Pengertian Message Digest 5 (MD5)

Pengertian Message Digest 5 (MD5)

MD5 merupakan salah 1 macam Cryptographically Secure Hashing untuk proses pembuatan suatu “sidik jari” (Fingerprint) atau sering juga disebut digest untuk suatu naskah.

Pengertian Message Digest 5 (MD5)

Pengertian Message Digest 5 (MD5)

Algoritma MD5 dirancang oleh Ron Rivest dan penggunaannya sangat populer dikalangan komunitas open source sebagai checksum untuk file yang bisa di download. MD5 juga sering dipakai untuk menyimpan password dan juga dipakai dalam digital signature dan certificate. Spesifikasi lengkap untuk algoritma MD5 ada di suatu RFC (request for comment).

Besarnya blok untuk MD5 ialah 512 bit sedangkan digest size ialah 128 bit. Sebab word size ditentukan sebesar 32 bit, satu blok terdiri atas 16 word sedangkan digest terdiri atas 4 word. Indeks untuk bit dimulai dari 0.

Preprocessing diawali dengan padding sebagai berikut :

  1. Bit dengan nilai 1 ditambahkan sesudah akhir naskah.
  2. Deretan bit dengan nilai 0 ditambahkan sesudah itu, sehingga besar dari naskah mencapai nilai 448 (mod 512) (sedikitnya 0 dan sebanyaknya 511 bit dengan nilai 0 ditambahkan, sehingga tersisa 64 bit untuk diisi supaya besar naskah jadi kelipatan 512).
  3. 64 bit yang tersisa diisi dengan besar naskah asli dalam bit.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat