Mengenal Backlink – Website saat ini merupakan wadah bagi pebisnis untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan kepada calon customer, tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini sudah ada ribuan website bahkan jutaan website bisnis diluar sana yang bersaing untuk mendapatkan pembeli dan customer, namun untuk mendatangkan customer pada website tidak semudah yang dibayangkan, dari artikel-artikel kami sebelumnya sudah banyak memberikan pembahasan ada begitu banyak cara agar website anda mudah untuk ditemukan dan mendatangkan traffic sehingga calon customer anda dapat melihat dan membeli apa yang anda tawarkan pada website.

Salah satu yang banyak digunakan untuk mendatangkan calon customer dan pengunjung ke website anda adalah dengan cara menanam Backlink, belakangan ini semakin sering disebut ketika masuk bahasan optimasi website di mesin pencari. Pasalnya, ini merupakan salah satu metrik penting yang memiliki banyak manfaat baik untuk optimasi maupun promosi. Lantas, sebenarnya apa itu backlink Apa saja jenis-jenisnya serta manfaatnya untuk perkembangan bisnis di era digital, oleh karena itu kami akan membahasnya lebih detail untuk anda, silahkan disimak.

Mengenal Backlink Mengenal 6 Jenis Backlink Serta Manfaanya Untuk Website
Mengenal 6 Jenis Backlink Serta Manfaanya Untuk Website 2

Mengenal Backlink

Secara garis besar, sebuah link referensi dari sebuah website yang diarahkan ke website lainnya. Backlink adalah salah satu metrik penting yang jadi bagian tidak terpisahkan dari search engine. Bahkan, web crawl Google sampai sekarang ini masih memakainya juga tautan sebagai rute untuk menelusuri konten website, kemudian membentuk database hasil pencarian yang relevan. Selain mendukung performa mesin pencari, metrik ini mempunyai sejumlah manfaat penting. Contohnya, dari sisi user berguna untuk navigasi yang mempermudah berpindah dari satu website ke website lain.

Jenis-Jenis Backlink

1.Contextual Backlink

Merupakan yang paling powerfull dan disenangi search engine sebab dua alasan.  Pertama mampu menawarkan kemudahan bagi user yang mau mengetahui informasi rujukan dari sebuah artikel, lalu yang kedua dapat membentuk skema vote and recommendation secara natural sesuai konsep web crawl.

2.Backlink Komentar

Bagi para blogger ataupun web developer, jenis ini tentu sudah tidak asing lagi. Anda dapat memperoleh backlink komentar secara gratis dari website apapun, dengan catatan mereka mengizinkan Anda untuk meletakkan link. Lantas, bagaimana dengan kemampuannya untuk optimasi website. Menurut kami kurang bisa diandalkan untuk mendongkrak authority sebuah website. Akan tetapi, hal ini dapat dipakai untuk menjalin pertemanan serta branding ke blogger lain supaya website Anda kian dikenal.

3.Backlink Profile

Dapat diperoleh dari aktivitas membuat akun di sebuah website atau layanan. Misalnya, Anda dapat membuat akun di forum kaskus kemudian mencantumkan link website pada bagian bio atau profil. Efektivitas nya sendiri tidak terlalu powerfull untuk optimasi website pada mesin pencari, namun sekarang jenis ini banyak diburu untuk meningkatkan angka domain authority.

4.Backlink Social Signal

Media sosial seperti facebook dan twitter juga dapat jadi sumber backlink untuk kebutuhan optimasi website. Bahkan, pada tahun 2014-2015 lalu Google sempat mengumumkan algoritma Social Signal dimana peringkat website bisa dipengaruhi oleh seberapa banyak link yang dibagikan melalui social media.

5.Guestbook

Tipe ini mungkin jadi salah satu yang sudah lama, kehadirannya pun sekarang ini perlahan telah tidak relevan bersamaan perkembangan algoritma Google. Agar mendapatkan jenis backlink Guestbook sebetulnya gampang sebab pada umumnya website menyediakan fitur ini untuk saling bertegur sapa. Guestbook jaman dulu sangat terkenal sebab dapat jadi ajang saling memperkenalkan website satu sama lain.

6.Blogroll

Sebetulnya metode ini sudah jarang dipraktekkan oleh para praktisi SEO namun masih dapat dijadikan sebagai pilihan. Sesuai namanya blogroll pada umumnya berbentuk daftar atau list yang terdiri atas banyak blog baik sejenis ataupun tidak. Posisinya cukup bermacam-macam, ada yang diletakkan di bagian widget sidebar atau di sebuah halaman khusus yang memang sengaja diciptakan untuk menampung blogroll.

Manfaat Backlink Untuk Optimasi Website

1. Meningkatkan Kredibilitas Website

Di zaman modern seperti saat ini, algoritma Google telah banyak sekali mengalami perubahan, sekarang ini bekerja bagaikan vote and recommendation yang mempermudah sistem perangkingan website di search engine. Jadi, bila website Anda mau lebih populer di mata Google, salah satunya dapat dengan melakukan akuisisi backlink. Namun ingat, cara ini tidak sering bekerja maksimal di seluruh website, pasalnya ada 200 ranking faktor lain yang juga perlu Anda pertimbangkan supaya kinerja website kian maksimum. Contohnya seperti meningkatkan kecepatan website, optimasi struktur website, kekuatan brand, kualitas konten dan lain sebagainya.

2. Mampu Mendatangkan Traffic ke Website

Salah satu efek dari manfaat yang dapat dilihat dalam statistik angka ialah peningkatan jumlah traffic dari referal. Sebagai contoh, saat Anda melakukan akuisisi backlink press release di media-media besar maka pembaca artikel itu otomatis ada yang mengklik tautan link itu dan menuju ke website Anda.

3. Investasi Digital Jangka Panjang

Sebuah link yang ditanamkan pada web atau artikel pada umumnya bersifat permanen atau lifetime, akibatnya terhadap sebuah website juga masih dapat dinikmati asal link tetap hidup dan website dapat diakses.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas mengenai Mengenal Backlink Jenis Serta Manfaatnya Untuk Website tentunya sudah sedikit memberikan pemahaman kepada anda untuk menggunakan teknik penanaman backlink ini kedepannya, namun tentu tidak semua orang paham dimana dan bagaimana cara memasang backlink, oleh karena itu kami menyediakan Jasa SEO Makassar yang nantinya akan membantu website anda untuk di optimasi salah satunya dengan teknik backlink dan masih banyak strategi SEO lainya yang telah tebukti menjadikan website dari client kami mendatangkan hinga 80% penjualan perhari, silahkan hubungi CS kami untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.