Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)

Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)

CSS (Cascading Style Sheet) merupakan salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengendalikan format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan memakai penanda(markup laguage. Pada umumnya CSS dipakai untuk merancang sebuah halaman HTML dan XHTML, namun sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.

CSS diciptakan untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang mencakup layout, warna da font. Pemisahan ini bisa meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kendalikan dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, misalnya teknik tableless pada desain web.

CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan di berbagai style dengan memakai metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan sebagainya. Sementaraitu, pemilik konten web dapat menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS.

Tujuan utama CSS diciptakan agar membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan maupun pemrograman ulang web bakal lebih gampang dilakukan. Hal yang tergolong dalam desain web diantaranya yaitu warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan gampang dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan mempermudah dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya bisa memangkas waktu pembuatan web.

Fungsi utama css ialah merancang, mengubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website ialah tag-tag html, logikanya css itu bisa mengubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga jadi lebih fungsional dan menarik.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat