PHP Pertamaku
DAFTAR ISI

Sebenarnya, PHP tidak berbeda jauh dengan HTML karena tujuan akhirnya juga menghasilkan sebuah output berupa kode HTML. Di file PHP pertama kita ini, kita akan belajar bagaimana menampilkan sebuah text menggunakan PHP Dan jika biasanya text pertama adalah “Hello World”, maka di panduan ini kita pakai text yang lebih narsis. hehehe… Oke, pertama, silahkan buat sebuah file dengan nama coba.php. Cara buatnya serupa dan sebagaimana HTML, anda bisa mengedit filenya menggunakan notepad. Dan ingat, file php harus diletakkan di folder C:AppServwww Dan mari kita masukkan kode pertama kita yaitu seperti ini:

<?php
echo 'Saya Keren Bos !!';
?>

Masih ingat kan? untuk menjalankan file php diatas, silahkan buka di browser kesayangan anda http://localhost/coba.php Anda akan mendapatkan sebuah text berbunyi Saya Keren Bos !! Oke, sekarang saya coba jelaskan. Perintah PHP harus diawali dengan tanda <?php dan diakhiri dengan ?>Anda harus ingat untuk selalu membuka dan menutup kode-kode PHP anda dengan 2 tanda itu. Dan jika lebih dari 1 baris, caranya juga sama, posisikan saja di baris paling awal dan paling akhir. Ayo, kita lihat contohnya dibawah berikut:

<?php
echo 'Saya Keren Bos !!';
echo 'Karena saya belajar PHP dari dasar';
?>

Sudah paham? Insya Allah di artikel mendatang kita coba yang lebih menantang lagi. Ditunggu yah!!!

Baca Juga:  3 Materi Dasar Pemograman! Panduan Belajar Coding dari 0

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat