“Go Digital” 6 Alasan Mengapa Wajib Bagi UMKM beralih ke bisnis digital

go digital
DAFTAR ISI

UMKM Go Digital – Masa pandemi covid-19 membuat para praktisi usaha atau bisnis usaha miro kecil menengah (UMKM) mengalami dampak penurunan penghasilan yang amat drastis bahkan sampai memaksa beberapa UMKM gulung tikar. 

Tetapi dengan adanya teknologi dan informasi yang kian cepat pertumbuhan dan perkembangannya menjadikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa terus bersaing bahkan dapat mendatangkan keuntungaan yang lebih besar dari sebelumnya, salah satunya yaitu dengan metode Digital Marketing.

Alasan Utama mengapa harus bagi UMKM Go Digital

Apa itu Digital Marketing? Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan menggunakan media online. Sebagai contoh yaitu memasarkan produk maupun jasa ke berebagai media online diantaranya yaitu sosial media, blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai media online lainya.

Dampak digitalisasi pada keuntungan bisnis jadi lebih besar. Dengan adanya proses digitalisasi terhadap bisnis, tidak ada lagi yang membatasi interaksi antara konsumen dan penjual, proses memasarkan produk serta jasa pun akan menjadi semakin mudah.

alasan-wajib-bagi-umkm-go-digital

6 Hal Penting Kenapa Wajib Bagi Bisnis UMKM Go Digital

1. Target Pasar Yang Luas

Mendapat pasar yang luas, dengan digitalisasi target pasar pelanggan online bisa dijangkau oleh bisnis UMKM Anda yang tadinya cuma menjangkau sebagian wilayah sekarang bisnis Anda bisa medapatkan pasar yang lebih luas.

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM supaya memanfaatkan ekosistem digital ialah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sedari dulu memang jadi hambatan utama bagi bisnis kecil.

Tetapi dimasa sekarang ini, hal itu telah diminimalisir berkat kehadiran media sosial serta website yang jangkauan pemasarannya dapat menembus batasan marketing tradisional.

2. Mengirit Biaya

Salah satu manfaat Go Digital yang sangat menyenangkan ialah dapat menekan biaya operasional. Untuk para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, workshop, serta pemasaran offline tentu sangat memberatkan serta memakan banyak waktu dan tenaga.

Baca Juga:  Perbandingan Google Ads & Facebook Ads, Keunggulan serta Manfaatnya Untuk Bisnis 2022

Ketika bisnis Go Digital para pemilik UMKM bisa lebih mengirit modal sebab tidak harus mempunyai toko fisik supaya produk bisa dikenal. Pasalnya, sekarang ini website telah menjadi seperti showcase tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian.

3. Momentum yang Tepat

Kondisi pandemi merupakan momentum tepat kenapa bisnis atau UMKM untuk Go Digital, sebab selama pandemi orang mengandalkan aktifitas online dalam melakukan keputusan pembelian dan di dukung juga dalam kemudahan teknologi yang kian mudah dan instant.

Jika Anda menetapkan untuk Go Digital dalam waktu yang dekat, hal itu merupakan pilihan yang tepat. Sebab Go Digital akan membuat bisnis Anda akan mudah dijangkau oleh lebih banyak customer.

Data yang dirilis oleh Hootsuite dalam Digital Report 2021, Global Overview Report menunjukkan 1,3 miliar tahun waktu dihabiskan orang-orang untuk mengakses internet dan triliunan dolar dihabiskan untuk bertransaksi di dunia digital.

4.  UMKM jadi Lebih Profesional

Go Digital, UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, namun juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. 

Meskipun masih menyandang status UMKM, bisnis Anda akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan bila telah mempunyai media sosial dan website sebagai media promosi.

Kedepannya digitalisasi akan memungkinkan bisnis Anda untuk tumbuh serta berkembang ke berbagai lini bisnis dalam mendapatkan keuntungan lebih besar dan lebih baik.

5. Membangun Interaksi

Go Digital membuat bisnis Anda bisa memberikan pelanggan pengalaman bertransaksi yang beraneka macam. Konten bagi pelanggan juga bisa disuguhkan dalam wujud beraneka macam, mulai dari tulisan, visual, video, dan bentuk multimedia lainnya.

Hal ini bisa meningkatkan interaksi dan membangun interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform. Tidak bisa dipungkiri internet dan teknologi digital telah mengubah cara manusia beraktifitas. 

Baca Juga:  Peluang serta Tantangan Ekonomi Digital 2022 Pada Bisnis Anda

Jika tidak mendapatkan informasi yang cukup, manusia sekarang akan mengusahakan memenuhi kebutuhan informasinya melalui internet. 

Jika Anda memaksimalkan transformasi bisnis menuju digital ini, maka Anda akan mendapatkan banyak peluang dan pastinya keuntungan yang lebih besar.

6. Pertumbuhan Lebih Cepat.

Poin penting terahkir yang mendasari kenpa wajib bagi UMKM Go Digital yaitu faktor pertumbuhan yang lebih cepat di dunia digital. Kecepatan penyebaran informasi sekarang ini memang jadi kunci utama dalam setiap bisnis digital.

Ketika Anda memanfaatkan platform digital secara efisien maka jumlah orang yang melihat produk Anda dipastikan bakal lebih banyak dan lebih luas jangkauannya. Akhirnya, potensi penjualan Anda bisa semakin besar.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas Anda telah mengetahui kenapa UMKM harus Go Digital , salah satunya yaitu membuka kesempatan yang lebar bagi Anda para pemilik bisnis UMKM dapat bertahan dengan kondisi yang tidak menentu kedepannya.

Setidaknya saat bisnis atau UMKM Anda sudah Go Digital membuat Anda lebih profesional serta siap bersaing dengan kemajuan teknologi yang makin hari kian maju dan berkembang.

Oleh karena itu bagi Anda yang menyadari pentingnya bisnis untuk segera go digital dapat menghubungi kami sebagai penyedia Jasa Digital Marketing Makassar, kami siap membantu mengembangkan bisnis anda agar bisa menjadi bisnis digital seperti membuatkan website bisnis, landing page, serta beriklan di google ataupun facebook ads.

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Aridla
Aridla
Digital Marketer di Infanthree Digital. Sangat tertarik dalam perkembangan teknologi untuk pemanfaatan dalam bisnis. Jangan lupa berikan komentarmu jika ada yang ingin ditanyakan.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
1 year ago

[…] nantinya dunia metaverse akan berakibat pada kehidupan keseharian kita yang semuanya telah go digital dan pastinya juga akan ada dua sisi baik maupun buruknya itu kembali lagi kepada anda bagaiman […]

WhatsApp chat