identitas digital Identitas Digital Indonesia Diwacanakan Oleh Kominfo 2022

Identitas DIgital-Dunia digital akhir-akhir ini memang sedang dalam tahapan yang sangat berkembang dan maju, sudah banyak perkembangan yang terjadi diantaranya yaitu dunia metaverse atau dunia 3D yang dapat diakses  dalam bentuk Avatar sehingga memungkinkan kita berinteraksi bersama di internet tanpa bertemu langsung, NFT atau non fungible token yang menjadi media pertukaran mata uang yang sangat viral beberapa pekan ini, dan masih banyak lagi kemajuan teknologi lainya.

Hal ini mungkin yang menyadarkan pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) mewacanakan bahwa identitas digital sangat penting untuk masyrakat Indonesia di era teknologi saat ini, dikutip dari CNN Direktur Jendral Kominfo mengatakan bahwa Identitas digital sangat penting bagi Indonesia kedepannya agar setiap orang yang mengakses atau beraktifitas di ruang digital itu bisa teridentifikasi. Dia juga menjelaskan bahwa digital identity merupakan sebuah pembeda seorang pengguna dari pengguna lainya yang juga mengakses ruang digital.

Mengapa Indentitas Digital Itu Penting?

Penting karena akan dapat digunakan untuk berbagai macam hal, salah satunya seperti melakukan pembelian barang online, membuat tabungan atau rekening bank,dan melakukan aktifitas lainya. Hal ini juga bermanfaat untuk memberikan efisiensi ketika melakukan aktifitas di ruang digital, karena membuat proses pendaftaran jadi lebih cepat dan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Keamanan pun dapat terjamin karena kita tidak perlu memasukan data-data pribadi secara menyeluruh, kita hanya perlu memberikan data yang sudah terdaftar tadi.

Identitas Digital Akan Mengehemat Biaya

Dengan adanya teknologi ini dianggap mampu menghemat banyak biaya administrasi, karena semua sudah bisa dilakukan tanpa kertas dan alat tulis lainya. Jadi setiap sertifikat ataupun ID yang dikeluarkan oleh PSrE (Penyelenggara Sertifikat Elektronik) dapat dikenali oleh penyedia platform yang berbeda karena adanya identitas digital ini kedepannya, dan tentunya hal ini akan menghemat banyak biaya. Pada tahun 2019 Di Amerika menurut MCKinsey, mereka mampu menghemat dana sebesar US$130 miliar dikarenakan pengunaan teknologi ini. Lebih lanjut, pada bidang tata kelola negara, kehadirannya akan membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintah, mulai dari layanan sosial, kesehatan, keuangan, bahkan hingga melakukan pemungutan suara.

Kesimpulan

Wah manfaat dari Identitas digital sangat banyak sekali bukan, jadi kedepannya ketika kita sudah menggunakan kita sudah tidak perlu mengisi data lagi melaui formulir atau pendaftaran offline yang masih menggunakan kertas dan lain sebagainya, karena identitas digital akan memudahkan dan mengirit biaya dan waktu, ini tentunya juga akan mempercepat pekerjaan di bidang administrasi kependudukan, database perusahaan, dan lain sebagainya. Menarik untuk kita nantikan perkembangannya semoga pemerintah melalui Kominfo betul-betul dapat merealisasikan hal ini kedepannya, agar mempermudah kita melakukan aktifitas di dunia digital yang sudah sangat berkembang dan maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.