Artificial Intelligence – Kemajuan teknologi saat ini amat cepat bila kita perhatikan perkembangannya, sebab berkat adanya teknologi hampir seluruh lini pekerjaan dengan gampang kita jalankan dan juga mudah kita selesaikan. Salah satu yang amat tumbuh pesat kemajuannya ialah Artificial Intelligence yah sebuah kecerdasan buatan yang ditanamkan dalam program, system dan aplikasi, mungkin sebagain dari kita tak menyadari kehadirannya atau merasakan langsung dampak dari AI ini, namun anda pasti pernah merasakan kemudahan dalam mencari informasi saat ini begitu gampang dilakukan lewat smartphone dan program komputer. Jika anda tertarik dengan artikel perkembangan teknologi dan lainya anda dapat mengunjungi artikel-artikel kami sebelumnya.

ArtificiaI Intelligence sendiri adalah suatu kecerdasan buatan yang dirancang dan dikembangkan oleh manusia. Layaknya kecerdasan yang ada pada manusia, AI pun dapat berpikir serta bertindak rasional. Teknologi AI tercanggih bahkan memungkinkan sistem untuk bergerak mirip manusia. Dengan kecerdasan yang dipunyainya, AI bisa mengerjakan tugas dengan pandai tanpa perlu mendapatkan perintah eksplisit. Adanya AI sudah terbukti dapat meringankan pekerjaan manusia,  apalagi untuk jenis pekerjaan yang berulang dan mempunyai pola kerja tertentu.   

Jenis-Jenis Artificial Intelligence:

1. ARTIFICIAL NARROW INTELLIGENCE (ANI)

Artificial Narrow Intelligence atau ANI merupakan jenis AI yang amat umum dipakai sekarang ini. Disebut “narrow” sebab fungsinya terbatas. Karena, ANI cuma dirancang untuk dapat mengerjakan satu tugas saja. Walau cuma dapat mengerjakan satu tugas, hasil pekerjaan ANI telah dapat dipastikan amat baik kualitasnya. Penerapan ANI sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Bahkan AI jenis ini dapat diterapkan di semua sektor kehidupan. Mulai dari memberi rekomendasi produk sampai memperkirakan cuaca, semua dapat dilakukan ANI dengan gampang.

2. ARTIFICIAL GENERAL INTELLIGENCE (AGI)

Selanjutnya ada Artificial General Intelligence atau AGI. Untuk sekarang ini, AGI masih berupa suatu konsep saja. AI jenis ini digambarkan sebagai suatu sistem yang dapat bekerja dengan level kognitif setara manusia. Sistem ini meliputi pemrosesan bahasa, pemrosesan gambar, sampai fungsi pengambilan keputusan. Dengan teknologi dan inovasi yang ada sekarang ini, penciptaan AGI rasanya masih amat jauh. Karena, sistem AGI membutuhkan setidaknya ribuan ANI yang bekerja beriringan dan saling terintegrasi. Walau begitu, bukan berarti belum ada progress riset yang mengarah ke sana.

3. ARTIFICIAL SUPER INTELLIGENCE (ASI)

Artificial Super Intelligence atau ASI. Bila sistem AGI bekerja dengan kognitif yang setara manusia, ASI bisa melampaui itu. ASI bisa mengambil keputusan, berpikir rasional, sampai membuat temuan. Sama seperti AGI, sekarang ini ASI pun masih berupa konsep kasar. Tetapi, saat nanti manusia pada akhirnya bisa membuat AGI, penciptaan ASI tidak lagi jadi masalah besar. Karena, di saat AGI berhasil diciptakan, peneliti memperkirakan bahwa teknologi akan berkembang sangat cepat.

CARA KERJA ARTIFICIAL INTELLIGENCE?

cara kerja Artificial Intelligence Apa Itu Artificial Intelligence Dan Bagaimana Cara Kerjanya
Apa Itu Artificial Intelligence Dan Bagaimana Cara Kerjanya 2

Artificial Intelligence? Sistem AI dapat beroperasi dengan menggabungkan beberapa data set besar. Data set itu lalu diolah dengan algoritma tertentu untuk mendapatkan suatu pola pada data. Setiap AI memproses data, sistem akan menguji sekalian mengukur performanya sendiri. Dari pengukuran itu, kemudian sistem bekerja untuk berikutnya menimbulkan sebuah kemampuan baru.

Tidak seperti tenaga manusia, AI tidak membutuhkan istirahat. Hasilnya, AI dapat mengerjakan banyak tugas sekalian dalam waktu singkat. Dalam waktu yang bersamaan, AI juga akan “belajar” untuk meningkatkan kemampuan mereka. Dengan seperti itu, AI dapat mengerjakan tugas apa pun yang diajarkan kepada mereka. Harus diingat juga, untuk dapat beroperasi seutuhnya, AI tidak cuma mengandalkan sistem komputer. Malah sebaliknya, AI disokong oleh sistem dan komponen yang amat kompleks supaya bisa bekerja. Tujuan akhirnya ialah untuk membuat suatu sistem yang dapat meniru perilaku manusia 100%, mulai dari tindakan sampai kemampuan berpikir menyelesaikan masalah rumit.

CARA MERANCANG ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Artificial Intelligence amatlah kompleks. Suatu sistem AI bisa terdiri dari beberapa sub bagian teknologi seperti:

– NEURAL NETWORK

Neural network merupakan beberapa unit kecil yang saling berkaitan untuk memberikan mesin AI kemampuan belajar. Bila diibaratkan, unit ini serupa dengan sistem saraf manusia.

– MACHINE LEARNING

Kemampuan belajar yang didapat dari neural network kemudian diolah untuk dapat mendapatkan pengetahuan atau kemampuan baru, bahkan sebelum AI diprogram untuk mempelajari kemampuan itu.

– DEEP LEARNING

Deep learning merupakan peningkatan dari machine learning. Unit ini memanfaatkan tenaga komputer untuk mempelajari pola yang terdapat pada data. Pengenalan gambar dan kemampuan berbicara ialah hasil dari deep learning pada AI.

– COGNITIVE COMPUTING

Cognitive computing ialah unit yang memungkinkan AI untuk dapat mempunyai sistem kognisi mirip manusia. Fungsi utama dari cognitive computing ini yaitu untuk memproses perintah dari manusia melalui interpretasi terhadap perkataan serta gambar.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas kawan-kawan pasti telah paham apa itu AI dan bagaimana  cara kerjanya, yah ternyata fungsinya amat membantu perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini, dan juga mempermudah hampir semua aspek dalam pekerjaan kita, sebab sifat AI yang sanggup mempelajari dan berkembang sendiri dengan kecerdasan buatan yang sudah ditanamkan pada program atau suatu system, tentu dengan hadirnya teknologi ini mendorong manusia untuk terus memperbaiki hard skill dan soft skill supaya bisa bersaing dan mengontrol serta mengendalikan perkembangan kemajuan teknologi kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.