Pengertian CMS (Content Management System)

Pengertian CMS (Content Management System)
DAFTAR ISI

Saat ini dalam membangun dan mengelola sebuah website sudah makin mudah, tidak seperti dulu dimana kita harus membuat sistem sendiri dengan ratusan bahkan ribuan baris kodingan.
Dengan bantuan CMS (content management system) kita dapat dengan mudah mengelola website yang kita buat tanpa harus membuat sistem dari awal.

Apa itu CMS ?


CMS (Content management System) atau dalam bahasa indonesia disebut dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu website.
Biasanya CMS terdiri dari 2 elemen yaitu: 

  • CMA (Content Management Application)
  • CDA (Content Delivery Application)

CMA digunakan untuk mengelola konten dengan mudah, dan biasanya tidak diperlukan pengetahuan khusus dalam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Sedangkan CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik website untuk memperbaharui website itu.

CMS pada umumnya memiliki 2 tampilan, pertama tampilan admin yang berfungsi untuk mengubah tampilan web, memposting artikel atau konten dan juga untuk menghubungkan ke database. Selain tampilan admin ada juga tampilan user atau front, yang tampil saat diakses public.

Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hirarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnyapun sangat beraneka macam sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan data tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), sampai level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.

Baca Juga:  Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)

CMS yang sering digunakan :

  • Drupal
  • Joomla
  • WordPress
  • Plone
  • VBulletin
  • Moodle
  • MediaWiki
  • Opencart
  • PrestaShop

Sama seperti linux, yang gratis dan opensource, CMS pun berkembang pesat karena memiliki komunitas yang aktif. Dengan bantuan CMS, kita hanya perlu mengetahui dasar dari pemrograman web. Karena semua fitur sudah tersedia, dan tidak kalah dibandingkan web yang dibuat oleh web developer hebat. 

Terbukti dengan banyaknya website tidak hanya perorangan tetapi perusahaan dan pemerintahan pun menggunakan CMS. 

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat