Pengertian Message Digest 5 (MD5)

Pengertian Message Digest 5 (MD5)
DAFTAR ISI

MD5 merupakan salah 1 macam Cryptographically Secure Hashing untuk proses pembuatan suatu “sidik jari” (Fingerprint) atau sering juga disebut digest untuk suatu naskah.

Pengertian Message Digest 5 (MD5)
Pengertian Message Digest 5 (MD5)

Algoritma MD5 dirancang oleh Ron Rivest dan penggunaannya sangat populer dikalangan komunitas open source sebagai checksum untuk file yang bisa di download. MD5 juga sering dipakai untuk menyimpan password dan juga dipakai dalam digital signature dan certificate. Spesifikasi lengkap untuk algoritma MD5 ada di suatu RFC (request for comment).

Besarnya blok untuk MD5 ialah 512 bit sedangkan digest size ialah 128 bit. Sebab word size ditentukan sebesar 32 bit, satu blok terdiri atas 16 word sedangkan digest terdiri atas 4 word. Indeks untuk bit dimulai dari 0.

Preprocessing diawali dengan padding sebagai berikut :

  1. Bit dengan nilai 1 ditambahkan sesudah akhir naskah.
  2. Deretan bit dengan nilai 0 ditambahkan sesudah itu, sehingga besar dari naskah mencapai nilai 448 (mod 512) (sedikitnya 0 dan sebanyaknya 511 bit dengan nilai 0 ditambahkan, sehingga tersisa 64 bit untuk diisi supaya besar naskah jadi kelipatan 512).
  3. 64 bit yang tersisa diisi dengan besar naskah asli dalam bit.

Baca Juga:  Belajar Mengelola Form Isian (Kalkulator PHP)

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat