rendah.

b. Jangkauan yang Bagus

Saat konten Anda menjadi viral, siapa saja bisa menatapnya dimana saja mereka berada. Bahkan bukan tidak mungkin jika konten terjangkau sampai ke internasoinal.

c. Membangun Brand Awareness

Semakin kesini makin banyak orang yang sadar akan binis dan mulai memahami konten yang dishare melalui media sosial. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan branding tentang produk yang dijual supaya orang-orang tertarik dengan produk Anda.

Kesimpulan Viral Marketing Serta Manfaatnya

Berdasarkan penjelasan diatas telah kami jelaskan bahwa ternyata sesutau yang viral itu dapat menjadi sebuah keuntungan bagi bisnis, bila kita mampu memanfaatkan dan membuat strategi marketing yang baik dan jelas.

Tetapi untuk membuatnya tidaklah mudah, dibutukan skill dan analisa konten yang baik agar dapat diterapkan dalam strategi viral marketing, bila Anda berminat untuk membuat viral marketing Anda bisa menggunakan Jasa Digital Marketing Makassar yang kami siapkan serta kami juga akan membantu bisnis Anda bisa maksimal pemasarannya di dunia digital.

Baca Juga:  5 Tips Internet Marketing Untuk Memulai Bisnis Online

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat