Pengertian XHTML
DAFTAR ISI
XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) dan merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. XHTML adalah bentuk HTML yang diartikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML. 
 
Pengertian XHTML
Pengertian XHTML
XHTML adalah bahasa markup sebagaimana HTML, tetapi dengan gaya bahasa lebih baik. XHTML merupakan versi HTML yang memenuhi persyaratan XML dan adalah suatu dokumen HTML dan XHTML jadi standar internasional dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium).

 

Beberapa alasan mengapa menggunakan XHTML :

  • XHTML menyempurnakan kekurangan-kekurangan pada HTML.
  • XHTML bisa dijalankan dalam berbagai platform, sehingga memungkinkan situs kita dibuka dengan baik melalui PDA dan handphone.
  • Penulisan XHTML tidak terlalu berbeda dengan HTML 4.01 standar. Jika sudah mempunyai kemampuan HTML 4.01 maka akan sangat membantu untuk memulai XHTML. XHTML mengharuskan penulisan tag dengan huruf kecil (lowercase) dan selalu menutup menggunakan penutup tag.

Beberapa aturan pada XHTML

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, XHTML merupakan penyempurnaan dari HTML. Untuk itu, ada beberapa aturan agar program lebih stabil dan konsisten.

  • Setiap tag harus ditulis dengan huruf kecil.
  • Memberi penutup untuk setiap tag.
  • Membuka dan menutup tag pada sarang yang benar.
  • Atribut tag ditulis dengan huruf kecil dan memakai tanda petik.
Baca Juga:  Smartfren Banderol iPhone X Rp8 Juta

Deklarasi pada XHTML

Deklarasi Doctype pada XHTML hampir sama dengan Doctype pada HTML. W3C mengharuskan agar selalu menggunakan Doctype pada XHTML. Terdapat 3 Jenis Doctype pada XHTML :

1. XHTML – Strict. Digunakan untuk membuat halaman yang layout dan formatnya dikontrol penuh oleh CSS Pada deklarasi ini menggunakan tag font dan table
2. XHTML – Transitional. Digunakan untuk membuat halaman yang sebagian besar menggunakan tag-tag HTML
3. XHTML – Frame. Digunakan jika kita memakai frame pada halaman web.

 

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat