UMKM Go Digital – Masa pandemi covid-19 membuat para praktisi usaha atau bisnis usaha miro kecil menengah (UMKM) mengalami dampak penurunan penghasilan yang amat drastis bahkan sampai memaksa beberapa UMKM gulung tikar. 

Tetapi dengan adanya teknologi dan informasi yang kian cepat pertumbuhan dan perkembangannya menjadikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa terus bersaing bahkan dapat mendatangkan keuntungaan yang lebih besar dari sebelumnya, salah satunya yaitu dengan metode Digital Marketing.

Alasan Utama mengapa harus bagi UMKM Go Digital

Apa itu Digital Marketing? Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan menggunakan media online. Sebagai contoh yaitu memasarkan produk maupun jasa ke berbagai media online diantaranya yaitu sosial media, blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai media online lainya. Dampak digitalisasi pada keuntungan bisnis jadi lebih besar. Dengan Go Digital , tak ada lagi yang membatasi interaksi antara konsumen dan penjual, proses memasarkan pun jadi kian mudah.

alasan-wajib-bagi-umkm-go-digital
6 Alasan Mengapa Wajib Bagi UMKM Go Digital 2

Berikut kami merangkum 6 hal penting kenapa wajib bagi bisnis UMKM Go Digital  :

1. Target Pasar Yang Luas

Mendapat pasar yang luas, dengan Go Digital  target pasar pelanggan online bisa dijangkau oleh bisnis UMKM anda yang tadinya cuma menjangkau sebagian wilayah sekarang bisnis anda  bisa medapatkan pasar yang lebih luas.

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM supaya memanfaatkan ekosistem digital ialah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sedari dulu memang jadi hambatan utama bagi bisnis kecil.

Tetapi dimasa sekarang ini, hal itu telah di minimalisir berkat kehadiran media sosial serta website yang jangkauan pemasarannya dapat menembus batasan marketing tradisional.

2. Mengirit Biaya

Salah satu manfaat Go Digital  yang amat menyenangkan ialah dapat menekan biaya operasional. Untuk para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, workshop, serta pemasaran offline tentu sangat memberatkan.

Dengan Go Digital  para pegiat UMKM bisa lebih mengirit modal sebab tidak mesti mempunyai toko fisik supaya produk bisa dikenal. Pasalnya, sekarang ini website telah menjadi seperti showcase tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian.

3. Momentum yang Tepat

Kondisi pandemi merupakan momentum tepat kenapa bisnis atau UMKM Go Digital , sebab selama pandemi orang mengandalkan aktivitas online dalam melakukan keputusan pembelian dan di dukung juga dalam kemudahan teknologi yang kian mudah dan instant.

Jika anda menetapkan untuk Go Digital  dalam waktu yang dekat, hal itu merupakan pilihan yang tepat. Sebab Go Digital  akan membuat bisnis anda terjangkau oleh lebih banyak customer.

Data yang dirilis oleh Hootsuite dalam Digital Report 2021: Global Overview Report menunjukkan 1,3 miliar tahun waktu dihabiskan orang-orang untuk mengakses internet dan triliunan dolar dihabiskan untuk bertransaksi di dunia digital.

4.  UMKM jadi Lebih Profesional

Dengan Go Digital , UMKM tidak cuma berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, namun juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Meskipun masih menyandang status UMKM, bisnis anda akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan bila telah mempunyai media sosial dan website sebagai media promosi. Kedepannya memungkinkan bisnis anda  tumbuh serta berkembang ke berbagai lini dalam mendapatkan keuntungan.

5. Membangun Interaksi

Go Digital  membuat bisnis anda bisa memberikan pelanggan pengalaman bertransaksi yang beraneka macam. Konten bagi pelanggan juga  bisa disuguhkan dalam wujud beraneka macam, mulai dari tulisan, visual, video, dan bentuk multimedia lainnya. Hal ini bisa meningkatkan interaksi dan membangun interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform.

Tidak dipungkiri internet dan teknologi digital mengubah cara manusia beraktivitas. Jika tidak mendapatkan informasi yang cukup, manusia masa sekarang akan mengusahakan memenuhinya melalui internet. Jika anda memaksimalkan transformasi bisnis menuju digital ini, maka anda akan mendapatkan banyak peluang dan pastinya keuntungan yang lebih besar.

6. Pertumbuhan Lebih Cepat.

Poin penting terahkir yang mendasari kenpa wajib bagi UMKM Go Digital  yaitu faktor pertumbuhan yang lebih cepat di dunia digital. Kecepatan penyebaran informasi sekarang ini memang jadi kunci utama dalam setiap bisnis digital, dengan memanfaatkan platform digital secara efisien maka jumlah orang yang melihat produk anda dipastikan bakal lebih banyak dan lebih luas jangkauannya. Akhirnya, potensi penjualan anda bisa kian besar.

Nah dari penjelasan diatas anda telah mengetahui kenapa UMKM harus Go Digital , salah satunya yaitu membuka kesempatan yang lebar bagi anda para pelaku UMKM dapat bertahan dengan kondisi yang tidak menentu kedepannya, setidaknya saat bisnis atau UMKM anda Go Digital  membuat anda siap bersaing dengan kemajuan teknologi yang makin hari kian maju dan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.