Viral Marketing – beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata viral yah viral ialah hal yang sedang booming atau berhubungan dengan pemberitaan yang kerap dibahas di media pada selang saat tertentu, mungkin beberapa dari kita pernah melihat berita hangat yang sedang terjadi misalnya ada public vigure atau influencer yang memplesetkan hal-hal yang lagi dikabarkan untuk memasarkan produk yang mereka harapkan, sehingga jadi sebuah strategi marketing yang baik sebab bisa mendatangkan jumlah viewer dan traffic pada produk atau jasa yang dijual.

Sebab itulah, sekarang viral marketing banyak dilirik oleh para pelaku bisnis. Tidak cuma online, tetapi juga di dunia offline. Ya, hal ini tidak dapat dibebaskan dari tingginya pengaruh strategi pemasaran yang satu ini. Banyak pengaruh yang dapat diperoleh dari viral marketing. Seperti peningkatan brand awareness, sampai konversi penjualan. Jika kita melihat perkembangan teknologi saat ini marketing menjadi salah satu sektor yang sangat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi yang terjadi.

Pengertian Viral Marketing

Viral Marketing Untuk Bisnis Mengenal Viral Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis
Mengenal Viral Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis 2

Viral marketing ialah sebuah proses marketing yang bertujuan mempromosikan atau memberitahukan pesan terkait sebuah produk. Caranya yaitu dengan memberikan dorongan kepada penerima pesan supaya ingin meneruskan pesan itu kepada orang lain. Atau dengan singkat, viral marketing ialah proses pemasaran melalui pesan atau informasi secara terus menerus. Seperti meme yang banyak beredar di Twitter dan Instagram, atau video YouTube. Meme dan video itu bisa viral sebab mempunyai jumlah share yang masif.

Strategi Membuat Viral Marketing

Hal yang viral tidak bisa kita ciptakan sendiri tanpa sebuah strategi dan perencanaan yang baik, bila kamu mau membuat viral marketing maka ada tahapan-tahapan yang harus kamu perhatikan dan lakukan terlebih dulu, supaya bisa mendatangkan keuntungan dan prosepek yang maksimum pada bisnis kamu.

Jadi viral memang tidak gampang. Terlebih lagi bila konten yang anda tawarkan tidak mempunyai selling point yang unik. Oleh sebab itu berikut ini merupakan strategi yang dapat anda terapkan untuk membuat konten marketing yang dapat viral.

1. Pilih Platform yang Tepat

Pemilihan platform dan audiens sangat menentukan keberhasilan strategi viral marketing. Untuk membuat konten yang memikat perhatian lebih banyak orang, pastikanlah bahwa konten yang anda buat akan didapat oleh audiens yang tepat. Setelah itu nantinya audiens akan menyebarkan informasi yang mereka peroleh ke jangkaun yang lebih luas lagi.

2. Ciptakan Konten yang Tepat

Tidak cuma target audiens dan platform yang tepat, pemilihan konten juga bisa memengaruhi keberhasilan viral marketing yang anda rencanakan. Tentu saja, konten yang tepat sangat bergantung pada platform  yang anda pakai. Belakangan ini, konten dalam wujud video lebih gampang viral. Sebab konten video dianggap lebih menarik, engaging, dan lebih gampang dimengerti banyak orang.

3. Manfaatkan Sisi Emosional Audiens

Yang dimaksud dengan sisi emosional di sini, bisa berarti emosi positif hingga yang negatif. Emosi yang kuat akan membuat kontenmu lebih gampang untuk viral. Audiens bakal lebih mudah bereaksi pada hal-hal yang dianggap mewakili pribadi mereka.

Manfaat Viral Marketing

Untuk bisnis, viral marketing mempunyai sejumlah manfaat. Berikut ini merupakan manfaat dari viral marketing:

a. Biaya Pemasaran yang Rendah

Saat Kamu mau memulai untuk menjalankan campaign dan membagikan konten untuk jadi viral, media sosial ialah terpenting. Sebab dengan media sosial, penyebaran bakal lebih mudah bahkan untuk biaya pun bisa dikatakan rendah.

b. Jangkauan yang Bagus

Saat konten Kamu jadi viral, siapa saja bisa menatapnya dimana saja mereka berada. Bahkan bukan tak mungkin jika konten terjangkau sampai ke internasoinal.

c. Membangun Brand Awareness

Semakin kesini makin banyak orang yang sadar akan binis dan mulai memahami konten yang dishare melalui media sosial. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan branding tentang produk yang dijual supaya orang-orang tertarik dengan produk Kamu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas telah kami jelaskan bahwa ternyata sesutau yang viral itu dapat jadi keuntungan bagi bisnis kita bila kita dapat memanfaatkan dan membuat strategi marketing yang baik, tetapi membuatnya tidaklah mudah dibutukan skill dan analisa konten yang bagus bagi diterapkan dalam strategi marketing, bila kamu berminat untuk membuat viral marketing kamu bisa memakai Jasa Digital Marketing yang kami siapkan serta kami juga akan membantu bisnis kamu bisa maksimum pemasarannya di dunia digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.