Tools SEO Gratis – Mendatangkan traffic atau kunjungan pada website memang bukanlah perakara yang mudah jika kita sudah memiliki website hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah bagaimana website yang telah dibuat tersebut di ketahui oleh orang banyak dan apa alasan orang mau mengunjungi website tersebut, disinilah kegunaan dari optimasi SEO yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Namun pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tools apa saja yang digunakan untuk memaksimalkan SEO karena ada banyak tools diluar sana yang dapat digunakan namun rata-rata berbayar dan memiliki harga yang lumayan mahal, nah kali ini kami akan memberitahu anda mengenai 8 tools gratis yang dapat digunakan untuk mendatangkan traffic secara gratis ke website anda.

Berikut adalah 8 tools SEO Gratis untuk datangkan traffic pada website:

8 Tools Gratis SEO 8 Tools SEO Gratis Untuk Mendatangkan Traffic Pada Website
8 Tools SEO Gratis Untuk Mendatangkan Traffic Pada Website 2

1. Google Search Console

Didaftar tools pertama ada Google Search Console, kita pasti telah tahu bahwa google ialah mesin pencari paling besar di internet sekarang ini, dan google juga menyediakan tools gratis untuk optimasi SEO yaitu Google Search Console ialah tools SEO yang gampang dipakai. Pada tools ini bakalan memperlihatkan bagaimana proses Google dalam menampilkan hasil pencariannya. Bukan cuma itu, anda juga dapat melakukan pengetesan, apakah kata konten di website telah relevan dengan keyword dari pencarian itu. Anda juga dapat memakai Google Webmaster Tools untuk menganalisis sebuah konten hanya dengan memasukkan URL saja. Tidak butuh waktu lama sebab hasil analisanya bisa dengan gampang dilihat. Telah sesuai dengan yang diminta Google atau belum.

 2. HubSpot Website Grader

Tools kedua yaitu HubSpot juga mempunyai tools yang bisa dipakai untuk menganalisis optimasi SEO website. Namanya ialah Website Grader. Pada update terbarunya, HubSpot merancang Website Grader sebagai SEO tools dengan ystem laporan yang lebih personal. Kamu dapat melihat hasil laporan antara lain yaitu Performance, Mobile Readiness, SEO, Security.

3. SEMrush

SEMrush adalah salah satu SEO tools yang telah banyak digunakan oleh pemakai website dalam mendatangkan traffic, tetapi tools satu ini cuma free trial tujuh hari saja selebihnya kamu perlu berlanganan namun setidaknya itu cukup untuk kamu memaksimalkan SEO kamu di tools ini. SEMrush juga bisa memberikan panduan mengenai apa saja yang harus anda lakukan dari dashboardnya. Pemakai bisa secara cepat memahami apa yang jadi kekurangan pada website dan bagaimana cara untuk optimasinya. SEMrush juga telah dilengkapi dengan tampilan antarmuka (user interface) yang amat beginner friendly dan lengkap. Seperti, fitur untuk mengaudit website serta tracking keyword untuk menentukan dan mencari kata kunci yang sesuai.

4. Check My Links

Website yang berkualitas bisa dilihat dari setiap link yang terdapat di dalamnya. Entah itu internal link atau external link. Untuk itulah, Check My Link ialah tools yang bisa anda pakai untuk memasktikan, apakah semua link yang ada di sebuah artikel masih aktif. Untuk link yang aktif akan ditunjukkan dengan warna hijau. Sedangkan link yang telah mati ditandai dengan warna merah. Anda bisa memakai tools ini sebagai salah satu ekstensi di Google Chrome.

5. SEO Report Card

SEO Report Card ialah tools SEO yang bisa dipakai untuk membandingkan website. Bukan Cuma itu, anda juga dapat menambahkan beberapa informasi lain. Diantara hasil dari analisis yang dapat kita lihat yaitu: Rank Analysis ini dapat memperlihatkan peringkat website di mesin pencari. Peringkat ditentukan dari keyword yang diberikan saat setting Rank Analysis. Link Building akan memperlihatkan website apa saja yang memberikan backlink pada websitemu. On-Site Analysis Memberikan hasil analisa kata kunci utama (focus keyword) dan besaran persentase keyword itu di semua konten website. Current Indexing Analisis seberapa banyak halaman website yang telah terindeks pada mesin pencari.

6. Screaming Frog SEO Spider

Salah satu SEO tools yang menjadi favorit para pelaku digital marketing, tools ini juga bisa menganalisa semua SEO dari sebuah website. Mulai dari pengembangan website, pengecekan aktivitas, sampai peluang website untuk meningkatkan peringkat SEO. Tools ini juga dapat meninjau masalah-masalah yang sering terjadi. Yang jadi keunggulan lain ialah, pemakai dapat memindahkan hasil analisa dalam wujud Microsoft Excel kapanpun dibutuhkan. Sehingga, anda juga dapat mengkombinasikannya dengan tools SEO lain seperti Moz Pro, oleh karena itu Screaming Frog dianggap sebagai salah satu tools SEO paling lengkap dan mudah untuk dipakai.

7. Found’s SEO Audit Tool

Found merupakan tool analisa SEO yang amat lengkap dan mirip dengan tools lain, pemakaian Found’s SEO Audit juga begitu mudah. Anda Cuma perlu memasukkan URL website ke kotak analisis yang disediakan. Laporan analisis itu akan dibagi jadi tiga bagian, yaitu: Technical issue Menunjukkan hasil analisis canonicalization domain dan Sitemap XML. Content issue Analisis ini berkonsentrasi pada hasil meta data dan pengaruh kata kunci pada konten dan website. External link analysis Hasil analisis ini menunjukkan kualitas URL eksternal dan internal yang timbul di website. Hasil analisa tadi bisa didownload langsung memakai format PDF.

8. XML Sitemap Generator

Memiliki sitemap merupakan salah satu cara supaya website bisa terindeks Google. Tools ini akan membantu anda untuk membuat sitemap dalam format XML juga HTML. Tools ini juga akan memberikan informasi terkait jumlah halaman, broken link, konten file XML dan file tautan sitemap.

XML, dan tautan ke file sitemap. Tools SEO yang satu ini bisa melakukan crawling sampai 500 halaman website secara cuma-cuma. Namun bila mau lebih banyak crawling website, anda juga dapat memakai versi yang berbayar.

Itulah tadi 8 tools SEO gratis untuk mendatangkan traffic pada website anda, meskipun tidak semuanya 100% gratis namu anda bisa memanfaatkan free trial pada tools tersebut untuk memaksimalkan optimasi pada website yang anda miliki, oleh karena itu bagi teman-teman yang masih merasa kesulitan dan belum mengetahui penggunaan tools diatas dapat menghubungi Jasa Optimasi SEO di internet atau langsung hubungi team kami untuk mendapatkan bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.