SEO atau sering disebut Search Engine Otimatization, mungkin masih banyak diantara teman-taman yang belum paham apa sih itu SEO, pengertian SEO ialah sebuah usaha untuk mengoptimasi atau meningkatkan peringkat website untuk muncul dihalaman utama pencarian Google, Bing dan mesin pencari lainya.

SEO banyak dipakai bagi mereka yang tengah berusaha untuk mendatangkan traffic atau kunjungan ke website mereka supaya nantinya website akan dikenal dan diketahui oleh banyak orang sehingga memberikan efek pada keuntungan yang mempunyai website itu,

Apa Pentingnya SEO Untuk Website?

Pentingnya SEO untuk website Apa Itu SEO Dan Bagaimana Cara Kerjanya
Apa Itu SEO Dan Bagaimana Cara Kerjanya 2

Zaman sekarang mungkin anda bila mau mencari sesuatu entah itu berupa informasi, gambar, mau membeli sesuatu tentunya akan membuka halaman pencariaan Google untuk menemukannya, Google adalah salah satu mesin pencari paling banyak dipakai di dunia. Bila kita berbicara mengenai SEO maka pembahasan utama yaitu SEO Google. Berdasarkan penelitian Google, website atau halaman yang berada di peringkat  satu mendapatkan 20% dari total klik. Inilah pentingnya optimasi SEO, sehingga anda dapat memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap hari nya.

Bagaimana cara kerja SEO Bekerja?

SEO memberikan optimasi kepada website atau halaman sehingga pengunjung bisa menemukanya dengan gampang dengan bantuan keyword atau kata kunci. Saat anda melalukan pencarian dengan kata kunci yang sangat banyak dan relevan dipakai orang-orang untuk website anda, akan memberikan kesempatan lebih besar website anda muncul di halaman pertama google.

Untuk itu kita akan mengulas lebih jauh bagaimana sih cara kerja SEO itu mari kita simak:

1. Crawling

Google akan mengambil seluruh informasi yang ada di halaman website yang mempunyai hubungan dengan website itu. Semua website yang mempunyai topik yang sama akan diperiksa oleh Google dengan Google Boot.

2. Indexing

Tahap berikutnya kemudian seluruh halaman website yang telah diperiksa akan diberikan indeks.

3. Processing

Proses ini berlangsung saat user memasukkan keyword ke dalam kolom pencarian. Contohnya anda mengetikkan “Apa itu SEO” maka mesin pencari akan membandingkan seluruh web yang mempunyai keyword yang sama “Apa Itu SEO” yang telah diindeks dalam database.

4. Calculating Relevancy

Dalam sebuah halaman website pasti mempunyai lebih dari satu keyword yang dimasukkan. Mustahil dalam artikel “Apa itu SEO?” cuma mengandung kata itu sekali. Pasti lebih dari sekali. Di saat ini mesin pencari menghitung relevansi pada setiap website yang telah terindeks.

5. Retrieving Result

Proses terahkir  yaitu mesin pencari mengambil beberapa hasil yang amat relevan dengan keyword yang dimasukkan. Kemudian ditampilkan pada daftar pencarian. Website atau halaman yang ada di halaman teratas ialah yang mempunyai relevansi yang amat tinggi. Itulah mengapa ada konsep SEO, sehingga mesin pencari tidak asal-asalan dalam menampilkan website yang diharapkan oleh para user. Lalu adakah jaminan dengan kualitas pencarian yang dilakukan oleh search engine? Tentu saja ada. Mesin pencari mempunyai sebuah aturan yang disebut dengan algoritma. Algoritma ini berguna sebagai alat pemasti supaya user mendapatkan informasi yang amat relevan. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika anda telah menerapka SEO untuk website harus memberikan konten dan informasi yang juga berkualitas pada pengunjung website anda.

Nah penjelasan diatas telah cukup membuka pengetahuan mengenai cara kerja SEO, SEO sendiri terbagi 2 yaitu SEO On Page dan Off Page, berikut Penjelasannya:

SEO On Page

SEO  on Page merupakan proses optimasi website yang asalnya dari dalam website itu sendiri. SEO on page berkonsentrasi pada kualitas konten. Jangan cuma asal memasukkan sebanyak-banyaknya keyword ke dalam konten. Teliti juga bagian dari website seperti heading tag, title tag, meta description, Title Tag, permalink, image alt-tag, outbond Link serta emphasize. SEO on Page ini harus dapat membuat konten yang bermanfaat, navigasi yang mempermudah pengunjung. Dengan konten yang berkualitas, pengunjung dapat menghabiskan waktu yang cukup lama.

SEO Off Page

Sedangkan SEO Off Page ialah teknik yang dipakai dari luar website. Yang dapat dilakukan untuk off page ialah memberi tautan atau link dari suatu website lain menuju ke website anda. Dengan begitu link ke website anda bisa dikunjungi oleh orang-orang meskipun awalnya tidak mencari atau ingin membuka isi dari website anda.

Sekarang anda telah tahu kan Apa itu SEO dan Bagaimana cara kerjanya, untuk menerapkan SEO pada sebuah website memang memerlukan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, tidak semua orang bisa dan mengetahui cara untuk memaksimalkan website dengan SEO, namun untuk sekarang ini telah banyak yang menyediakan Jasa SEO untuk optimalkan website anda, bila anda memerlukannya anda bisa menghubungi customer service kami agar mendapatkan info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.